Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Tebu

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Tebu – Tebu adalah tanaman berbentuk seperti bamboo dengan ukuran lebih kecil dan memiliki rasa manis.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Tebu

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Tebu

Tebu dapat dimanfaatkan dalam banyak cara, seperti dijadikan gula atau dip eras dan diambil sari tebu nya untuk minuman.

Oleh karena itu tebu banyak dibudidayakan di Indonesia. Tebu memiliki nama latin Saccharum Officinarum L.

Klasifikasi Tanaman Tebu

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Viridplantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Divisi : Tracheophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Super Ordo : Lilianae (Monokotil)
  • Ordo : Poales
  • Famili : Poaceae
  • Genus : Saccharum L.
  • Spesies : Saccharum Officinarum L.

Morfologi Tanaman Tebu

1. Morfologi batang pada tanaman tebu

Bentuk batang tanaman tebu adalah tegak, tidak bercabang dan beruas – ruas. Jika diperhatikan mirip dengan bambu, namun jauh lebih kecil dank eras dibandingkan bambu.

Tanaman tebu dapat mencapai ketinggian 3 – 5 meter bahkan lebih. Kulit batang tanaman tebu berwarna hijau, merah tua, ungu, ada pula kombinasi dari warna-warna tersebut.

Batang tanaman pada tebu yang masih muda umumnya tertutupi oleh lapisan lilin yang berwarna putih keabu – abuan.

2. Morfologi daun tanaman tebu

Jenis daun pada tanaman tebu adalah daun tidak lengkap yang hanya terdiri dari helaian daun dan pelepah daun yang tidak dilengkapi oleh tangkai daun.

Daun pada tanaman tebu berpangkal pada ruas batang tanaman tebu dengan kedudukan berseling. Pelepah daun pada tanaman tebu menyelimuti batang yang semakin ke atas akan menjadi semakin sempit.

Terdapat telinga daun dan bulu-bulu daun dengan pertulangan daun berbentuk sejajar pada pelepah tanaman tebu.

3. Morfologi akar tanaman tebu

Sistem perakaran pada tebu adalah akar serabut dengan panjang + 1 meter. Pada bibit atau pada saat tanaman tebu masih muda terdapat 2 macam akar pada tanaman tebu, diantaranya yaitu akar tunas dan akar stek.

Akar tunas yaitu berasal dari tunas, yang sesuai dengan namanya, dengan berumur panjang dan tetap ada selama tebu masih tumbuh.

Sedangkan akar stek yang berasal dari stek batang tanaman tebu, tidak dapat berumur panjang dan hanya ada pada saat tanaman tebu masih muda.

4. Morfologi bunga tanaman tebu

Jenis bunga pada tanaman tebu adalah jenis bunga majemuk. Bunga pada tanaman tebu terdiri atas malai dengan pertumbuhan yang terbatas.

Panjang bunga majemuk pada tebu berkisar antara 70 hingga 90 cm. Pada umumnya masing – masing bunga pada tanaman tebu memiliki tiga daun kelopak, tiga benang sari, dua kepala putik dan satu daun mahkota.

Pada bunga yang masak, benang sarinya panjang sehingga kepala sari menggantung keluar dari tajuk bunga. Kandungan baik tebu antara lain adalah vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan tubuh.

Tebu yang diolah sebagai jus atau sari tebu kaya akan Kalium, kalsium, magnesium, zat besi, dan fosfor . Tebu juga dikenal dapat membantu memulihkan vitamin yang hilang akibat demam.

Adapun manfaat dari tanaman tebu ini adalah sebagai berikut:

1). Tanaman tebu dapat melancarkan pencernaan anda

Adapun sasaran dari minuman sari tebu adalah pencernaan dikarenakan serat yang begitu tinggi dari tanaman tebu hingga mampu untuk membantu dalam menjaga usus anda tetap dalam keadaan bersih.

Perlu anda ketahui juga bahwa sari tebu ini sangat berperan menetralkan asam lambung agar kalian terhindar dari sakit perut anda.

2). Tanaman tebu dapat mencegah kanker

Tebu tidak hanya manis dan juga segar, ternyata sari tebu juga bisa mencegah penyakit kanker.

Adanya kandungan seperti konsentrasi dari magnesium, kalsium dan potasium dari tanaman tebu memang telah cukup kuat untuk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia.

Baca Juga :

Sehingga kemungkinan terjadinya kanker tersebut bisa ditekan karena tingginya alkali pada tubuh anda.

3). Tanaman ini bisa mencegah anda terhadap serangan jantung

Tentunya tidak hanya mengantisipasi adanya kedatangan kanker, sari tebu juga nyatanya sedikit banyak juga dapat mencegah adanya sakit jantung.

Mengapa?

Hal tersebut dikarenakan kemampuan dari tanaman tebu sendiri dapat menurunkan kadar kolesterol anda serta jumlah trigliserida yang sangat tinggi di dalam darah.

Adanya penumpukan-penumpukan pada lemak sendiri memang bisa dibersihkan dengan adanya sari tebu yang sudah berperan relatif sama dengan yang ada di jus jeruk.

Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa tebu memiliki nama latin Saccharum Officinarum L,dengan Ordo Poales dan Genus Saccharum L. Tebu berbentuk mirip batang bamboo dan memiliki lapisan lilin berwarna putih keabu – abuan pada kulit batang tebu muda.

Tebu memiliki potensi besar untuk dibudidayakan karena kandungannya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Anda harus menggunakan tebu juga sebagai tanaman obat anda karena sangat berkhasiat dan sangat berguna bagi stamina anda.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *