Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawo

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawo – Anda tahu sawo? pasti, Tanaman sawo atau nama latinnya  Manilkara kauki L  adalah salah satu jenis dari tanaman tahunan yang bisa berbuah tanpa adanya musim.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawo

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawo

Tanaman sawo ini adalah asli dari Guetemala atau Amerika tengah , meksiko dam hindia barat. Kemudian  tanaman ini telah dengan baik menyebar keberbagai dataran disetiap benua, salah satunya adalah asia yaitu Indonesia.

Tanaman ini di tanam di dataran tinggi pada ketinggian hingga 1200 m dpl,  tanaman di nusantara ini terdapat di jawa dan madura.

Baca Juga :

Adapun  kerabat dari tanaman sawo dapat di bedakan dua jenis sawo hutan atau juga sawo liar dan ada juga sawo budidaya.

Klasifikasi Tanaman Sawo

Sawo termasuk kedalam kingdom : plantae, divisi : spermatophyta, subdivisi : angiosperma, kelas : dicotyliedonae, bangsa : ebanales, suku : sapotaceae, marga : achras, jenis : achras zapota l atau sugati dan johnny , 1991.

Morfologi Tanaman Sawo

  • Bunga

Tentunya tanaman sawo ini dapat berbuah sepanjang tahun dengan memiliki batang besar dan juga rindang, tanaman sawo ini  dapat tumbuh dengan ketinggian 30 sampai 40 m bahkan lebih, bunga tunggal sendiri terletak di dalam ketiak daunya dekat dengan ujung ranting, memiliki tangkai 1 sampai 2 cm, bunganya tersebut kadang kali mengantung dan memiliki diameter bunga hingga 1,5 cm, dengan warna kecoklatan, tentunya kelopak biasanya tersusun dalam dua lingkaran yang sangat rapi yaitu mahkota dengan bentuk putih, genta, berbagi sampai setenangah panjang tabungnya.

  • Daun

Tanaman sawo memiliki daun tungal yang  terletak di ujung – ujung ranting. Daun daunannya memiliki tepi yang rata, dan sedikit berbulu. Warnanya sendiri adalah hijau tua mengkilap serta memiliki bentuk telur yang sangat lonjong dan bulat keovalan.

  • Batang

Pada tanaman sawo sendiri mempunyai batang yang berukuran besar da nada juga yang sebaliknya, dengan warna kecoklatan muda dan tua, memiliki batang yang kasar dengan ukuran diameter sedang bergantung dengan varietesnya.

Selain itu batang tanaman ini juga mempunyai kandungan latek yang sangat tinggi, tapi juga pada batang tanaman ini  terdapat bercak atau garis kehitaman yang memang terdapat di batang utama atau cabang.

  • Buah

Tanaman sawo sendiri mempunyai buah yang berbentuk lonjong, dengan warna kecoklatan muda dan juga mempunyai kulit yang begitu kasar.

Selain itu ukuran buah bergantung dengan varietes dan pertumbuhan pada tanaman, tanaman ini kadang memiliki ukuran 3 sampai 4 mm atau lebih pada buahnya.

Buah sawo ini mempunyai biji yang sangat – sangat mengkilap dengan warna kehitaman lonjong dengan satu buah mempunyai biji 6 sampai 8 biji.

Sebagai info saja adapun manfaat dari tanaman sawo adalah sebagai berikut:

  • Tanaman sawo dapat mencegah penyakit anemia

Adapun manfaat dari buah sawo bagi kesehatan tubuh anda adalah dapat mencegah anemia. Selain itu banyak sekali peneliti yang mneyebutkan jika sawo memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi.

Lalu apa gunanya?

Ya tentu saja kandungan zat besi ini akan membantu tubuh anda bisa memproduksi sel darah merah dengan sangat baik sehingga nantinya dapat mencegah terjadinya penyakit anemia.

Jika pada wanita yang memang lebih berisiko terkena penyakit anemia saat haid, sebaiknya memang dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi buah ini sebelum atau sesudah fase menstruasinya.

Perlu anda perhatikan tentu dalam melakukan segela sesuatu jangan berlebihan, termasuk jangan mengonsumsi buah ini berlebih – lebih.

  • Sawo dapat menjaga kecantikan kulit anda

Yang berikutnya adalah manfaat buah sawo bagi kesehatan yang bisa menjaga kecantikan kulit anda. Ternyatan tingginya kandungan vitamin C pada sawo bisa membantu tubuh anda dalam mengusir radikal bebas.

Selain itu juga ada beberapa mandaat sawo bagi kesehatan juga terkait dengan banyannya antioksidan dalam sawo itu sendiri.

Buah sawo ini kaya sekali dengan antioksidan bernama polifenol bersifat anti antiparasit, peradangan, antivirus, serta antibakteri.

  • Menjaga kesehatan mata anda

Selain kedua diatas tentunya manfaat sawo bagi kesehatan anda yang lainya adalah berfungsi untuk menjaga kesehatan bola mata anda.

Dengan tingginya kandungan vitamin A yang terdapat pada sawo tentu akan membuat tubuh anda lebih baik sehingga mampu menjaga kesehatan mata anda.

  • Sawo juga mampu mengatasi wasir dan gangguna pencernaan lainnya

Jika anda memiliki masalah dengan wasir ada baiknya memang rutin mengonsumsi sawo, adapun mengingat manfaat buah sawo itu yang kaya terhadap kandungan serat dan juga tanin yang dapat mengatasi peradangan dan infeksi yang dikarenakan wasir.

  • Manfaat lainnya adalah dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi

Ada lagi manfaat buah sawo dimana ia memiliki  kemampuan dalam menjaga kesehatan organ tulang dan gigi. Terdapat juga kandungan  fosfor, kalsium, dan zat besi dalam sawo tersebut  ternyata bisa membuat tulang – tulang  serta gigi anda menjadi lebih sehat dan juga kuat.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018