Pengertian, Makna Lambang Garuda Pancasila

Pengertian, Makna Lambang Garuda Pancasila – Kita semua sepakat kalau pancasila adalah dasar hukum negara yang tidak bisa tergantikan oleh ideologi ideologi apapun.

Pengertian, Makna Lambang Garuda Pancasila

Pengertian, Makna Lambang Garuda Pancasila

Itu artinya, segala tingkah laku kita disandarkan pada ideologi yang bergambar lambang burung garuda dan jika kita melanggarnya dengan melakukan tindakan tindakan amoral dan asusila, tentu kita tidak pantas ada di dalam NKRI.

Baca Juga : Pengertian Budaya Politik

Namun, tahukah anda jika bukan hanya ideologis pancasila saja yang bermakna mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara, lambang burung garudanya juga memiliki makna filosofis yang luhur demi keutuhan bangsa yang bermoral, berdaulat dan merdeka.

Nah pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang pengertian lambang garuda pancasila yang coba kamui ulas secara detail dan komplit. Diharapkan dari artikel ini, rasa cinta anda kepada NKRI menjadi semakin tinggi.

PENGERTIAN LAMBANG BURUNG GARUDA

Garuda pancasila merupakan lambang negara Indonesia yang didalamnya juga terdapat semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Di dalam lambang ini terdapat seekor garuda yang kedua sayapnya terbuka lebar dengan leher atau kepala menoleh ke arah kanan, sedangkan kedua kakinya mencengkram dengan kuat sebuah pita yang bertuliskan semboyan diatas.

Yang unik dari lambang ini adalah tepat di daerah dadanya terdapat sebuah perisai yang menempel kuat, berisikan 5 gambar yang kalau diurut searah jarum jam adalah gambar pohon beringin, rantai, padi kapas dan kepala banteng sedangkan di tengah tengah terdapat gambar bintang.

Menurut sejarah, lambang garuda pancasila dibuat pertama kali oleh Sultan Hamid II dan disempurnakan menjadi lambang negara oleh Presiden pertama RI Sukarno.

MAKNA LAMBANG GARUDA PANCASILA

Berbagai macam simbol dan lambang garuda pancasila ternyata memiliki makna dan arti tertentu.

Yang mana makna dari arti ini sangat luas dan berkaitan dengan kepribadian yang luhur serta prilaku yang baik di dalam berbangsa. Nah, biar lebih jelas silahkan disimak saja list di bawah ini.

1). Burung Garuda

Burung garuda mirip dengan burung elang raksasa yang dikenal dengan sebutan rajawali. Bentuk Burung garuda ini diambil dari kitab folklor kuno yang cukup populer di Indonesia yang menganggap burung garuda sebagai peliharaan dewa whisnu.

Warna keemasan pada kulitnya menandakan sebuah kemajuan dan kecemerlangan yang diharapkan lahir dari perut bangsa. Sedangkan sayap, paruh serta cakarnya menandakan Indonesia adalah negeri yang kuat dalam memegang prinsip.

Yang unik dari burung garuda adalah jumlah sayapnya juga memiliki makna. Jumlah per sayap burung garuda adalah 17, bulu di ekor berjumlah 8 dan bulu di bawah perisai berjumlah 19 sedangkan bulu di leher berjumlah 45.

Jika diurut akan terkumpul angka 17-8-19-45. Ya ini merupakan hari kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17-8-1945 atau 17 agustus 1945.

2). Perisai

Perisai adalah benda yang digunakan untuk menangkis senjata lawan dalam perang konvensional yang pernah di lakukan oleh kerajaan kerajaan tempo dulu. Sedangkan kelima gambar yang ada pada perisai tersebut merupakan lambang 5 sila pancasila yang meliputi:

  1. Sila pertama : Ketuhanan Yang Maha Esa ( lambang Bintang )
  2. Sila Kedua : Kemanusiaan yang adil dan beradap ( Lambang Rantai )
  3. Sila Ketiga : Persatuan Indonesia ( Lambang pohon beringin )
  4. Sila Keempat : Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan ( lambang kepala banteng )
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia ( lambang padi kapas )

Nah kelima sila ini merupakan jati diri bangsa yang harus dipenuhi oleh seluruh rakyat Indonesia demi tujuan menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang cerdas, penuh toleransi, berbudi luhur, tenggang rasa, gotong royong, musyawarah dan lain lain.

3). Pita

Pita yang dicengkram oleh kaki burung garuda bertuliskan “ bhinneka tunggal ika “. Makna dari kata ini adalah berbeda beda tetapi tetap satu juga. Semboyan ini memiliki arti, bangsa indonesia adalah bangsa yang majemuk.

Hal ini ditandai oleh ragamnya suku bangsa, bahasa, adat istiadat, budaya dan lain lain. Walaupun begitu, perbedaan tidak menyebabkan perpecahan karena semua perbedaan terakumulasi sebagai identitas nasional.

4). Makna Warna

Terdapat berbagai macam warna di dalam lambang garuda pancasila. Seperti warna merah, hijau, hitam, putih dan kuning. Warna warna ini ternyata juga memiliki makna dan arti, yaitu :

  1. Warna putih memiliki arti suci murni yang identik dengan kebenaran dan azazi
  2. Warna hitam berarti keabadian yang bermakna eksistensi bangsa harus tetap ada
  3. Warna merah bermakna keberanian dalam memegang prinsip
  4. Warna hijau pertanda kemakmuran bangsa dan kesuburan wilayah
  5. Warna kuning adalah kejayaan, kemegahan yang berupa prestasi dan prestisius negara.

Itulah arti dan makna dari lambang garuda pancasila yang perlu anda ketahui dan perlu pula anda tanamkan di dalam hati sebagai rakyat Indonesia yang memegang prinsip patriotisme tinggi.

Baca Juga : Pengertian Birokrasi

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *