Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Mawar

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Mawar – Tanaman hias yang popular saat ini dan telah dikenal sejak lama adalah Bunga Mawar.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Mawar

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Mawar

Mawar atau biasa disebut juga Rosa Sp telah banyak dijual sebagaitanaman hias dan selalu diberikan sebagai tanda kasih saying yang menjadi pilihan utama bagi setiap pasangan.

Baca Juga :

Dari mana asalnya?

Bunga ini berasal untuk pertama kalinya di Cina, timur tengah dan eropa timur. Kemudian perkembangan tanama hias bunga mawar menyebar hingga ke seluruh Indonesia.

Adapun spesies dari tumbuhan mawar sendiri terdapat di banyak tempat sekitaran 100 sampai 150 tumbuhan di alam liar. Namun dengan perkembangan ilmu botani, tanaman hias mawar ini telah diberdayakan dengan melakukan perbanyakan spesies dengan metode persilangan dan rekayasa genetika.

Tanaan hias bunga mawar ini masih tergolong kedalam family Rosaceae. Walupun memang sebanarnya bunga mawar bukanlah tanaman tropis namun nyatanyamampi tumbuh di daerah dengan iklim subtropics dan tropis. Berikut adalah klasifikasi dan morfologi dari bunga mawar yang telah di dapatkan

Klasifikasi Bunga Mawar

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub Divisi : Angiospermae
  • Kelas : icotyledonae
  • Ordo : Rosanales
  • Famili : Rosaceae
  • Genus : Rosa
  • Spesies : Rosa Hiproida atau Rosa sp.

Morfologi Tanaman Bunga Mawar

1). Akar Bunga atau Radix

Akar memang berfungsi sebagai alat penopang tegaknya tubuh tanaman sekaligus juga menyerap air serta unsert hara dengan maksimal untuk tanaan di dala tanah.

Akar mawar sendiri merupakan akar tunggang yang memiliki bentuk bulat memanjang ke bawah tanah.

2). Batang

Batang bunga mawar adalah berwarna hijau lumut dan abu – abu. Tentunya perawatan bunga mawar harus berhati – hati terhadap bagian batannya ini, karena bunga ini memiliki duri pada setiap batangnya yang tajam, sebagai proses pengangkut mineral, air dan zat makanan.

3). Daun

Daun tentu sebagai proses untuk  fotosintesis dan juga sebagai pengolahan zat makanan yang kemudian didistribusikan untuk seluruh bagian tubuh tanaman.

Tentunya bunga ini memiliki daun yang majemuk dengan warna hijaunya dan hijau muda. Dalam bunga mawae sendiri telah terdiri dari 5 sampai 9 anak daun yang ada di satu cabang batang bunga mawar.

Bunga mawar sendiri memilii daun yang berbentuk bulat kecil dengan rata – rata berukuran 2 sampai 3 cm yang bergerisi da nada juga yang meruncing.

4). Bunga

Bunga tanaman hias mawa dikategorikan sebagai bunga majemuk yang memang terdiri atas kumpula benang – benang dan juga putik.

Bunganya sendiri memiliibentuk yang bulat yang terdiri atas 20 sampai 26 lapisan bahkan lebih, bergantung besar kecilnya ukuran bunga tersebut.

Selain itu juga warna yang dihasilkan oleh bunga tersebut sangatlah bervariasi bergantung dari jenis tanaman hias mawae itu sendiri, ada yang berbunga merah, putih dan berwarna kekuningan.

Sebenarnya ada fungsi bunga di tanaman hias ini yaitu sebagai pemikat hewan yang akan menghinggap ditanaman guna membantu dalam proses penyerbukaan benang sari dan juga putiknya.

5). Buah

Tanaman ini memiliki buah juga, memang banyak sekali yang mengira jika tanaman ini tidak memiliki buah. Tanaman ini memiliki buah yang berbentuk biji yang dibungkus oleh bunga dan memiliki warna coklat kehitaman.

Selain itu bentuk dari buah mawar yaitu berbentuk biji yang telah dibungkus bunga dan berwarna coklat kehitaman. Bentuk dari buah bunga mawar adalah oval, serta pada bagian buahnya berwarna keputihan dan kecoklatan.

Ada beberapa manfaat bunga mawar, terutama bagi kesehatan :

  • Bugna mawar dapat menyembuhkan penyakit seperti gigitan serangga, bengkak – bengkak pada tubuh, serangan campak, melancarkan siklus mens, luka memar, nyeri haid, kram betis, hingga Rahim yang turun.
  • Bunga mawar juga berkhasiat sebagai penawar batuk kering
  • Bisa menangni bengkak pada kaki anda yang disebabkan oleh sirkulasi darah yang tidak lancar, bagaimana? Langkahnya adalah ambil 2 sampai 3 bunga mawar, 30 gram daun sembung. Selanjutnya anda bisa bersihkan ke dua bahan tersebut, rebus menggunakanair 600 ml sampai tinggal separuhnya, setelah itu minumlah 2 kali salam sehari seelah makan
  • Menangani haid tidak teratur

Bagaimana caranya? Anda hanya tinggal mengambil 15 gram bunga mawar, 15 gram bunga asoka/siantan/ 90 gram daging lidah buaya.

Selanjutnnya bersihkan seluruh bahan tersebut kemudian rebus kedalam 600 cc air sampai tinggal 200 cc. anda bisa meminumnya 2 kali dalam shari setelah makan.

6). Bunga mawar dapat mengurangi stress

Bunga mawar mengeluarkan aroma harum dan zat yang terkandung didalam bunga mawar sendiri dapat mengurangi stress. Pengobatan ni telah dilakukan oleh masyarakat romawi kuno dan yunani kuno bahwa mawar menjadi pereda rasa cemas dan juga sebagai obat depresi.

7). Mawar menjadu penawar dan juga obat untuk mengurangi sakit kepala

Kandungan zat yang menenenagkan ini dan dapat memerikan efek terapi. Mawar bisa mengurangi sakit kepala yang menyerang.

Baca Juga :

Itulah beberapa penjelasan mengenai klasifikasi dan juga morfologi bunga mawar sendiri. Semoga membantu pengetahuan mengenai bunga mawar.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *