Pengertian dan Definisi Kewirausahaan

Pengertian dan Definisi Kewirausahaan – Ketika Anda sudah hendak memasuki dunia kerja, Anda mungkin bertanya-tanya ingin lanjut bekerja di kantor atau berwirausaha.

Pengertian dan Definisi Kewirausahaan

Pengertian dan Definisi Kewirausahaan

Pemerintah Indonesia mendukung masyarakat terutama kaum muda untuk berwirausaha. Harapannya, akan tercipta lapangan pekerjaan baru yang dapat memenuhi kebutuhan ekonomi para tenaga kerja yang masih menganggur.

Meskipun begitu, berwirausaha bukanlah hal yang mudah, diperlukan modal yang tidak kecil dan kemampuan bisnis yang mumpuni untuk memperoleh hasil yang memuaskan. Lalu, apa pengertian dan definisi dari kewirausahaan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Kewirausahaan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wirausaha sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur pemodalam operasinya. Sementara itu, kewiraswastaan merupakan perihal wiraswasta.

Seorang wirausaha harus memiliki karakter percaya diri, berani mengambil risiko, berorientasi pada hasil, memiliki jiwa kepemimpinan, kreatif, inovatif, menciptakan ide yang orisinil, berorientasi dalam jangka waktu yang panjang, serta memiliki sifat yang rajin dan jujur.

Tidak semua orang bisa menjadi wirausaha. Banyak orang mengalami kegagalan ketika membuat sebuah usaha karena tidak memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai manajerial, tidak adanya komitmen dalam menjalankan usaha, dan faktor-faktor lainnya.

Baca Juga :

Definsi Kewirausahaan

Beberapa ahli berusaha mendefinsikan kewirausahaan. Beberapa pendapat mereka adalah sebagai berikut.

  • Soeharto Prawiro

Ahli yang berasal dari Indonesia ini mengungkapkan bahwa kewirausahaan merupakan nilai yang diperlukan untuk memulai suatu bisnis.

  • Acmad Sanusi

Sanusi menjelaskan bahwa kewirausahaan merupakan nilai yang diciptakan dalam berbagai perilaku dasar di dunia bisnis.

  • Arif Hadipranata

Ahli yang berasal dari Indonesia ini mendefinsikan kewirausahaan sebagai orang-orang yang berani untuk mengambil risiko untuk mengatur segala urusan dari sebuah usaha, yang kemudian akan menerima manfaat finansial maupun non-finansial.

  • Richard Cantilon

Ahli yang satu ini mengungkapkan bahwa kewirausahaan merupakan suatu pekerjaan wirausaha, yang mana pengusaha membeli barang dengan harga tertentu, lalu menjualnya dengan harga yang berbeda di masa yang akan datang. Harga jual tersebut tidak dapat diperkirakan secara pasti, tergantung pada permintaan pasar dan kompetitor.

  • Penrose

Penrose mengungkapkan bahwa kewirausahaan merupakan sebuah peluang yang ada dalam suatu sistem ekonomi.

  • Thomas w. Zimmerer

Zimmerer memiliki pendapat lain mengenai kewirausahaan. Ia mengungkapkan bahwa kewirausahaan merupakan proses inovasi aplikasi maupun kreativitas untuk memecahkan masalah yang ada, serta memanfaatkan peluang yang tersedia dalam kehidupan sehari-hari.

  • Robbin & Coulter

Dua ahli ini mengungkapkan bahwa kewirausahaan adalah proses yang terjadi ketika individu dan kelompok tertentu melaksanakan kegiatan yang terorganisir dengan menggunakan peluang yang tersediia utnuk memperoleh nilai tumbuh yang dapat memenuhi kebutuhan umat manusia.

  • Jean Baptista Say

Jean memiliki pendapat lain mengenai kewirausahaan. Ia mengungkapkan bahwa seseorang yang melakukan usaha wirausaha adalah agen yang mampu menggabungkan berbagai alat produksi dan memperoleh nilai produk dari usaha tersebut.

  • B Say

Ahli ini mengungkapkan bahwa kewirausahaan dilakukan oleh orang yang mampu mengelola sumber daya, serta meningkatkan produktivitas ekonomi di suatu daerah.

  • Raymond

Raymond mengungkapkan bahwa kewirausahaan adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalama berinovasi dan memanfaatkan kreativitas yang dimiliknya untuk menciptakan kesejahteraan di masyarakat.

  • Peter F. Drucker

Ahli ini mengungkapkan bahwa kewirausahaan adalah sebuah kemampuan untuk menciptakan suatu hal yang baru dan berbeda.

  • Kathleen

Kethleen mengungkapkan bahwa wirausaha atau pengusaha adalah orang-orang yang menjalankan dan mengatur segala hal yang berkaitan dengan keberlangsungan dunia bisnis, serta berani menganggung risiko atas tenggung jawab tersebut.

  • Kasmir

Sementara itu, ahli yang satu ini mengungkapkan bahwa seseorang yang melakukan wirausaha adalah mereka yang memiliki jiwa pemberani untuk mengambil risiko dalam memulai bisnis dengan memanfaatkan berbagai kesempatan yang ada.

  • Frank Knight

Knight menjelaskan bahwa seorang wirausaha bertugas untuk memecahkan masalah yang ada di pasar dengan memprediksi kondisi pasar. Selanjutnya, ia memanfaatkan kemampuan manajerial yang dimilikinya untuk memastikan keberjalanan sebuah bisnis.

  • Harvey Leibenstein

Leibenstein menyatakan bahwa kewirausahaan merupakan segala hal yang harus dilaksanakan dan dijalankan unuk memastikan berjalannya sebuah persuahaan ketika belum ada pasar yang jelas, serta sistem produksi yang masih belum terorganisir secara sempurna.

  • Joseph Schumpeter

Joseph memiliki definisi berbeda mengenai wirausaha. Ia menyatakan bahwa kewirausahaan merupakan orang-orang yang diberikan kesempatan untuk mencimptakan sebuah organisasi yang bertujuan untuk menciptakan kesempatan serupa bagi orang lain.

  • Stein dan Jhon Burgess

Dua ahli ini percaya bahwa kewirausahaan merupakan orang-orang yang berani mengambil risiko untuk menciptakan bisnis yang baru.

Itu dia pengertian dan definisi kewirausahaan. Bagaimana, apakah sekarang Anda sudah lebih memahami mengenai kewirausahaan?

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..