Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Kekurangan dan Kelebihan Edmodo

Pengertian Edmodo : Kekurangan dan Kelebihan Edmodo – Benarkah media sosial adalah penyebab kerusakan mental masyarakat bahkan pemuda?

Pengertian, Kekurangan dan Kelebihan Edmodo

Pengertian, Kekurangan dan Kelebihan Edmodo

Jawabannya bisa ia bisa tidak. Yang jelas untuk bisa menjawabnya, kita harus tahu dulu content apa saja yang ada di medsos tersebut.

Baca Juga : Pengertian Internet

Jika contentnya negatif, tentu efek yang dihadirkan adalah efek yang tidak baik. Maka dari itu, “ pintarlah berinteraksi dengan medsos “.

Kini, kami perkenalkan sebuah aplikasi media sosial yang bisa dicoba. Aplikasi ini berplatform ISO yang bisa diunggah untuk smartphone “ android “dan windows. Keunggulan dari aplikasi bernama Edmudo ini adalah satu media yang memberi kesempatan anda berinteraksi secara sopan dan beretika terutama bagi para kalangan pendidik.

Dijamin dengan aplikasi ini, anda tidak akan menemukan content content negatif karena aturan banned nya sangat ketat.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami jabarkan tentang aplikasi media sosial “ Edmudo “ yang kami sentil dari segi kelebihan dan kekurangannya. Terutama untuk anda para pendidik karena medsos ini memang dibuat sebagai penyeranta canggih tentang pendidikan.

PENGERTIAN EDMUDO

Edmudo adalah aplikasi media sosial khusus untuk pendidikan. Di dalam aplikasi ini sudah disediakan berbagai macam fitur canggih yang bisa di manfaatkan oleh guru dalam rangka berinteraksi atau berkomunikasi dengan para siswanya.

Aplikasi ini lebih energik dengan tersedianya fitur Download yang memudahkan para siswa untuk mengunduh aplikasi materi ajar, kisi kisi soal hingga nilai ulangan.

Selain itu, anda akan menemukan media ini sebagai platform dengan tampilan interface unik sekaliber Facebook dan Twiter. Jadi ketika anda bekerja dengan Edmudo, anda tidak akan mudah bosan dan jenuh.

Jika anda tidak memiliki kesempatan untuk membangun diskusi dengan siswa di sekolah, maka anda bisa mengajak mereka hanya dengan sekali klik. Yaitu mengklik tombol diskusi maka semua siswa yang online bisa ikut nimbrung disana sesuai kelas mereka.

Selain itu, pada media sosial ini, anda harus memasukkan profil secara nyata sekalipun tidak diberi kesempatan untuk mengajak teman guru lain untuk melakukan register disana dan menjadi anggota baru bagi grup anda.

Walaupun begitu, menurut kami, daripada anda kelayapan di FB atau twitter yang lebih liberal bahkan radikal, aplikasi ini lebih layak untuk dicoba.

LATAR BELAKANG LAHIRNYA EDMUDO

Salah satu penyebab dibuatnya aplikasi ini adalah untuk mempermudah aktivitas belajar mengajar dengan cara memaksimalkan perangkat teknologi internet.

Memang aplikasi ini tidak bisa menggantikan mekanisme belajar classical yang konvensional. Tetapi demi menjaga siswa tetap aktif terutama saat di rumah, aplikasi ini memang layak untuk dijadikan acuan.

Latar belakang yang kedua adalah merosotnya mental siswa yang diakibatkan oleh tontonan internet yang negatif. Bahkan terjadinya tawuran, narkoba, pemukulan guru juga disebabkan oleh fenomena siswa banyak memilih media sosial yang salah.

Aplikasi Edmudo juga membantu para guru untuk menciptakan realitas pembelajaran yang tepat dan mengena. Apalagi di jaman ini ketika para guru masih banyak yang kurang mengetahui bahkan tidak menguasai media sosial yang seharusnya bisa dijadikan pembantunya dalam mengajar.

KELEBIHAN APLIKASI EDMUDO

Kami merekomendasikan para guru untuk mendaftar di aplikasi berbasis media sosial Edmudo. Karena menurut kami, aplikasi ini memiliki banyak kelebihan terutama bagi tugas anda sebagai pendidik secara khusus dan bagi pertumbuhan pendidikan Indonesia secara umum.

Ini dia kelebihan kelebihan tersebut yaitu:

  1. Bisa dijadikan tes online dan sarana penyampai informasi yang efektif
  2. Memberi kesempatan siswa untuk menulis content positif di media
  3. Sebagai sarana berdiskusi ilmiah, serius tapi santai
  4. Sebagai sarana komunikasi aksidental atau dadakan dengan siswa pada waktu yang sempit sekalipun sedang libur sekolah.
  5. Ajang memonitor kreativitas siswa terutama dalam hal penguasaan IT

KEKURANGAN APLIKASI EDMUDO

Sebagai aplikasi buatan manusia, tentu selain memiliki kelebihan, Edmudo juga memiliki kelemahan. Berikut ini kami list kelemahan aplikasi edmudo yaitu :

  1. Tidak ada fitur pesan pribadi seperti inbok seperti pada FB
  2. Tidak ada menu Chatting seperti platform medsos yang lain
  3. Interface hanya bisa satu dekstop atau tidak bisa membuka jendela lain yang bisa dilihat oleh peserta.
  4. Jika jaringan internet sedang drop, loading pada web dan laman menjadi ikut terganggu
  5. Edmudo merupakan media sosial berbasis pendidikan informal
  6. Profil siswa disesuaikan dengan kelas sehingga mereka tidak bisa memasuki diskusi kelas lain
  7. Platform masih dalam proses pengembangan
  8. Tidak menyediakan fitur foto album dan tagging antar pengguna

Nah, silahkan anda cermati kedua efek aplikasi media sosial Edmudo, Setelah itu silahkan ditentukan apakah anda ingin menggunakannya atau tidak.

Itulah penjelasan tentang aplikasi media sosial Edmudo yang saat ini mulai menjadi perbincangan.

Semoga hadirnya aplikasi ini bisa ikut meningkatkan kecerdasan siswa sekaligus menjadi partisipasi para guru di dalam merealisasikan pendidikan berbasis karakter dan moralitas tanpa menghilangkan pentingnya transfer ilmu pengetahuan sebagai poin pendidikan yang juga penting dan mendesak.

Baca Juga : Cara Membuat Social Signal

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018