Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Air

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Air – Jambu air merupakan salah satu datu tumbuh – tumbuhan yang termasuk kedalam suku jambu – jambuan atau dalam Bahasa latin Myrtaceae, tumbuhan jambu air sendiri berasal dari Asia Tenggara, dan juga telah menyebar diberbagai pulau-pulau pasifik lainnya.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Air

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Air

Pada tanaman jambu air sendiri memiliki banyak sekali spesies yang tentunya akan meghasilkan buah-buahan, saat ini memang telah ada dua spesies atau jenis jambu air yang sudah sangat terkenal seperti jambu air kecil atau dalam Bahasa latinnya syzygium aquaeum dan jambu air besar atau nama lainnya adalah syztgium samarangense.

Klasifikasi Jambu Air

  • Termkasuk kedalam kingdom plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Subkelas: Rosidae
  • Ordo: Myrtales
  • Famili: myrtaceae
  • Genus: Syzygium
  • Spesies: Syzygium aqueum

Morfologi Jambu Air

  • Morfologi untuk Akar (radix) Tanaman

Pada tanamanjambu air memiliki akar tunggang disebu dengan akar radik primaria, tentunya pada perakaran ini memiliki percabangan yang berukuran dengn relative kecil dan merupakan bagian dari aar tunggang tersebut.

  • Daun atau Folium tanaman jambu air

Pada tanaman jambu air memiliki jenis daun tunggal, saling berhadapan dan bertangkai. Ada juga panjang daun yang berkisar antara 15 samai 20 cm dan juga lebar 4 sampai 6 cm bahkan ada juga yang lebih dari itu, daunnya sendiri memiliki susuana petulangan menyirip atau berwarna hijau.

Pada bagian ujung daunnya tumpul sedangakan bagian pangkal bulat. Pada permukaan daun memiliki permukaan yang besar dan mengkilap.

  • Bunga Tanaman

Pada bagian bunganya sendiri merupakan jenis bunga majemuk, karangan bunga berbentu malai sertai memilki bunga yang berwarna kuning keputihan.

Bunga pada tanaman jabmbu air sendiri terletak di ketiak daun, pada bagian kelopaknya berbentuk corong, benang sari pada bunga ini berukuran 3 sampai 3,5 cm yang berwarna putih dan juga terdapat lebih dari 20 benang sari yang memiliki ukuran putik 4 sampai dengan 5 cm yang berwarna hijau pucat. Bunga lengkap adalah sebutan lain dari bunga tanaman jambu air.

Pada bagian buah jambu air sendiri memang dikonsumsi secara lansung ketika memang telah matang ataupun akan disajikan sebagai buah meja.

Ada juga yang menjadikan buah tanaman ini sebagai bahan untuk membuat rujak campuran dengan bahan – bahan yang lainnya.

Aneka jenis jambu ini juga dapat disetup atau dijadikan asinan. Selain itu jambu air juga memiliki manfaat – manfaat lainnya yang jarang orang tahu, sebagai berikut.

  • Batang atau nama lainnya Caulis

Bagian batang tanaman jambu air adalah dengan batang berkayu yang memiliki struktur keras dan sangat kuat, tekstur batangnya sendiri adalah kasar, berwarna kecoklatan yang terdaat bercak yng kecoklatan pula. Batang tumbuhan jambu air tumbuh dengan tegak dan bisa mencapai ketinggian antara 3 sampai dengan 10 m bahkan adapula yang lebih dari itu.

  • Buah tanaman jambu air

Pada tanaman jambu air buahnya sendiriberbentuk lonceng, kerucut atau berbentuk membulat keatas dengan warna hijau ketika masih muda dan juga berwarna putih hingga kemereahan ketika sudah mulai tua atau matang.

Sedangkan pada biji tanaman jambu air sendiri akan berbentuk berwarna kemerahan ketika sudah tua atau matang.

Pada biji tanaman jabu air ini akan berbentuk seperti ginjal yang berwarna putih hingga coklat dengan diameter 1 sampai 1,5 cm dan juga memiliki selaput berwarna putih.

  • Jambu air dapat mengontrol diabetes

Tentunya ada salah satu manfaat dari tanaman jambu air yaitu pengontrol diabetes, yah tanaman ini sangat bagus untuk pasien diabetes mengapa? Karena tanaman ini menjaga kadar gula anda tetap terkontrol dengan sangat baik.

  • Jambu air mampu untuk mengatasi penyakit diare dan juga perut yang kembung

Pada jambu air sendiri memiliki kadar air mencapai 93 persesn dan mengandung banyak seklai serat.

Dengan begitu tentunya buahan ini mampu untuk menangani masalah – masalah seperti pencernaan dan juga mengobati masalah diare. Selain itu juga jambu air bisa membantuk mengtasi perut yang kembung.

  • Khasiat jambu bisa juga untuk mendinginkan tubuh pada saat cuaca panas

Pada tanaman jambu air sendiri memiliki kandungan air yang sangat tinggi tentunya aan membantu anda dalam mendinginkan tubuh anda selama cuaca panas atau ketika seseorang terserang demam.

Tentunya buah ini juga bisa membantu anda mencegah stroke dan juga dehidrasi yang disebabkan karena suhu tubuh anda tinggi.

  • Tanaman jambu air bisa melawan infeksi jamur

Adanya senyawa organic yang ditemukan pada jambu air juga diketahui dapat melawan infeksi jamur dan juga microba – microba yang lainnya.

Hal tersebut juga akan membantu dalammembunuh mikroba yang berbahaya dan cacing yang kemungkinan masuk kedalam saluran pencernaan anda nantinya.

Baca Juga :

Demikian klasifikasi dan juga morfologi dari tanaman jambu air yang dapat menjadi referensi anda dalam mencari informasi mengenai hal tersebut.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018