Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Panjang

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Panjang Tanaman kacang panjang sendiri memiliki nama Latin yaitu Vigna Sinensi L. yang membuat tanaman kacang – kacangan yang satu ini sangat dikenal luas oleh seluruh masyarakat di Indonesia.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Panjang

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Panjang

Anda juga mengetahui bahwa tanaman Kacang Panjang juga seringkali menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan makanan. Bisa digunakan untuk lalapan atau sebagai makanan utama.

Tentu hal tersebut tidak akan lepas karena Kacang Panjang yang mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia. Tanaman kacang panjang sendiri tergolong ke dalam tanaman yang berbentuk semak – semak.

Baca Juga :

Klasifikasi pada kacang panjang

Tanaman kacang panjang sendiri bila sehat mampu mencapai lebih dari 2 meter. Tentunya berikut ini akan dijelaskan juga klasifikasi dan morfologi yang terdapat pada tanaman kacang panjang:

  • adapun ordo dari tanaman kacang panjang sendiri adalah rosales
  • merupakan familia dari leguminocae
  • subfamilia untuk tanaman kacang panjang adalah papilonaceae
  • genus untuk tanaman kacang panjang adalah vigna
  • kacang panjang termasuk kedalam spesies vigna sinensis l. savi ex hassk

Morfologi tanaman kacang panjang

Seceara morfologi sendiri tanaman kacang panjang akan dibagi kedalam beberapa hal. Yaitu akar, daun, bunga, batang, buah hingga biji.

1). Akar kacang panjang

Tanaman kacang panjang juga sama seperti tanaman yang lainnya, tanaman ini membutuhkan akar guna  mencari makanan dan juga air, tentunya hal serupa jua dimiliki oleh tanaman kacang Panjang.

Anda juga tahu jika akar yang dimiliki oleh Kacang Panjang adalah sisem akar tunggang dan juga serabut.

Pada tanaman kacang panjang ini akar tunggannya bisa mencapai kedalaman hingga lebih dari 30 cm sedangkan ini juga sebagai akar serabutnya yang bisa menyebar terus ke samping.

Tentunya dengan akar tersebut nantinya tanaman kacang panjang bisa mendapatkan nutrisi untuk dapat tumbuh.

2). Batang

Batang tanaman Kacang Panjang sendiri berfungsi guna mengokohkan tanaman dan bisa menegakkan tanaman.

Adapun ciri – ciri dari batang yang dimiliki pada tumbuhan tanaman kacang panjang adalah liat, batang nya tidak mempunyai rambut tipis, untuk pertengahannya sendiri berbentuk bulat dan tidak begitu lembut.

Pada setiap tanaman kacang panjang sendiri memiliki ukuran dan juga bentuk batang yang berbeda-beda. Tentunya hal tersebt bergantung pada jenis dan juga kesehatan dari tanaman kacang panjang itu sendiri.

3). Daun

Pada sisi daunnya sendiri Tanaman Kacang Panjang bisa dibilang memiliki bentuk yang sangat unik dibandingkan dengan yang lainnya.

Mengapa?

Tentunya hal tersebut tidak terlepas karena bentuk daunnya tersebut yang meruncing di ujungnya. Terlihat memang seakan-akan membuat daun Kacang Panjang tersebut berbentuk seperti segitiga.

Kacang panjang sendiri memilki tangkai utama pada daunnya. Sehingga tentunya akan membuat sisi samping yang ada di daun tersebut memiliki bentuk menyirip.

4). Bunga

Anda tidak akan menyangka jika bunga Tanaman Kacang Panjang ternyata termasuk ke dalam jenis bunga sempurna.

Apa penyebabnya?

yah bunga sempurna sendiri adalah bunga yang terdapat alat kelamin jantang dan juga alat kelamin betina. Tentunya hal inilah yang membuat bunga yang dimiliki  Tanaman Kacang Panjang termasuk kedalam bunga sempurna.

Ada juga keunikan lainnya yang memang dimiliki oleh bunga Tanaman Kacang Panjang yaitu bentuknya yang tidak biasa. Bentuk dari bunga tanaman ini yang menyerupai hewan Kupu-Kupu sehingga memang mudah sekali untuk dikenali.

4). Buah

Bagian buah dari Tanaman Kacang Panjang ini juga biasa disebut dengan kacang polong. Dimana terdapat panjang dari buah yang relative, tergantung dari jenis tanaman Kacang Panjangnya itu sendiri. Adapun buahnya sendiri biasanya meliki ukuran dari 30 cm sampai 90 cm.

5). Biji

Adapun biji kacang panjang sendiri memiliki bentuk yang sedikit pipih dengan lengkungan berada sampingnya. Masalah warna biji Kacang Panjang tersebut memiliki warna yang tidak akan serupa apabila sudah mulai tua. Sehingga bijinya tersebut mulai kuning, cokelat hingga hitam.

Adapun manfaat dari kacang panjang adalah sebagai berikut:

  • Kacang panjang dapat meringankan nyeri haid

Dalam penelitian memang dikatakan perempuan yang mengonsumsi dosis dengan sangat tinggi zat mangan dari menu makannya akan mengalami perbaikan dalam hal frekuensi dan tingkat keparahan kram perut sehingga suasana hati yang lebih akan membaik, daripada orang – orang yang memakan sedikit mangan.

  • Kulit menjadi sehat

Penelitian juga menyebutkan jika mengosumsi vitamin C dalam dosis yang tinggi mampu mengurangi munculnya keriput, sehingga efeknya bisamenyembuhkan kulitkering dan juga kemerahan, dan jugabisa mempercepat proses penyembuhan yang terjadi pada tubuh manusia.

Tentunya menu makanan yang kaya akan vitamin C juga dapat membantu mencegah adanya perkembangan kanker kulit.

  • Kacang panjang baik untuk kesehatan jantung

Tentu dengan adanya serat larut yang ditemukan dalam tumbuhan kacang panjang bisa membantu dalam menekan jumlah kolesterol jahat atau  LDL.

Plus, selain itu manfaat kacang panjang juga terbukti bisa mengurangi peradangan dan juga tensi darah — yang baik untuk kesehatan jantung anda.

Diketahui bahwa satu porsi kacang panjang yaitu seberat 100 gram dapat mencukupi kebutuhan serat harian Anda sampai dengan 12 persen.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *