Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu – Tanaman Jambu adalah salah satu tanaman yang termasuk kedalam kategori tanaman perdu.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu

Tanaman jambu awalnya berasal dari daerah Brazilia, Amerika tengah yang kemudian menyebar ke daratan Thailand dan kemudian masuk ke daerah-daerah di Asia, seperti Indonesia.

Psidium Guajava atau jambu biji memiliki beberapa sebutan yang berbeda-beda pada tiap daerah, misalnya sebutan Lambo Guava dalam bahasa inggris, atau sebutan lain seperti Jambu Klutuk, Jambu Siki dan Jambu Batu.

Tanaman jambu memiliki banyak manfaat, mulai dari buahnya yang dapat dikonsumsi secara langsung atau dijadikan olahan lain seperti jus.

Selain itu, manfaat lain yang bisa diambil dari tanaman ini terdapat pada bagian daunnya. daun jambu biji juga dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati diare, batuk bahkan mencegah kanker.

Untuk menjadikan daun tanaman ini sebagai obat, adapun caranya adalah dengan merebus 2 gelas air mineral dengan 3 helai daun jambu. Kemudian, air rebusan tersebut disaring dan bisa langsung dapat diminumkan.

Umumnya jambu biji sangat mudah di temukan pada daerah yang memiliki iklim tropis, seperti daerah Indonesia, Thailand, Malaysia, Brazilia dan lain-lain. di Indonesia sendiri, Pulau jawa adalah salah satu senta pembudidayaan jambu biji terbesar, antara lain di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Sentra pembudidayaan terbesar lainnya yang juga berada di wilayah Indonesia terdapat di daerah Sumatera dan Kalimantan.

Untuk mengetahui mengenai Jambu Biji secara lebih mendetail. Berikut ini adalah Klasifikasi dan Morfologi Jambu Biji.

A. Klasifikasi Tanaman Jambu Biji

Setelah mengetahui mengenai sejarah penyebaran dan beberapa manfaat dari jambu biji, berikut ini adalah hasil klasifikasi tanaman jambu biji.

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kungdom : Tracheobionta
  • Super Divisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Mytrales
  • Famili : Myrtaceae
  • Genus : Psidium
  • Spesies : P Guajava

B. Morfologi Tanaman Jambu Biji

Morfologi tanaman jambu biji dikategorikan menjadi beberapa bagian, antara lain Morfologi akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Berikut ini adalah penjelesan mengenai morfologi tanaman jambu biji

  • Akar Tanaman Jambu Biji

Sistem perakaran jambu biji termasuk kedalam jenis perakaran tunggang yang bercabang. Akar tanaman ini berbentuk bulat mengrucut atau meruncing panjang. Akar tanaman ini berwarna coklat muda hingga coklat tua.

Selain itu, akar pada tanaman jambu biji juga memiliki banyak percabangan dengan arah pertumbuhan akarnya tumbuh lurus ke dalam tanah.

  • Batang Tanaman Jambu Biji

Tanaman Jambu biji memilki batang berbentuk silindris dengan diameter 10-20 sentimeter, dengan tekstur yang keras serta memiliki permukaan yang halus juga licin.

Batang tanaman jambu biji mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 10-20 meter bahkan lebih, tergantung varietasnya. Selain itu, batang tanaman ini juga memiliki ruas pendek yang dilengkapi dengan percabangan yang banyak.

  • Daun Tanaman Jambu Biji

Daun pada tanaman jambu biji termasuk kedalam jenis daun tunggal dengan tangkai yang pendek dengan tata letak yang berhadap-hadapan. Daun jambu biji memiliki warna hijau muda sampai hijau tua.

Daun jambu biji muda memiliki tekstur permukaan yang sedikit berbulu tipis. Sementara pada daun yang sudah tua permukaan daunnya memiliki tekstur yang licin.

Daun pada tanaman ini termasuk ke dalam jenis daun yang tidak lengkap, karena hanya memiliki tangkai dan helaian daun saja.

Daun tanaman ini memiliki bentuk yang melebar pada bagian tengahnya. Selain itu, daun pada tanaman jambu biji ini memiliki struktur pertulangan menyirip. Pada bagian ujung daun memiliki bentuk yang tumpul.

Sementara tangkai daunnya berbentuk silinder dan tidak menebal pada bagian tangkainya.

  • Bunga

Bunga dar tanamani jambu biji merah ini memiliki warna putih kemerahan yang terdiri dari dua buah mahkota yang dengan jumlah kelopak bunga 4-5 dengan jumlah mahkotan yang sama.

Warna daun mahkota tanaman jambu biji merah ini biasanya saling berhadapan kemudian yang dilengkapi dengan tangkai sari berwarna cerah.

Sementara, bakal buah yang akan menjadi buah jambu biji adalah bunga jambu biji yang dapat berbunga dengan penyerbukannya yang dibantu dengan angin ataupun hewan lain seperti serangga.

  • Buah dan Biji Tanaman Jambu

Buah padat tanaman jambu biji merah ini berbentuk bulat yang memanjang dan sedikit oval dengan warna hijau kekuningan, buah jambu biji merah termasuk buah tunggal yang dalam satu bunga hanya dapat menghasilkan satu buah saja.

Morfologi Tanaman Lainnya :

Buah pada tanaman ini memiliki daging yang tebal dengan warna merah, namun pada beberapa jenis yang lain, ada juga yang memiliki daging buah berwarna putih yang dilengkapi dengan biji.

Biasanya dalam satu buah jambu terdapat biji yang sangat banyak, terdapat sekitar 50-100 biji, berbentuk bulat dengan warna putih serta memiliki tekstur yang keras.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *