Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bambu

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bambu – Tanaman bambu adalah satu jenis tanaman tergolong kedalam kelas rumput-rumputan.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bambu

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bambu

Bambu dapat tumbuh dengan cara seperti menyebarkan perakaran dan rhizomanya yang berada di bawah tanah. Jika anda ingin mengkomersialkan tanaman bambu.

Maka tanaman bamboo tersebut harus dapat dipanen saat batangnya telah mencapai kekuatan yang paling tinggi dan juga memiliki kadar gula yang ada di dalam batang berada pada kondisi rendah untuk menghindari tanaman bambu tersebut diserang oleh hama.

Baca Juga :

Tentunya bambu memiliki banyak sekali manfaat, pada rumah-rumah di pedesaan sunda dan juga jawa tentunya masih banyak yang menggunakan anyaman yang terbuat dari bambu sebagai dinding rumahnya.

Di dataran cina, bambu merupakan makanan utama untuk hewan panda. Berikut dibawah ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi dari tanaman bambu :

Klasifikasi Tanaman Bambu

Perlu diketahui jika nama ilmiah dari tanaman bambu sendiri atau nama latin tanaman bambu adalah Bambusa vulgaris Schrad. Sedangakan untuk klasifikasi tumbuhan bambu adalah sebagai berikut :

Termasuk kategori kingdom : plantae, tergolong sub kingdom : viridiplantae, infra kingdom : streptophyta, dengan super divisi :       embryophyta, divisi : tracheophyta, sub divisi : spermatophytina, kelas : magnoliopsida, super ordo : lilianae, ordo :    poales, famili : poaceae, genus : bambusa schreb, tergolong kedalam spesies : bambusa vulgaris schrad. ex j.c. wendl.

Morfologi Tanaman Bambu

Adapun ciri – ciri khusus bambu atau ciri khas bambu & struktur morfologi tanaman bambu adalah sebagai berikut :

  • Morfologi Akar Bambu

Pada akar bambu sendiri terdapat di bawah permukaan tanah yang membentuk sistem percabangan dimana dari ciri percabangan ini, kita dapat membedakan kelompok – kelompok bambu tersebut.

Adapun pada bagian pangkal akar rimpang bambu telihat lebih sempit dari pada yang bagian ujungnya, dan setiap ruas memiliki kuncup dan juga akar.

Adapun kuncup pada akar rimpang tersebut nantinya akan berkembang menjadi rebung yang akan memanjat dan pada akhirnya menghasilkan buluh.

  • Morfologi Batang Bambu

Tentunya batang-batang bambu tersebut muncul dari akar-akar yang rimpang dan ketika memang telah tua, batang tersebut akan mengeras dan biasanya memiliki sebuah rongga.

Batang bambu ini memiliki bentuk silinder yang memanjang dan terbagi – bagi ke dalam ruas-ruas. Adapun tinggi tanaman bambu sendiri adalah sekitar 0.3 meter sampai dengan 30 meter, dan memiliki diameter batangnya kira-kira 0.25 sampai 25 cm dengan ketebalan pada dinding mencapai 25 mm.

Anda juga perlu tahu jika batang bambu ini ternyata diselimuti oleh beberapa daun yang disebut dengan pelepah batang bambu dan biasanya akan gugur ketika sudah tua.

Di bagian ujung dari pelepah batang itu, terdapat perpanjangan – perpanjangan tambahan yang memiliki bentuk segitiga atau disebut subang.

Batang bambu merupakan bagian yang sangat banyak untuk digunakan dalam berbagai macam barang  keperluan sehari-hari, anda juga bisa menjumpai pada kehidupan sehari-hari anda tentunya.

Penggunaan batang tanaman bambu yang masih muda ataupun yang sudah tua juga bisa digunakan untuk berbgagai macam keperluan lainnya.

  • Ciri Rebung Bambu

Tunas atau batang-batang bambu muda tersebut nantinya akan muncul dari permukaan dasar rumpun yang sering  disebut rebung. Rebung tersebut akan tumbuh dari kuncup, akar yang rimpang atau dari pangkal buluh yang telah tua.

  • Morfologi Daun Bambu

Daun bambu merupakan daun yang lengkap, bisa dilihat tumbuhan bambu memiliki bagian – bagian seperti halnya pelepah daun, tangkai daun dan juga helaian daun.

Bangun daun tersebut berbentuk seperti  lanset, ujung – ujung daunnya sendiri yang meruncing, pangkal daun tersebut tumpul, tepi daunnya merata, dan daging daun tanaman bambu seperti kertas.

Sedangkan pertulangan daun bambu sendiri adalah sejajar, dimana memiliki satu tulang di tengah yang sangat besar sedangkan tulang-tulang yang lainnya akan lebih kecil dan terlihat sejajar dengan ibu tulang daunnya.

Adapun bagian permukaan bagian atas tanaman bambu berbulu, namun permukaan daun pada bagian bawah berbulu sangat kasar.

Jika dilihat pada bagian atas daun akan berwarna hijau cerah sedangkan permukaannya pada bagian bawah tanaman bamboo berwarna hijau gelap.

Di Indonesia sendiri telah banyak sekali di jumpai berbagai jenis tanaman bambu, telah ada sekitar kurang lebih 140 jenis bambu.

Bambu ini juga merupakan tanaman yang mempunyai manfaat yang begitu penting bagi kehidupan anda, adapun bagian – bagiannya. Tentunya semua bagian tanaman bambu yang ada pada bamboo tesrsebut bisa dimanfatkan.

Baca Juga :

Di mulai dari akar, Daun, Batang bambu, Kelopak dan juga rebungnya anda bisa memanfaatkan untuk berbagai macam keperluan sehari – harinya.

Jika anda menanam pohon bamboo tentu hal itu akan sangat membantu anda, dan tentunya bisa sangat bermanfaat bagi keperluan anda, selain agar lingkungan anda lebih sejuk.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..