Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Sawi

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Sawi – Sayuran yang satu ini memang sangat banyak digunakan ibu rumah tangga dalam memasak.

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Sawi

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Sawi

Yah sawi merupakan salah satu jenis tanaman yang hingga kini cukup banyak dibudidayakan. Tentu selain dengan mudah sekali dilakukan pemberdayaannya, tanaman sawi juga termasuk kedalam salah satu jenis tanaman yang memang cukup banyak peminatnya di pasaran.

Dalam melakukan suatu hal tentu ada saja masalah, dalam hal tanaman adalah hama, ini memang terkadang banyak sekali petani yang mengeluh – eluhkan penyakit yang terjadi pada tanaman sawi mereka.

Baca Juga :

Memang jika anda melihat cara menanam caisim (nama lain dari sawi) adalah tidak akan jauh berbeda. Mulai dari cara penanaman sawi hijau maupun cara menanam sawi yang bewarna putih.

Jadi memang bisa dikatakan jika penyakit yang ada diantara keduanya memag relative akan sama. Dan juga cara penanganannya akan tidak jauh berbeda.

Berikut adalah cara mengatasi penyakit – penyakit yang terdapat pada tanaman sawi yang perlu anda ketahui lebih lanjut :

1). Penyakit busuk daun sawi

Ini adalah penyakit pertama yang sering sekali dijumpai pada tanaman sawi, dimana ia mengalami pembusukan daun atau bahasa latinnya  dikenal dengan nama Phytotora sp.

Meskipun anda menggunakan cara menanam sawi hijau dengan cara  hidroponik, tentunya penyakit ini juga tetap akan bisa menjangkiti tanaman sawi anda tersebut.

Tentu sebelum anda dapat mangatasinya, anda juga harus tahu terlebih dahulu seperti apa gejala – gejala yang dimiliki oleh penyakit ini. Adapun ada beberapa gejala yang anda bisa temukan pada penyakit busuk pada daun ini adalah sebagai berikut:

  • Jika daun sawi berubah warna menjadi kekuningan
  • Tanaman sawi tersebut tampak berlendir
  • Daun sawi tersebt perlahan – lahan menunjukkan pembusukan

Jika anda menemui beberapa gejala diatas, ada dua penanganan yang bisa anda lakukan setelah itu. Seperti:

  • Anda bisa melakukan sanitasi terhadap kebun atau lahan sawi anda,
  • Amda dapat melakukan penjarangan – penjarangan terhadap tanaman sawi anda sebelum masuk kedalam proses penanaman,
  • Selain itu anda dapat melakukan penyemprotan pada cairan kimiawi berupa fungisida Bion M 1/48 Wp, Kocide 60 WDG dan juga Topsin M 70 WB.

2). Adanya penyakit Akar Gada pada tanaman sawi anda

Ini adalah penyakit yang cukup sering anda akan ditemui pada tanaman sawi yaitu penyakit akar gada atau nama lainnya adalah Plasmodiophora Brassicae (nama latinnya).

Tentunya seperti namanya, penyakit ini tentu akan menyerang pada bagian akar tanaman sawi anda. Namun begitu, penyakit ini ternyata juga memiliki dampak yang secara langsung terhadap bagian – bagian pada tanaman sawi yang lainnya.

Adapun beberpa ciri – cirinya adalah sebagai berikut:

  • Kondisi akar yang membusuk
  • Tanaman sawi telah mengering
  • Tanaman sawi berubah menjadi layu
  • Tanaman sawi mati secara tiba – tiba

Jika anda mendapati tanaman sawi dengan memiliki ciri-ciri seperti diatas, maka lakukan beberapa langkah berikut ini untuk mengatasi tanaman ini, anda bisa melakukan :

  • Anda dapat melakukan sanitasi pada kebun atau lahan sawi,

3). Muncul bercak – bercak pada daun

Tentunya penyakit ini juga biasa menyerang tanaman sawi, penyakit bercak daun. Penyakit ini adalah penyakit yang bisa menyerang bagian daun tanaman sawi anda. adapun beberapa ciri penyakit bercak daun adalah sebagai berikut:

  • Daun tanaman sawi anda akan berubah warnanya. Bahkan dalam beberapa kasus tertentu, daun tersebut akan berubah menjadi berwarna kuning, hitam bahkan menjadi kecoklatan,
  • Daun sawi anda menjadi layu dan kemudian mati

Tentunya untuk mengatasi penyakit ini, dibawah ini ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk tanaman sawi anda. Berikut adalah langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Anda bisa melakukan sanitasi pada kebun atau lahan sawi anda.
  • Anda bisa melakukan penyemprotan seperti fungisida yang mempunyai bahan aktif Bion M1/48 WP

4). Busuk Alternia

Ini adalah salah satu penyakit yang cukup sering ditemui pada tanaman sawi anda yakni Busuk Alternia. Memang sama seperti penyakit Akar Gada, pada busuk alternia ini termasuk kedalam penyakit yang bisa menyerang pada bagian akar tanaman. Tentunya tanaman sawi yang telah terkena penyakit ini mempunyai ciri-ciri:

  • Pada akar tanaman sawinya akan mengalami pembusukan
  • Kemudian tanaman sawi akan membusuk,
  • Adapun tanaman sawi akan mati secara tiba-tiba

Tentunya untuk mengatasi penyakit ini, ada beberapa langkah yang tentunya anda bisa coba lakukan sebagai berikut:

  • Anda bisa melakukan sanitasi pada kebun atau lahan sawi anda.
  • Anda bisa melakukan penjarangan sebelum tanaman tersebut masuk proses penanaman.
  • Sebaiknya anda melakukan penyemprotan dengan menggunakan fungisida yang memiliki kandungan Dithane yang memiliki takaran harus sesuai dengan anjuran yang ada.

Beberapa penyakit diatas adalah penyakit yang memang  pada dasarnya bisa menjangkiti beberapa sawi jenis apapun yakni sawi hijau ataupun sawi putih. Sehingga anda perlu untuk menanganinya lebih lanjut lagi supaya tanaman anda tersebut bebas dari hama.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..