Pengertian Wawasan Nusantara : Tujuan, dan Fungsi

Diposting pada

Pengertian Wawasan Nusantara : Tujuan, dan Fungsi – Wawasan nusantara adalah suatu cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terkait dengan dirinya dan bentuk gentuk geografi berdasarkan ideologi nasional yang berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945.

Pengertian Wawasan Nusantara : Tujuan, dan Fungsi
Pengertian Wawasan Nusantara : Tujuan, dan Fungsi

Wawasan nusantara akan mengutamakan kesatuan wilayah serta menghargai kebhinekaan dan keberagaman dalam rangka mencapai tujuan nasional.

Wawasan nusantara juga dapat dipandang sebagai suatu ketetapan atau ketentuan dasar yang harus dipatuhi, ditaati, dipelihara oleh seluruh komponen bangsa ataupun golongan.

Wawasan nusantara meliputi kepentingan dan tujuan yang sama, keadilan, solidaritas, kerja sama, dan kesetiakawanan terhadap janji bersama.

Tujuan dan fungsi wawasan nusantara haruslah diraih dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Konsep wawasan nusantara memang sudah ada sejak zaman dahulu. Landasan wawasan nusantara seringkali dapat dilihat dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Baca Juga : Pengertian Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian

Dasar hukum wawasan nusantara juga telah menjadi pedoman hidup dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Hakikat utama dari wawasan nusantara adalah mewujudkan persatuan dalam keberagaman.

Implementasi wawasan nusantara dapat dilihat dari berbagai aspek, mulai dari aspek ekonomi, social, budaya, dan politik.

Peran wawasan nusantara juga dapat terlihat dalam mewujudkan persatu dan kesatuan bangsa.

Manfaat wawasan nusantara yang lain adalah mencakup wilayah Indonesia, yaitu garis batas Indonesia dengan negara lain.

Pengertian Wawasan Nusantara dari Berbagai Bidang

1). Bidang politik

  • Wilayah nasional beserta dengan kekayaannya merupakan suatu kesatuan wilayah, wadah, ruang hidup, dan kesatuan seluruh bangsa, serta menjadi modal dan milik bersama bangsa Indonesia
  • Bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku dan berbicara menggunakan Bahasa daerah. Bangsa Indonesia juga meyakini berbagai agama dan kepercayaan, serta merupakan suatu kesatuan bangsa yang bulat dalam arti yang seluas-luasnya.

2). Bidang ekonomi

  • Kekayaan wilayah nusantara merupakan modal dan milik bersama. Keperluan hidup sehari-hari seharusnya sudah tersedia merata di seluruh wilayah tanah air.
  • Tingkat perkembangan ekonomi sebaiknya serasi dan seimbang di seluruh daerah, tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki oleh setiap daerah dalam pengembangan kehidupan ekonominya.

3). Bidang social budaya

  • Masyarakat Indonesia merupakan salah satu peri kehidupan bangsa yagn merupakan kehidupan serasi dengan tingkat kemajuan masyarakat yang sama, merata, dan seimbang, serta adanya keselarasan yang sesuai dengan tingkat kemajuan banggsa.

Tujuan Wawasan Nusantara

Tujuan nasional bangsa Indonesia dapat dilihat pada pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yang dijelaskan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah “untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum,  mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan social”.

Tujuan wawasan nusantara dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori yaitu:

1). Tujuan Wawasan Nusantara ke Luar

Tujuan wawasan nusantara keluar yaitu menjamin kepentingan nasional dalam era globalisasi yang semakin mendunia, maupun kehidupan dalam negeri, serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan social, serta kerjasama dan sikap saling menghormati.

Hal ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia harus terus-menerus mengamankan dan menjaga kepentingan nasional atau internasionalnya dalam seluruh aspek kehidupan, baik politik, ekonomi, social budaya, maupun pertahanan keamanan demi tercapainya tujuan nasional sesuai yang tertera dalam UUD 1945.

Baca Juga : Pengertian Politik Luar Negeri

2). Tujuan Wawasan Nusantara ke Dalam

Tujuan wawasan nusantara ke dalam yaitu menjamin persatuan dan kesatuan dalam segenap aspek kehidupan  nasional, baik aspek alamiah ataupun aspek social.

Hal ini menandakan bahwa bangsa Indonesia sebaiknya meningkatkan kepekaannya dan berusaha untuk mencegah dan mengatasi sedini mungkin faktor penyebab timbulnya disintegrasi atau perpecahan bangsa dan terus – menerus berupaya menjaga persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan.

Fungsi Wawasan Nusantara

Terdapat beberapa fungsi wawasan nusantara, baik secara umum ataupun menurut para ahli.

1). Fungsi Wawasan Nusantara secara Umum

Fungsi wawasan nusantara secara umum berperan sebagai pedoman, motivasi, dorongan, dan rambu dalam memastikan seluruh keputusan, kebijaksanaan, ketentuan, tindakan, serta perbuatan untuk menyelenggarakan negara di pusat serta daerah.

Selain itu, berfungsi juga untuk seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Selain itu, wawasan nusantara juga berfungsi untuk membentuk dan membina persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia, serta merupakan ajaran dasar nasional yang melandasi kebijakan, serta salah satu langkah pembangunan nasional di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa wilayah nusantara merupakan gugusan dan pulau besar dan kecil yang terbentang di antara garis khatulistiwa yang merupakan satu negara kepulauan terbesar di dunia.

Baca Juga :

2). Fungsi Wawasan Nusantara menurut Para Ahli

Fungsi wawasan nusantara menurut para ahli dibedakan menjadi beberapa pandangan, yaitu

  • Fungsi wawasan nusantara sebagai konsepsi pertahanan nasional, yaitu konsep dalam pembangunan, pertahanan keamanan, dan kewilayahan
  • Fungsi wawasan nusantara sebagai pembangunan nasional, yaitu meliputi kesatuan politik, social ekonomi, social politik, dan kesatuan pertahanan keamanan
  • Fungsi wawasan nusantara sebagai pertahanan dan keamanan, dimana berguna sebagai pandangan geopolitik Indonesia sebagai satu kesatuan pada seluruh wilayah dan kekuatan negara. (Baca Juga : Pengertian geopolitik)
  • Fungsi wawasan nusantara sebagai wawasan kewilayahan, yaitu pembatasan negara dalam rangka menghindari adanay sengketa antara negara Indonesia dengan negara tetangga
Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *