Pengertian Dan Anatomi Bagian Bagian Telinga

Diposting pada

Pengertian Dan Anatomi Bagian Bagian Telinga – Anatomi Bagian Lengkap Telinga – Telinga adalah saluran yang terbuka ke luar dan juga menyatu dengan tulang tengkorak.

Pengertian Dan Anatomi Bagian Bagian Telinga
Pengertian Dan Anatomi Bagian Bagian Telinga

Telinga pada manusia terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian:

Bagian Luar Telinga

Terdiri dari daun telinga, saluran telinga luar, dan gendang telinga (membran timpani).

Daun telinga terdiri dari tulang rawan dan memiliki bentuk yang khas untuk mendukung fungsinya.

Dinding saluran telinga bagian luar dapat menghasilkan minyak cerumen. Selain itu, saluran telinga luar yang dekat dengan lubang telinga dilengkapi dengan bulu-bulu halus yang membuat benda asing masuk. Fungsi telinga luar adalah untuk menangkap getaran suara.

Bagian Telinga Tengah

Adalah bagian dari rongga yang berisi udara untuk menjaga agar tekanan udara tetap seimbang.

Ruang telinga bagian tengah terhubung ke telinga luar melalui membran timpani. Ruang utama atau timpani bekerja.

Di dalam telinga tengah adalah Eustachian, yang merupakan saluran yang menghubungkan telinga tengah ke rongga mulut (rongga faring). Saluran Eustchius menjaga tekanan udara ke arah lain.

Bagian Telinga Bagian Dalam

terdiri dari bagian-bagian, yaitu teras (vestibulum), saluran melingkar (kanal semisirkularis), dan koklea (koklea).

Vestibulum adalah bagian tengah dan tempat di mana bagian-bagian lain bergabung.

Kanal Semisirkularis atau saluran koil terdiri dari tiga saluran setengah lingkaran. Di bagian ini ada reseptor keseimbangan. Ketiga saluran tersebut disusun menjadi satu unit dengan posisi yang berbeda

Setiap bagian utama dari telinga ini memiliki fungsi dan bagian tertentu. Sebagai contoh, telinga luar berguna untuk dapat menangkap gelombang suara, di telinga tengah adalah tempat gelombang suara diubah oleh tiga tulang pendengaran kecil menjadi getaran mekanis yang ditransmisikan ke cairan dari telinga bagian dalam, dan juga ke telinga bagian dalam yang berguna untuk menganalisa suara.

Anatomi Bagian Bagian Telinga

Anatomi luar telinga terdiri dari :

  1. Daun Telinga
  2. Saluran Telinga Luar
  3. Gendang Telinga (Membran Timpani)

Daun Telinga terdiri dari tulang rawan dan juga memiliki bentuk yang khas untuk dapat mendukung fungsinya.

Dinding saluran telinga bagian luar dapat menghasilkan minyak cerumen. Selain itu, di saluran telinga luar yang dekat dengan lubang telinga, itu dilengkapi dengan rambut halus yang berguna untuk menjaga benda asing masuk. Fungsi telinga luar adalah untuk menangkap getaran suara.

Anatomi telinga tengah adalah bagian dari rongga yang berisi udara untuk dapat mempertahankan tekanan udara agar seimbang.

Ruang telinga bagian tengah dikaitkan dengan telinga luar melalui membran timpani. Telinga tengah atau ruang timpani berputar di sekitar untuk melanjutkan getaran suara dari telinga luar ke telinga bagian dalam.

Di dalam telinga tengah adalah tabung Eustachio, saluran yang menghubungkan bagian tengah telinga ke rongga mulut (rongga faring).

Kehadiran Eustchius dapat menjaga tekanan udara telinga tengah konstan dengan tekanan di udara luar.

Jika tabung Eustachio terhalang oleh lendir, misalnya ketika menderita penjualan, tekanan udara di telinga tidak akan sama dengan tekanan di bagian luar telinga. Jika perbedaan tekanan cukup besar, membran timpani akan pecah.

Selain itu, juga perubahan tinggi badan, misalnya ketika naik pesawat terbang, akan sering menyakitkan karena tekanan udara yang tidak seimbang pada membran timpani.

di telinga tengah juga ada tiga tulang pendengaran, yaitu:

  1. Tulang Martil (Maleus)
  2. Tulang Landasan
  3. Tulang Sanggurdi

Dalam 3 (ketiga) tulang pendengaran ini membentuk sirkuit melintang. di bagian luar tulang palu bergabung dengan membran timpani dan juga di bagian dalam tulang sanggurdi yang disatukan dengan jendela oval.

Serangkaian tulang pendengaran ini berfungsi untuk dapat mengirim getaran suara dari gendang telinga di rongga telinga tengah ke jendela oval.

Anatomi telinga bagian dalam terdiri dari bagian yaitu :

  1. Serambi (Vestibulum).
  2. Saluran setengah lingkaran (Kanal Semirsikulus).
  3. Rumah Siput (koklea).

Vestibulum adalah bagian tengah dan juga di mana bagian-bagian lain bergabung.

Saluran setengah lingkaran atau saluran koil terdiri dari 3 (tiga) saluran semisirkular. di bagian ini ada reseptor keseimbangan. Ketiga saluran ini terdiri dari satu unit dengan posisi yang sangat berbeda. Setiap saluran mengandung endolimfe.

Ujung setiap saluran yang berbentuk menonjol disebut ampulla. Di dalam ampula ada reseptor keseimbangan dan ujung saraf yang berguna untuk melanjutkan rangsangan ke otak.

Baca Juga :

Jika alat ini tidak berfungsi dengan baik, keseimbangan di dalam tubuh akan terganggu. Koklea adalah tabung berbentuk spiral yang menyerupai rumah siput.

Di dalam koklea berisi organ-organ kortikal. Organ kortikal ini adalah alat bantu dengar.

Di dalam koklea ada juga cairan getah bening yang disebut endolymph, sedangkan yang di luar koklea disebut perilymph.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *