Pengertian dan Sifat-sifat Gen

Pengertian dan Sifat-sifat Gen – Pernah dengar istilah gen? Bagaimanan sifat dan fungsinya? Gen merupakan salah satu materi cabang ilmu biologi yang pernah kita pelajari di sekolah. Untuk mengingatnya kembali, simak penjelasan tentang gen berikut.

Pengertian dan Sifat-sifat Gen

Pengertian dan Sifat-sifat Gen

Pengertian Gen

Gen merupakan bagian dari kromosom yang mengontrol dan mengendalikan ciri – ciri genetis dari makhluk hidup. Gen disebut juga salah satu subtansi kimia atau DNA dalam suatu kromosom dengan segala bentuk informasi kehidupan didalamnya.

Baca Juga :

Gen selalu diturunkan kepada suatu individu dari generasi ke generasi melalui proses reproduksi. Sehingga informasi tentang bentuk atau fungsi dari kehidupan suatu makhluk hidup tetap terjaga dengan utuh dan terpelihara melalui gen.

Secara kimia, seperti yang diketahui didalam makhluk hidup terdapat nucleus atau inti sel yang memiliki sejumlah kromosom. Disebutkan bahwa kromosom berfungsi membawa sifat genetik individu, namun salah satu substansi penyusun kromosomlah yang sebenarnya membawa fungsi tersebut.

Kromosom terdiri atas nucleoprotein yang merupakan persenyawaan antara asam nukleat dengan protein. Yang membawa sifat genetik ini merupakan asam nukleat.

Asam nukleat terdiri dari DNA dan RNA. Pada bagian rantai DNA yang membawa kode suatu polipeptida dari proses transkripsi dan translasi inilah yang disebut gen.

Gen pertama kali dikenal dan dikemukan oleh W. Johanssen tahun 1909 sebagai salah satu unit dari bahan genetis. Kemudian pengertiannya berkembang, dimana gen merupakan materi yang mengandung berbagai satuan informasi genetic untuk mengatur sifat – sifat yang menurun yang terdapat dalam lokus suatu kromosom (Thomas Hunt Morgan).

Gen berperan dalam mengatur tidak hanya karakter fisik, namun juga psikis dari makhluk hidup. Adapun karakter fisiknya mencakup morfologi, fisiologi, dan bahkan anatomi tubuh.

Sedangkan contoh psikis bisa mencakup sifat dan karakter makhluk hidup seperti pemarah, pendiam, pemalu, dll. Sehingga bisa dikatakan bahwa perbedaan fisik dan psikis pada masing – masing individu disebabkan oleh faktor genetik nya yang memang berbeda.

Adapun didalam kromosom homolog, gen bisa memiliki pasangan dalam satu lokus, yang kemudian masing – masing gen yang berpasangan tersebut disebut Alel.

Alel inilah yang menentukan sifat dan ciri – ciri suatu individu sama atau berbeda dengan orang tuanya, dilihat dari sifat tangkainya yang bisa panjang ataupun pendek.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa gen adalah substansi genetik terkecil dari DNA yang akan menentukan sifat dan karakter suatu individu terutama melalui pembentukan polipeptida.

Sehingga bisa disebutkan gen inilah yang mengontrol sifat individu. Bahkan dewasa ini banyak yang mengatakan ketika seseorang memiliki sifat yang baik dan sempurna, maka orang itu memiliki gen yang baik pula.

Macam – Macam Istilah Gen

Dalam mengenal gen, ternyata terdapat beberapa macam istilah yang berkaitan dengan gen yang perlu diketahui, yaitu:

  • Gen Dominan

Merupakan gen yang menutupi sifat gen lainnya, sehingga sifat yang dibawa oleh gen ini akan langsung terekspresikan kepada keturunannya.

  • Gen Resesif

Disebut juga sebagai gen yang ditutupi oleh gen lain, dalam hal ini yaitu gen dominan. Sehingga sifatnya sangat mungkin tidak terekspresikan ke keturunannya.

  • Gen Heterozigot

Merupakan perpaduan dua gen yang berasal dari sel sperma (dengan kode genotype A) dan sel telur (a).

  • Gen Homozigot

Gen homozigot terbagi menjadi gen homozigot dominan dan gen homozigot resesif. Homozigot dominan merupakan perpaduan dua sel sperma dan sel telur dominan dengan genotype AA. Sedangkan homozigot resesif merupakan perpaduan dua sel kelamin resesif dengan genotype aa.

Adapun Genotype merupakan kode – kode gen yang membawa sifat – sifat dan karakter individu ke keturunannya. Dilambangkan dengan kode AA (heterozigot dominan), Aa (heterozigot biasa), dan aa (heterozigot resesif).

Sifat – Sifat Gen

Sebagai substansi hereditas yang penting pada suatu kromosom, gen memiliki beberapa sifat, diantaranya:

  • Gen memiliki informasi genetik makhluk hidup
  • Masing – masing gen yang terdapat dalam kromosom memiliki fungsi yang berbeda
  • Jika makhluk hidup tersebut mengalami pembelahan mitosis ataupun meiosis, gen juga bisa melakukan duplikasi
  • Cara kerja gen ditentukan oleh susunan basa nitrogen pada DNA
  • Merupakan zarah di dalam kromosom

Fungsi Gen

Adapun fungsi dari adanya gen pada suatu individu, diantaranya:

  • Merupakan pemberi informasi genetik pada individu yang diwariskan dari generasi ke generasi
  • Gen merupakan substansi yang dapat menentukan sifat – sifat yang dibawa oleh keturunannya, seperti bentuk tubuh, warna kulit, warna rambut, dll.
  • Gen memiliki fungsi dapat mengatur pertumbuhan dan metabolisme tubuh. Sehingga tak heran di bidang bioteknlogi dan kedokteran, gen banyak dimanfaatkan untuk menyempurnakan sifat suatu makhluk hidup, dan menyembuhkan penyakit.
  • Gen memiliki andil dalam mengatur dan mengendalikan kerja hormon pada tubuh dan juga pembentukan enzim yang sangat penting untuk menjalankan segala proses kimia dan organ didalam tubuh.
Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..