Pengertian dan Jenis Angket

Pengertian dan Jenis Angket – Dalam mengumpulkan pendapat untuk mendapatkan suatu kesimpulan dapat dilakukan dengan melalui musyawarah apabila musyawarah belum mendapatkan hasil yang diharapkan maka menggunakan polling atau pemungutan suara.

Pengertian dan Jenis Angket

Pengertian dan Jenis Angket

Namun cara lain yang dapat dilakukan selain dengan musyawarah dan pemungutan suara yaitu dengan membuat angket.

Angket atau yang biasa disebut juga dengan kuisoner sering digunakan untuk pengumpulan data.

Pengertian Angket

Angket adalah suatu alat pengumpul data yang berupa serangkaian pertanyaan yang diajukan pada responden untuk mendapatkan jawaban tertulis.

Angket merupakan kumpulan pertanyaan-pertanyaan yang tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi yang lengkap mengenai suatu masalah.

Meskipun angket berisi dari sejumlah pertanyaan namun berbeda dengan soal, soal harus diisi dengan benar sedangkan angket biasanya hanya diisi iya atau tidak, setuju atau tidak setuju.

Jadi tidak ada jawaban yang salah yang dibserikan oleh responden saat mengisi angket.

Angket selain disebut sebagai kuisoner biasa juga disebut sebagai wawancara tertulis karena di dalamnya berisi pertanyaan-pertnayaan namun perbedaannya adalah cara menjawabnya dengan dituliskan di dalam lembar jawaban yang telah disediakan.

Angket bisa diberikan langsung ataupun tidak langsung kepada responden. Angket yang diberikan langsung seperti angket yang disodorkan langsung untuk diisi oleh responden yang mana kita melihat sendiri saat responden mengisi angket tersebut.

Sedangkan angket yang diberikan secara tidak langsung seperti angket yang di posting di sebuah situs untuk diisi oleh responden tanpa kita melihat responden itu sendiri yang mengisi angketnya.

Baca Juga :

Jenis-Jenis Angket 

Angket terdiri dari beberapa jenis yang memiliki perbedaan di masing-masing jenis angket. Angket dibagi menjadi 5 (lima) jenis antara lain:

  • Angket Tertutup

Angket tertutup atau yang biasa dibeut angket terstruktur adalah angket yang disajikan dalam bentuk yang telah disusun rapih untuk diberikan responden dan responden menjawab dengan cara memilih satu jawaban yang paling sesuai dengan karakteristik dirinya dengan memberi tanda silang atau checklist pada jawaban pilihannya.

Karena jawaban sudah ditentukan oleh peneliti sehingga responden hanya memilih dari jawaban yang telah disajikan maka tertutuplah kesempatan bagi responden untuk menggunakan pendapatnya untuk menjawab pertanyaan yang menurut responden tidak ada di dalam jawaban yang diberikan oleh peneliti.

  • Angket Terbuka

Angket terbuka adalah angket yang dibuat oleh peneliti dengan tidak memberikan pilihan jawaban di dalamnya sehingga responden diminta untuk memberikan pendapatnya untuk menjawab sejumlah pertanyaan diberikan oleh peneliti sesuai dengan keinginan responden itu sendiri.

Tidak ada batasan yang diberikan oleh peneliti untuk menjawab pertanyaan pertanyaan di dalam angket terbuka, reponden bebas menjawab pertanyaan tersebut.

  • Kombinasi Antara Angket Terbuka dan Angket Tertutup

Angket ini merupakan perpaduan antara angket yang bersifat terbuka dengan angket yang bersifat tertutup dimana dalam daftar pertanyaan selain memberikan pilihan jawaban peneliti juga memberi kebebasan untuk responden menjawab pertanyaan – pertanyaan di dalam angket dengan pendapatknya sendiri.

Jawaban tersebut merupakan jawaban tambahan untuk pendukung dari jawaban yang dipilih dari jawaban yang telah disediakan. Jawaban tambahan di angket terbuka bisa juga menjadi alasan dari jawaban yang dipilih peneliti di angket tertutup.

  • Angket Langsung

Angket langsung adalah angket yang berisi pertanyaan yang berhubungan langsung dengan responden seperti profil diri responden dimana hanya responden yang bersangkutan yang tau jawaban dari pertanyaan yang diajukan di dalam angket langsung.

  • Angket Tidak Langsung

Angket tidak langsung adalah angket yang berisi daftar pertanyaan tentang orang lain dan diisi oleh responden yang mengetahui tentang orang tersebut. Angket tidak langsung dapat dikatakan juga sebagai sebuah penilaianterhadap orang lain.

Kehadiran angket sangat membantu para peneliti untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang sedang diteliti.

Angket sendiri memiliki keuntungan dan kelemahan dalam pelaksanaannya seperti:

1). Keuntungan Angket

  • Dapat dibagikan secara luas dan mudah melalui media apa saja tidak harus melalui   tatap muka dengan responden.
  • Pertanyaan yang dibuat secara sederhana dan mudah dicerna responden akan membuat responden menjawab dengan waktu yang cepat dan singkat
  • Dapat dibuat tanpa nama sehingga responden beba, jujur, dan tidak malu-malu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan
  • Dengan angket memudahkan penelitian untuk mengolah data penelitian
  • Dapat menjangkau responden dalam jumlah besar

2). Kelemahan Angket

  • Responden yang tidak teliti akan melewati pertanyaan yang diberikan peneliti
  • Terkadang ada beberapa responden yang tidak mengembalikan angket yang diberikan
  • Waktu pengembaliannya tidak bersama-sama sehingga peneliti membutuhkan waktu lama untuk menunggu reponden mengembalikan angket
  • Jawaban responden terkadang seadanya dan bahkan diragukan ke validannya
  • Jawaban angket yang sudah diarahkan oleh Peneliti membuat repsonden tidak dapat menjawab dengan sesuka hati

Dengan pembuatan angket dapat membantu jalannya peneliti dalam melakukan penelitian. Informasi yang didapatkan dari angket bisa menjadi data yang dapat diolah oleh peneliti.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *