Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Hijau

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Hijau -Tanaman kacang hijau sendiri adalah salahsatu dari jenis tanaman palawija yang telah dibudidayakan oleh petani – petani, tanaman ini termasuk kedalamsuku kacang – kacangan atau nama lainnya adalah Leguminosae.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Hijau

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Hijau

Tanaman yang satu ini memiliki nama lain Phaseolus radiatus L., kacang hijau sendiri sehari – hari memang kita sering mengkonsumsinya, anda bisa menemuinya dipinggir jalan yang menjajakan bubur kacang hijau, bisa juga sebagai sayuran atau tauge dan lainnya bahkan ada yang membuatnya menjadi kue.

Baca Juga :

Pada kesempatan ini penulis ingin menjelaskan tentang apa saja klasifikasi dan morfologi dari tanaman kacang hijau sebagai berikut

Klasifikasi tanaman Kacang Hijau

  • Memiliki Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Divisi : Tracheophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Fabales
  • Famili : Fabaceae
  • Genus : Vigna Savi
  • Spesies : Vigna radiata (L.)

Morfologi Tanaman Kacang Hijau

1). Akar Kacang Hijau atau biasa disebut dengan Phaseolus radiatus L.

Telah ada penelitian yang menyebutkan jika perakaran tanaman kacang hijau ini memilki cabang yang banyak serta membentuk bintil – bintil atau nodula akar.

Tentu makin banyak nodula akar maka semakintinggi kandungan nitrogen (N) sehingga hal tersebut dapat menyuburkan tanah.

2). Bagian Batang Kacang Hijau

Tanaman kacang hijau ini memiliki batang yang tegak denganadanya cabang yang menyamping pada batang paling utama, berbentuk bula dan juga berbulu, warna batang dan cabangnya adalah hijau da nada pula yang berwarna ungu.

Batang tanaman kacang hijau ini memilikibentuk bulat berbuku – buku. Ukuran batangnya sendir adalah kecil, berbulu, bewarna hijau kecoklatan serta kemerahan.

Adapun setiap buku batang menghasilkan satu tangkai daunan, kecualimemang daun yang pertama berupa sepasang daun yang saling berhadapan dan masing – masing daunnya berupa daun tunggal.

Batang kacanghijau sendiri memiliki tubuh yang tegak dengan ketinggial 30 sampaidengan 110 cm dan dengan cabang yang menyebar kesegala arah.

3). Daun Kacang Hijau

Daun kacang hijau sendiri terdiri dari tiga helaian trifolia dan memilikiletak yang berselang seling dengan tangkai daunnya lebih panjang dengan warna yang hijau muda hinggauu hijau tua.

4). Bunga Kacang Hijau

Perlu anda mengetahui jika tanaman kacang ijau adalah tanaman berumur pendek dan biasanya hanya berbunga mulai 30 sampai 70 hari.

Bunganya sendiri sangat besar dengan diameter yaitu 1 sampai 2 cm, berwarna kehijau hijauan sampai kuningcerah, terletak pada tandan ketiak yang tersusun atas 5 sampai 25 kuntum bunga.

Panjang tandan bunga sendiri yakni 2 sampai 20 cm. kalian tahu bahwa bungakacang hijau sendiri berbentuk kupu  – kupu dengan warna kuning kehijauan atau kuning pucat.

Termasuk dalam kategori atau jenis hermaprodit atau berkelamin sempurna. Adapun proses penyerbukannya sendiri terjadi pada malam harinya, sehingga pada pagi hati bunga tersebut akan mekar dan kemudian sore harinya sudah layu.

5). Polong Kacang Hijau

Tanaman kacang hijau memilikipolongyangmenyebar dan menggantung berbentuk silinder yang panjangnya mncapai 15 cm, tanaman ini memliki bentuk polong yang lurus, berbulu atau tanpa bulu berwarna hitam atau tawny brown.

Dimana akan berisi sampai 20 butir biji yang bundar hingga lonjong. Kacang ini memiliki polong yang tua sampai dengan 60 sampai 120 hari seelah tanam, banyak sekali terjadi perontokan bunga dan bisa mencapai angka 90 %.

6). Buah Kacang Hijau

Buah pada kacang hijau memilikibentuk polong. Dengan panjagn polongsekitaran 5 sampai 16 cm. dimana setiap polongnya berisi 10 sampai 15 biji.

Polong kacang hijau sendiri berbentuk bulat silindris maupun pipih denganujung yang agak runcing dan juga tumpul.

Polong mudanya akan berwarna hijau dansetelah tua berubah menjadi kecoklatan atau kehitam hitaman. Polong kacang hijau tersebut mempunyai rambut pendek dan berbulu.

7). Biji Kacang Hijau (Phaseolus radiatus L.)

Menurut Somaatmadja pada tahun 1993, biji tanaman kacang hijau ini memiliki warna hijau atau kuning , dan seringkali berwarna coklat atau kehitam – hitaman dan memiliki kilap atau lustre yang kusam atau berkilat dapat juga diasosiaikan dengan sisa dinding polong hilumnya pipih dan putih.

Kacang hijau (Vigna radiata) sendiri merupakan jenis tanamana budidaya budidaya dan palawija yang telah dikenal sangat luas di daerah tropika.

Tanaman ini sangat terkenal dan berasal dari dataran india. Kemudian pada awal abad ke tujuh belas, kacang hijau mulai menyebar ke semua atau berbagai negara Asia tropis seperti Indonesia salah satunya.

Baca Juga :

Adapun panen kacang hijau sendiri telah dilakukan beberapa kali dan akan berakhir pada hari ke 80 setelah tanam.

Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) telah dikenal luas mempunyai manfaat dalamkehidupan sehari – hari sebagai sumber bahan angan berprotein nabati yang tinggi.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018