Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sukun

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sukun – Sukun sering disebut sebagai buah roti karena memiliki tekstur, rasa serta kandungan menyerupai roti.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sukun

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sukun

Nama buah sukun juga berbeda di berbagai Negara, di Portugal disebut dengan nama fruto pao, di Perancis sukun disebut dengan nama arbe a pain, sedangkan di Fijian dikenal dengan nama Uto.

Baca Juga : Hama dan Penyakit Tanaman Sukun

Di India Barat dan Polynesia, sukun merupakan salah satu buah yang merupakan sumber karbohidrat utama. Buah Sukun memiliki nama latin Artocarpus Altilis.

Klasifikasi Tanaman Sukun

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Viridplantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Divisi : Tracheophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Super Ordo : Rosanae
  • Ordo : Rosales
  • Famili : Moraceae
  • Genus : Artocarpus J.R Forst & G.Forst
  • Spesies : Artocarpus Altilis ( Parkinson) Fosberg.

Morfologi Tanaman Sukun

1). Pohon Tinggi

Pada umumnya tinggi pohon tanaman sukun dapat mencapai 20 meter dengan batang yang lurus dan berdiameter besar.

2). Bertajuk Renggang

Sukun adalah tanaman bertajuk renggang dengan cabang mendatar dan daun besar yang tersusun berselang – seling. Lemar daunnya pun memiliki ukuran yang cukup lebar, yakni mencapai 20 hingga 40 X 20 hingga 60 centimeter.

Daun sukun memiliki bentuk menyirip ke bagian dalam, liat dan agak keras seperti kulit, berwarna hijau mengkilap, kasar serta terdapat bulu – bulu halus pada bagian bawah.

3) Bunga dalam Ketiak Daun

Bunga pada tanaman sukun terdapat dalam ketiak daun dekat dengan ujung ranting.

a. Bunga Jantan

  • Terdapat di dalam bulir dengan bentuk gada panjang dan menggantung
  • Berukuran 15 – 25 cm.
  • Berwarna hijau muda dan akan menguning ketika masak.
  • Serbuk sari bunga jantan berwarna kuning dan sangat mudah diterbangkan oleh angin.

b. Bunga Betina

  • Majemuk bunga betina berbentuk bukat atau silindris dengan ukuran 5 hingga 7 X 8 hingga 10 cm.
  • Berwarna hijau.

c. Forma dengan biji timbul

  • Memiliki duri – duri lunak
  • Pendek
  • Berwarna hijau tua.

d. Forma tanpa biji (sukun)

Memiliki kulit buah dengan duri yang tereduksi menjadi sebuah pola berbentuk sepi empat atau segi lima dari faset pada kulitnya.

4). Biji timbul dengan bentuk bulat

Sukun memiliki biji timbul berbentuk bulat atau sedikit gepeng dengan warna kecokelatan berukuran 2,5 cm yang diselimuti tenda bunga.

Buah pada sukun memiliki diameter cukup besar yaitu berkisar antara 20 hingga 29 cm dengan bentuk bulat dengan kulit buah yang tebal, berduri kasar yang memiliki warna hijau kekuningan hingga cokelat.

Di dalam buah, terdapat daging buah yang berwarna kuning pucat ataupun keputihan dan lembap yang mengelilingi lingkaran tengah dari buah sukun.

Biasanya sukun di kukus dulu sebelum diolah dalam bentuk yang lain. Cara memperbanyak sukun antara lain adalah dengan cara pencekokan, di stek atau tempelan.

Manfaat Sukun

Adanya kandungan senyawa yang terdapat pada sukun tersebut memang sangat terbukti bisa memberikan manfaat untuk kesehatan anda. Lalu apa saja manfaatnya? Berikut manfaat sukun untuk kesehatan:

  1. Sukun dikenal sebagai sumber energi tambahan

Komposisi sukun yaitu terdiri dari sekitaran 60 gram karbohidrat yang mana karbohidrat sendiri adalah sumber energi yang terdapat pada tubuh anda. Tentu hal tersebut lah yang menyebabkan buah sukun bisa anda gunakan sebagai sumber energi alami.

  1. Sukun kaya akan kandungan serta yang tinggi

Perlu anda ketahui jika sukun memang mengandung serat yang sangat tinggi, ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa jika anda mengonsumsi sukun secara teratur bisa maka anda akan tercegah dari resiko penyakit diabetes.

Suku juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengontrol gula darah anda. Hal tersebut dikarenakan kandungan seratnya yang bisa membantu dalam mengurangi penyerapan gula pada tubuh anda secara maksimal.

  1. Sukun dapat membuat tubuh anda kenyang lebih lama

Dalam buah sukun sendir memang terkandung serat dan juga karbohidrat yang sangat tinggi. Sukun sangat tepat untuk anda gunakan sebagai bahan alternatif pengganti dari nasi.

Tentunya bagi anda yang sedang menjalani program diet sehat sukun ini bisa dijadikan pilihan yang sangat tepat.

  1. Buah sukun obat untuk mengatasi penyakit susah buang air besar

Kandungan serat yang terdapat pada buah ini sangat tinggi sehingga buah sukun dapat melancarkan buang air besar jika memang anda konsumsi secara rutin.

Kandungan yang terdapat pada sukun sendiri bisa membantu anda dalam mengeluarkan racun pada usus anda.

Dari uraian diatas dapat dikatakan bahwa sukun merupakan tanaman yang dapat tumbuh menjulang tinggi dengan perakaran dan batang yang kokoh.

Namun sukun tidak menghasilkan biji yang menyebabkan cara pembudidayaan nya adalah dengan cara memperbanyak tanaman sukun antara lain dengan mencangkok, stek atau menempel.

Sukun adalah sumber karbohidrat yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna bagi kesehatan tubuh, seperti kandungan berupa kalium, kalsium, Natrium serta sedikit vitamin C.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Sukun

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *