Pengertian, Fungsi, Jenis dan Manfaat BUMN

Diposting pada

Pengertian BUMN : Fungsi, Jenis dan Manfaat BUMN – Negara juga memiliki badan usaha yang resmi. Fungsi dari badan usaha ini ialah membantu perekonomian negara supaya tidak kolaps.

Pengertian, Fungsi, Jenis dan Manfaat BUMN
Pengertian, Fungsi, Jenis dan Manfaat BUMN

Hasil dari badan usaha tersebut akan disatukan dengan pajak pajak yang disetor oleh perusahan swasta maupun yang dari masyarakat sipil. Nah, salah satu badan usaha milik pemerintah adalah Badan Usaha Milik Negara yang disingkat BUMN.

Baca Juga : Wewenang Mahkamah Agung

Anda pasti pernah mendengar istilah BUMN bukan? Tentunya kita mendengar istilah ini hampir setiap hari. Karena media kita selalu intens menginformasikan BUMN hampir di setiap news nya.

Sekalipun begitu, masyarakat awam masih banyak yang belum mengetahui secara detail dan tepat tentang BUMN. Jangankan Fungsinya, definisinya saja terkesan masih asing di telinga.

Namun anda tidak usah khawatir, karena pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan secara detail tentang pengertian BUMN, fungsi BUMN beserta beberapa jenisnya.

PENGERTIAN BUMN

BUMN adalah badan usaha yang keseluruhan modal atau modal yang paling besar dibiayai oleh negara atau pemerintah. Modal ini diambil dari aset atau kekayaan negara yang berdiri secara otonom atau terpisah sesuai dengan Undang Undang RI No. 19 Tahun 2003.

BUMN terkategorikan sebagai badan usaha yang meliputi tiga fungsioner yaitu sebagai koperasi, sebagai badan usaha swasta serta menjadi pioner sistem perekonomian nasional.

Sejarah BUMN sendiri dimulai dari adanya berbagai pemasukan prestisius kedalam sistem moneter negara Indonesia yang dengannya mampu meningkatkan produksi barang dan jasa di berbagai bidang demi tujuan untuk pemerataan kesejahteraan masyarakat.

Maka dari itu, BUMN berhasil merambah sistem ekonomi elegan yang tidak hanya menjangkau satu titik saja tetapi banyak titik dari dinamika berkehidupan seperti sektor pertanian dan perkebunan, listrik dan pertambangan, ekonomi dan manufaktur, kontruksi dan niaga serta banyak sektor lainnya.

FUNGSI BUMN

Fungsi BUMN berkaitan dengan masalah perekonomian di dalam negara Indonesia. Dengan adanya BUMN diharapkan masalah moneter bisa teratasi dengan baik.

Untuk lebih jelasnya berikut ini kami rilis beberapa fungsi dari Badan Usaha Milik Negara ini, yaitu :

  1. Sebagai penyumbang terhadap negara demi kelancaran sistem ekonomi nasional
  2. Sebagai penyelenggara sekaligus penyedia barang dan jasa berkualitas demi tujuan pemerataan ketercapaian kebutuhan masyarakat
  3. Lembaga kreatif yang mampu menghasilkan bentuk bentuk usaha baru
  4. Pembimbing usaha masyarakat serta donatur bagi masyarakat berekonomi lemah
  5. Pelaksana kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan ekonomi
  6. Perputaran dana yang bisa difungsikan sebagai pembiayaan nasional
  7. Motivator bangkitnya keinginan usaha masyarakat
  8. Menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat

JENIS JENIS BUMN

Jenis jenis BUMN hanya ada dua, yaitu persero atau perusahaan perseroan dan Perum atau perusahaan umum. Dari kedua jenis inilah, BUMN terlembagakan menjadi unit unit kerja yang cukup banyak.

  1. Persero

Persero adalah badan usaha milik negara yang kepemilikan modalnya terbagi menjadi dua. Sebagian milik negara sebagian modalnya lagi berbentuk saham. BUMN jenis ini memiliki fungsi kental yaitu keuntungan. Bahkan, segala progres kerjanya diarahkan untuk mencapai laba yang besar.

Perusahaan perseroan atau persero adalah satu satunya badan usaha negara yang diperbolehkan secara sah untuk menjalin kerjasama dengan swasta dan uniknya, saat ini hampir seluruh perusahaan yang berafiliasi dengan pemerintah menggunakan sistem perseroan.

  1. Perum

Perum adalah jenis BUMN yang fungsinya untuk menyediakan kebutuhan masyarakat banyak. Ada tiga garapan kerja yang diusung oleh perum yaitu produksi, distribusi dan konsumsi.

Nah badan usaha jenis ini bisa ditemukan pada lembaga lembaga produksi seperti perum perumahan umum, perum dinas angkutan dan perum pegadaian.

MANFAAT MANFAAT BUMN

Jika BUMN dijalankan dengan semestinya, maka manfaatnya pasti dirasakan oleh masyarakat. Berikut ini kami list manfaat manfaat tersebut, yaitu :

  1. Masyarakat lebih mudah mengakses alat kebutuhannya yang berupa produk barang dan jasa.
  2. Membuka lapangan kerja sekaligus memberi kesempatan kerja yang luas kepada masyarakat
  3. Mencegah terjadinya monopoli pasar yang dilakukan oleh pemodal tajir dan kuat
  4. Kualitas ekspor menjadi meningkat dan kuantitasnya semakin intens
  5. Negara tidak akan kekurangan dana karena Badan usaha akan menghimpun dan memutarnya sesuai konsep ekonomi yang berlaku.

Jika melihat fungsi dan manfaat BUMN diatas, seharusnya BUMN mampu menjadi pintu masuk kemakmuran Masyarakat yang merata. Semoga BUMN di Indonesia ini bisa bekerja sebagaimana mestinya murni demi kepentingan rakyat semata.

Itulah pengertian, fungsi, bentuk dan manfaat Badan Usaha Milik Negara atau BUMN semoga artikel ini ada manfaatnya bagi kita semua. Sehingga kita tidak lagi memandang apatis terhadap badan usaha yang satu ini.

Baca Juga : Makna Lambang Garuda Pancasila

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *