Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Anggur

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Anggur – Tanaman anggur adalah salah satu tanaman buah yang banyak dibudidayakan karena memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Anggur
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Anggur

Buah anggur biasanya dikonsumsi secara langsung atau dapat dijadikan beberapa olahan minuman atau makanan, antara lain jus anggur, minuman (wine), kismis dan lain-lain.

Diketahui Budidaya Tanaman Anggur telah dilakukan sejak 4000 SM. Akan tetapi pengolahan anggur menjadi minuman atau wine sendiri baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa mesir.

Hanya memerlukan beberapa waktu berselang, proses pengolahan ini segera tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, mulai dari daerah di Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria.

Tanaman Anggur merupakan tanaman yang tumbuh memanjat atau merambat dengan batang berupa sulur, yang istimewa dari tanaman anggur adalah memiliki ranting-rantingnya dapat mengeluarkan buah yang lebat.

Tanaman Anggur dapat tumbuh dan dibudidayakan pada daerah dengan iklim cuaca apapun, diantaranya di daerah dingin, subtropis, maupun tropis.

Sejarah  Tanaman anggur sendiri diketahui pertama kali ditemukan di dataran Eropa, Amerika Utara, Islandia, daerah dingin yang dekat dengan Kutub Utara, Greenland dan kemudian menyebar ke Asia, termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri, tanaman anggur dipandang sebagai tanaman yang bernilai ekonomi tinggi karena harganya yang cukup tinggi serta disukai oleh banyak orang diseluruh belahan dunia.

Klasifikasi Tanaman Anggur

Setelah mengetahui sejarah serta manfaat dari tanaman anggur. Untuk mengetahui tentang tanaman anggur ini lebih jauh lagi, berikut adalah klasifikasi tanaman anggur.

  • Kingdom: Plantae
  • Subkingdom: Tracheobionta
  • Super Divisi: Spermatophyta
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Sub Kelas: Rosidae
  • Ordo: Rhamnales
  • Famili: Vitaceae
  • Genus: Vitis
  • Spesies: Vitis vinifera

Morfologi Tanaman Anggur

Setelah mengetahui klasifikasi tanaman anggur di bawah ini adalah morfologi tanaman anggur, yang terdiri dari morfologi akar, batang, daun, bunga dan buah pada tanaman anggur yang dapat membedakan tanaman ini dengan tanaman lainnya.

Untuk mengetahuinya secara lebih mendetail, berikut adalah penjelasanya.

  • Akar Tanaman Anggur

Akar pada tanaman anggur dapat berkembang dengan cepat jika ditanam pada daerah yang tanahnya gembur dan subur. Bila musim penghujan tiba, akar anggur dapat muncul pada akar ranting.

Hal ini membuat anggur mudah dikembangbiakkan atau diperbanyak dengan cara di-stek atau cangkok, hal ini lebih mudah jika dibandingkan dengan menanam anggur menggunakan biji.

  • Batang Tanaman Anggur

Batang tanaman anggur memilliki ruas-ruas dan buku-buku serta memiliki tekstur berkayu.

Tanaman anggur adalah salah satu tanaman yang termasuk tumbuhan berbentuk semak yaitu tumbuhan yang tidak terlalu besar, dengan batang berkayu, serta bercabang-cabang yang tumbuh dekat dengan permukaan tanah.

Tanaman anggur merupakan tanaman menahun, yang mampu tumbuh dengan panjang bisa mencapai kurang lebih 8 meter.

Batang tanaman ini tumbuh ke atas dengan cara merambat pada penunjang. Penunjang pada tanaman dapat berupa benda mati ataupun tubuhan lain, dan pada waktu naik ke atas batang menggunakan sulur (sirrus) sebagai alat pemanjat.

Sulur pada tanaman anggur letaknya berhadap-hadapan dengan daun dan bersifat terputus, artinya dua helai daun yang letaknya berdekatan masing-masing bersulur, sedangkan daun yang berikutnya tidak bersulur.

Sedangkan batang tanamann ini berberbentuk silindris dan memiliki permukaan  yang halus.

Sementara struktur batang dan percabagannya terdiri atas batang utama, cabang primer, cabang sekunder dan cabang tersier yang akan menghasilkan cabang bunga dan buah.

Pada setiap buku batang mempunyai mata tunas. Pada bagian Kulit batang dan cabang yang masih muda memiliki warna hijau.

Akan tetapi setelah tua, warna ini berubah hijau kecokelat-cokelatan atau bahkan cokelat tua.

Cabang bermata tunas pada tanaman ini dapat digunakan sebagai bahan perbanyakan tanaman secara vegetatif.

  • Daun Tanaman Anggur

Daun pada tanaman anggur berbentuk seperti jantung yang mempunyai tepi bergerigi dan tepinya berlekuk atau bercangap.

Daunnya mempunyai struktur pertulangan menjari, dengan ujung yang runcing dan berbentuk bulat hingga lonjong. Tanaman jenis Vitis vinifera, memiliki daun yang tipis, berwarna hijau kemerahan dan tidak berbulu .

  • Bunga Tanaman Angggur

Bunga pada tanaman anggur berbentuk malai. Malai yang muncul berbentuk kumpulan bunga yang padat.

Pada satu ranting, bisa muncul lebih dari satu malai. Kemudian setelah bunga pada malai mekar akan tumbuh buah berupa bulatan kecil.

Bulatan ini nantinya akan berubah warna sesuai dengan jenis tanaman anggur itu sendiri.

  • Buah Tanaman Anggur

Buah pada tanaman anggur berbentuk bulat sampai bulat lonjong atau oval. Biasanya akan tumbuh pada ranting-ranting cabang batang.

Buah pada tanaman anggur sendiri memiliki berbagai macam warna. Semua itu tergantung dari varietas atau jenis tanaman anggur yang dibudidayakan. Beberapa warna tersebut adalah warna, merah, kuning, dan hijau.

Baca Juga : Hama Tanaman Anggur

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *