Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Kertas

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Kertas – Bunga kertas  merupakan salah satu jenis tanaman hiasa yang begitu pupoler, tanaman ini mempunyai bentuk yang kecil sehingga sukar untuk tumbuh dengan tegak dan juga memiliki warna yang sangat beragam.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Kertas

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Kertas

Tanaman bunga kertas adalah tanaman asli dari dataran Amerika Selatan yang banyak sekali disana ditemukan di pekarangan rumah – rumah.

Baca Juga :

Tanaman bunga kertas ini tergolong kedalam kerabat Nytaginaceae dengan ordo Caryophylales dan memiliki bentuk bunganya yang tidak tebal dan hampir – hampir menyerupai kertas.

Klasifikasi Bunga Kertas

  • Klasifikasi bunga kertas
  • Kingdom : Plantae
  • Subkingdom : Viridiplantae
  • Divisi : Tracheobionta
  • Sub Divisi : Spermatophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Caryophyllanae
  • Famili : Nytaginaceae
  • Genus : Bougainvillea.
  • Adapun tanman ini memiliki spesies yakni Bougainvillea glabra, Bougainvillea spinosa, Bougainvillea spectabilis, Bougainvillea peruviana, dan juga Bougainvillea buttiana.

Morfologi Bunga Kertas

Adapun bunga kertas sendiri memiliki morfologi sebagai berikut :

  • Akar

Akar yang dimiliki oleh bunga kertas sendiri adalah akar tunggang, berserabut, tumbuh vertikal, dan melebar. Tentunya perakaran pada bunga kertas sendiri akan mampu menembus media tanah sehingga mencapai kedalaman 50 smapai 80 cm ada juga yang lebih bergantung varietasnya.

  • Batang

Batang yang dimiliki oleh bungakertas sendir adalah perdu yang tegak lurus hingga mencapai ketinggian 2 sampai 3 meter bahkan ada juga yang lebih.

Permukaannya sendiri halus hingga kasar dan berwarna kecoklatan. Batangnya juga berkayu, berbentuk bulat memanjang dan duri – duri kecil serta memiliki cabang banyak.

  • Daun

Daun bunga kertas sendiriberbentuk bulat oval memanjang dengan panjang 1 sampai 4 cm, bagian tepi permukaan sendiri daunnya rata, pertulangan menyirip antara 3 sampai 5 ada jugayang lebih, serta daun berwarna kehijauan muda hingga tua. Pada daun tanamanini memilikipertangkaian pendek dengan panjang 0,5 – 1 cm berwarna kecoklatan muda.

  • Bunga

Bunga pada tanaman hias bunga kertas sendiri tidak lengkap, yang terdiri dari beberapa macam diantaranya adalah tangkai, tenda bunga, tangkai putih, kepala putih, benang sari dan juga tanggak sari.

Bunga pada tanaman hias sendiri muncul pada ketiak daunnya, yang berbentuk majemuk atau paying yang bersusun.

Diketahui juga bahwa bunga kertas ini juga tersusun dalam anakan – anakan payung yang bertangkai – tangkai dengan jumlah antara 1 sampai 7 anakan, yang masing – masing anakan tersebut mempunyai 3 buah bunga.

Bunga kertas sendiri memiliki warna yang sangat – sangat beragam mulai dari putih, merah muda dan tua, jingga hingga ungu dan lain sebagainya.

Manfaat Bunga Kertas

Banyak sekali warna yang sangat indah pada tanaman bunga kertas. Pada setiap batang bisa memiliki warna yang bermacam – macam dan sangat indah untuk di pandang mata.

Selain memiliki keindahan bunga kertas jugamemiliki banyak sekali manfaat di bidang kesehatan yang harus kamu ketahui, berikut adalah manfaat bunga kertas:

1). Mengatasi kendala datang bulan yang tidak teratur

Tentunya bagi wanita yang memiliki masalah seputar datang bulan juga dapat memanfaatkan bunga kertas guna bisa melancarkan datang bulannya setiap bulannya.

  • Lalu bagaimana mengolahnya untuk mengobatinya:
  • Bunga kertas anda campur dengan umbi rumpet teki.
  • Kemudian cucilah kedua bahan di atas.
  • Setelah itu di rebus untuk kemudian akan disaring airnya.
  • Setelah itu air yang telah disaring teresbut dapa diminum sebanyak satu gelas dalam sehari.

Bagi anda yang datang bulannya sering terlambaat datang :

Siapkan bunga kertas, temu hitam, lidah buaya cuci kemudian anda cuci sampai bersih sedangkan untuk bahan yang berkulit bisa anda kupas kulitnya terlebih dahulu.

Anda kemudian merebus ketiga bahan di atas dengan menggunakan dua gelas air.

Kemudian jika hanya tinggal satu gelas saja anda bisa menyaring airnya dan kemudian munumduakali sehari dengan ukuran setengah gelas saja setiap kali minum.

2). Bisa mengatasi keputihan

Adany keputihan yang terlihat tidak normal dan juga dalam batas – batas yang berlebihan bisa untuk diobati dengan cara meminum ramuan dari bunga kertas.

Bagaimana caranya?

Caranya adalah sebagai berikut : Bunga kertas anda cuci bersih, setelah itu rebus sebanyak dua gelas air hingga mendidih dan dapat disaring.

Anda dapat minum satu gelas sehari.

3). Bunga kertas dapat mengobati hepatitis

Apa itu hepatitis? Hepatitis adalah sebuah peradangan yang tejadi di organ hati karena bahan kimia yang juga terdapat pada obat – obatan sehingga terjadinya sebuah infeksi.

Baca Juga :

Penyakit hepatitis yang kurang darienam bulan disebut dengan hepatitis akut. Adapun cara menggunakan bunga kertas sebagai obat hepatitis adlah sebagai berikut:

  • Silahkan anda ambil batang bunga kertas setelah itu bisa dicuci sampai bersih.
  • Setelah batang tersebut telah dicuci dan direbus maka air rebusannya itulah yang nantinya anda minum sehari – hari.

Demikianlah morfologi dan klasifikasi yang ada pada bunga kertas

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *