Pengertian, Fungsi dan Manfaat Pajak

Diposting pada

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Pajak – Pernah mendengar slogan jadilah warga negara yang baik dengan membayar pajak tepat waktu? Atau kata kata pajak bumi bangunan, pajak listrik dan lain lain?

Memang sebagian besar masyarakat adalah pembayar pajak yang taat. Akan tetapi sangat sedikit dari mereka yang mengetahui apa arti dari pajak itu sendiri.

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Pajak
Pengertian, Fungsi dan Manfaat Pajak

Nah, maka dari itu, pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan tentang pajak, yang sengaja kami korek secara rinci dimulai dari pengertian ( definisi ), fungsi dan juga manfaatnya.

Semoga artikel ini bisa mencerahkan pemikiran yang selalu beranggapan pajak adalah kewajiban yang kurang merakyat. Baca Juga : Pengertian, Manfaat, Dan Bidang-Bidang Akuntansi

Pengertian Pajak

Pajak adalah pungutan atau iuran yang dibayarkan oleh masyarakat terhadap pemerintah atau negara yang nantinya pajak iuran wajib tersebut akan difungsikan kembali oleh negara demi kepentingan pemerintah dan masyarakat itu sendiri.

Biasanya pajak yang dibayarkan kepada pemerintah akan dikelola, yang selanjutnya akan digunakan untuk kepentingan masyarakat umum seperti untuk  membangun jalan raya, rumah sakit, sekolah, pasar, tempat ibadah dan lain lain.

Pajak merupakan iuran wajib, mengikat dan memaksa. Bahkan jika ada warga negara yang menunggak, sangsi hukum bisa ia terima. Hal ini dikarenakan, pajak merupakan objek vital yang menjadi pemasukan paling utama sebuah negara.

Dengan pajak inilah negara bisa membangun infrastruktur yang manfaatnya juga kembali kepada si pembayar pajak.

Fungsi Pajak

Mungkin kita  cukup miris seandainya ada orang yang berargumen kalau pajak itu tidak penting sehingga harus ditiadakan.

Mungkin orang ini tidak mengetahui kalau pajak memiliki fungsi logis dan baik apalagi untuk pembangunan bangsa dan negara.

Ada 4 fungsi pajak yang saling berkaitan satu sama lain yang kesemuanya diperlukan demi satu tujuan yaitu kelanggengan bahkan kedaulatan suatu negara yang beradap, yaitu :

  1. Fungsi Anggaran

Jika ingin negara berkembang dan maju, terlebih dahulu rakyatnya harus dimanja dengan pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, spiritual yang baik pula.

Maka dari itu, negara membutuhkan sarana pendidikan, sarana ibadah hingga infrastruktur yang bertujuan untuk melanggengkan cita cita luhur diatas.

Nah, dengan adanya pajak, pemerintah akan lebih mudah untuk menyiapkan sarana sarana tersebut. Inilah yang dimaksud fungsi pajak sebagai anggaran.

  1. Fungsi Pengaturan

Dengan adanya pajak, pemerintah bisa mengatur kebijakan perekonomian di lingkungannya.

Salah satu contohnya adalah pemerintah menentukan warga negara atau lembaga yang manakah yang layak membayar pajak dengan jumlah cukup besar atau yang lebih kecil.

Selain itu, dengan adanya pajak, pemerintah juga bisa mengatur anggaran sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi dan keinginan terkini.

  1. Fungsi Stabilitas

Secara kasarnya, fungsi stabilitas dari pajak adalah pajak digunakan untuk mengamankan situasi moneter atau keuangan negara.

Salah satu contohnya adalah pajak digunakan sebagai penolong ketika mata uang rupiah mengalami penurunan atas dollar.

Nah, tehniknya adalah pemerintah mengeluarkan kebijakan bahwa semua besaran pajak yang dibayarkan oleh perusahaan atau lembaga lembaga jumlahnya diperbesar. Sehingga rupiah kembali menguat.

  1. Fungsi Pendapatan

Fungsi pajak yang keempat ini sesuai dengan slogan simbiosisme mutualisme, Yaitu saling menguntungkan.

Biasanya pajak yang dibayarkan oleh warga negara akan digunakan oleh pemerintah untuk membangun pabrik dll demi tujuan membuka lapangan kerja.

Nah, tentunya, jika kita membayar pajak lalu adik kita diterima di sebuah kantor yang pembangunannya diambil dari pajak yang kita bayarkan, tentu ini sebuah peristiwa simbiosisme mutualisme yang sangat luar biasa bukan?

Manfaat Pajak

Saran kami, bayarlah pajak tepat waktu karena nantinya pajak tersebut akan digunakan untuk kepentingan masyarakat umum.

Itu artinya, dengan kita membayar pajak, kita juga ikut andil tidak saja menjaga daulat negara, perkembangan negara tetapi juga membantu saudara saudara kita mendapatkan akses mudah dalam setiap aktivitas kehidupannya.

Nah, agar anda semakin rajin membayar pajak, maka berikut ini akan kami list manfaat pajak yang bisa anda telaah sendiri sebagai bahan renungan.

  1. Fasilitas umum dan infrastruktur tersedia dengan baik, tepat dan cepat
  2. Pertahanan dan keamanan negara menjadi lebih kuat dan canggih
  3. Ketahanan pangan dan stok bahan bakar minyak lebih terjaga dan berdaya tahan
  4. Lingkungan hidup menjadi lestari yang diikuti penguatan budaya dan kebudayaan
  5. Perkembangan alat transportasi semakin canggih disesuaikan dengan kondisi pergerakan manusianya yang semakin cepat di jaman modern.
  6. Terbukanya lapangan kerja yang baru yang artinya kemiskinan dan pengangguran bisa ditekan.
  7. Menjaga negara tetap stabil, aman, bermartabat dan merdeka

Itulah pengertian, fungsi dan manfaat pajak. Sungguh, pajak adalah kewajiban pembiayaan yang harus anda bayarkan setiap saat.

Dan menjadi wajar, kalau pembayaran pajak diikuti dengan aturan aturan memaksa.

Tujuannya hanya satu yaitu tetap mempertahankan berdirinya sebuah negara yang list rincinya sudah kami jelaskan pada poin manfaat pajak.

Baca Juga : Pengertian, Tujuan, dan Asas Perlindungan Konsumen

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *