Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bengkoang

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bengkoang – Bengkoang adalah nama lain dari buncis kentang atau Sengkuang dalam Bahasa Malaysia & Srikama jika di daratan Filipina.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bengkoang

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bengkoang

Polong muda bengkoang ini bisa dimakan sebagai buncis sayur. Akar umbinya sendiri bisa dimakan mentah – mentah ataupun dimasak sebagai olahan sayuran.

Bijinya sendiri dimasak dan umbi tersebut yang tua tersebut mengandung rotenone yang juga dapat digunakan sebagai insektisida ataupun racun pada ikan.

Baca Juga :

Dewasa ini memang manfaat bengkuang telah banyak digunakan dalam dunia kosmetik seperti hanyal pembuatan masker bengkuang.

Selain itu sebagai makanan, bengkuang biasanya dirujak karena rasanya yang sangat manis, segar dan banyak sekali mengandung vitamin yang bermanfaat.

Seperti tanaman lainnya bengkoang memilki klasifikasi seperti berikut ?

Klasifikasi Tanaman Bengkoang

Bengkoang memiiliki keluarga kingdom : plantae, dengan sub kingdom : viridiplantae, infra kingdom : streptophyta,super divisi : embryophyta, divisi : tracheophyta, sub divisi : spermatophytina, kelas : magnoliopsida, super ordo : rosanae, ordo : fabales, famili : fabaceae, genus : pachyrhizus rich. ex dc, dan juga spesies : pachyrhizus erosus (l.) urb.

Morfologi Tanaman Bengkoang

Apa ciri morfologi bengkoang / ciri ciri yang ada pada tumbuhan bengkoang ?

Ciri khusus yang terdapat pada tanaman bengkoang atau yang menjadi ciri khas bengkoang & struktur morfologi bengkoang adalah sebagai berikut :

  • Pada pohon bengkuang mampu mencapai ketinggian mencapai 5 meter. Sedangkan untuk berat umbi dan juga buah bengkuan sendiri bisa mencapai hingga 5 kg.
  • Kulit yang dimililiki umbi bengkoang berwarna kuning dan sangat – sangat tipis. Bengkuang sendiri memiliki daging buah yang berwarna putih dan dengan rasa manis karena didalamnya terkandung zat oligosakaridanya. Pada area ini kandungan airnya sangat banyak, umbi bengkuang sendiri mengandung banyak sekali pati, kalsium, gula, dan juga fosfor.
  • Pada tanaman bengkuang atau herba bisa merambat dengan batangnya yang berbulu – bulu, dengan demikian juga pada daun dan juga polongnya. Pada daun memiliki tiga lobi berbentuk menyirip serta pada ujungnya yang meruncing. Tangkainya sendiri akan berukuran 8 sampai 17 cm.
  • Bunga bengkuang berwarna putih hingga violet dan tumbuh bergerombol – gerombol. Pada bagian umbinya berbentuk seperti lobak dengan hanya daging buah yang putih dan kulitnya yang berwarna kecoklatan. Tanaman tersebut ditanam dan juga diperbanyak dari biji – bijinya.
  • Tanaman ini bisa tumbuh secara alami di daerah tropis dataran Amerika Selatan, tanaman ini memerlukan tanah yang sangat gembur dan juga berpasir yang kemudian diolah dengan sangat – sangat baik. Tentunya iklim menjadi syarat yang terbaik dan iklim pada tanaman ini sama sama dengan kacang panjang.
  • Jika anda ingin budidaya bengkoang, biji bengkuang tersebut ditanam dengan jarak 100 x 30 cm pada sebuah guludan ataupun gundukan yang terpisah dengan jarak 1 sampai 1,3 m dan 3 sampai 5 biji pada tiap gundukan.
  • Pada bengkuang tentunya memerlukan lanjaran yang baik. namun memang sering dibiarkan menjalar di atas tanah. Selain itu juga bunganya harus dibuang guna mendapatkan hasil umbi yang sangat baik dan juga dipanen pada umur 4 sampai 5 bulan setelah tanaman tersebut ditanam. Umbinya nanti akan berserat kalau terlambat untuk dipanen.
  • Ini adalah kendalanya dimana ulat daun sering menjadi masalah yang sangat serius, namun mereka juga bisa dikontrol dengan bantuan insektisida. Penyiangan gulma secara terus menerus atau teratur sangat diperlukan guna  mempercepat masa pertumbuhan tanaman ini.

Adapun mengenai khasiat tanaman bengkuang tentu sangat baik untuk menjaga kesehtan tubuh anda, berikut adalah manfaatnya:

  • Bengkuang bisa melancarkan pencernaan anda

Unsur penyusun karbohidrat yang terkandung pada buah bengkuang sendiri sangat berguna sekali untuk kesehatan dalam usus anda yang memiliki tugas dalam melancarkan proses pencernaan.

Selain itu kandungan air yang sangat tinggi pada bengkuang juga berperan untuk melancarkan proses pencernaan dalam tubuh anda.

  • Kadar gula anda bisa terkontrol

Bengkuang adalah salah satu umbi-umbian yang berfungsi untuk peluruh dan pencahar. Tentu dengan dua fungsinya ini, manfaat dari bengkuang bisa meminimalkan penyerapan – penyerapan makanan secara berlebih yang terjadi dalam usus, khususnya sendiri gula yang bisa meningkatkan kadar gula darah.

  • Merupakan sumber vitamin C yang baik

Buah bengkuang tidak hanya memiliki rasa  yang asam seperti pada buah lainnya dengan kandungan vitamin C , namun terdapat kandungan vitamin C yang ada  pada bengkuang tersebut sangat tinggi. Perlu diketahui juga bahwa dalam 100 gram buah bengkuang terdapat sekitar 20 mg vitamin C.

  • Kaya akan isoflavon

Senyawa isoflavon ini biasanya tekandung pada tanaman kacang – kacangan tapi juga bisa ditemukan pada bengkuang. Terdapat kandungan senyawa isoflavon dalam bengkuang sendiri cukup tinggi, sehingga itu bisa dijadikan untuk sumber isoflavon alternatif jika anda memang tidak menyukai makanan – makanan yang berasal dari tanaman kacang – kacangan.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *