Pengertian, Tugas dan Fungsi HRD

Pengertian HRD : Tugas dan Fungsi HRD – Mungkin anda sudah sering mendengar istilah HRD atau yang merupakan singkatan dari Human Resource Development.

Pengertian, Tugas dan Fungsi HRD

Pengertian, Tugas dan Fungsi HRD

Anda akan mengira bahwa tugas HRD adalah hanya sebagai pintu untuk menerima atau menolak para pelamar yang melamar pekerjaan di perusahaan.

Baca Juga : Pengertian Sistem

Padahal HRD sendiri biasanya lebih berfokus pada bagaimana perkembangan sumber daya manusia yang ada pada perusahaan tersebut memiliki kinerja yang semakin lama semakin baik yang tentu saja akan memberikan dampak positif terhada kemajuan perusahaan.

Kali ini kami akan memberikan penjelasan yang lebih lengkap mengenai pengertian, tugas dan fungsi HRD agar anda bisa mengetahui bahwasanya HRD bukanlah sebuah jabatan yang mudah yang hanya bertugas untuk menerima atau menolak calon karyawan yang melamar pekerjaan.

Pengertian HRD

Secara umum, HRD bisa diartikan sebagai sebuah jabatan yang berhubungan dengan sumber daya manusia pada perusahan yang berfokus tentang bagaimana cara meningkatkan kinerja para karyawan demi kemajuan perusahaan.

HRD merupakan sebuah jabatan yang masih berada pada naungan perusahaan yang memang memiliki peran penting di dalam peningkatkan sumber daya manusia.

Oleh sebab itulah, biasanya HRD akan menyusun sebuah rancangan yang disebut dengan perencanaan SDM, rekrutmen, seleksi, sampai dengan pengembangan atau yang mungkin dikenal dengan istilah pelatihan.

Sementara definisi lain dari HRD adalah merupakan sebuah jabatan yang bertugas untuk mengurus berbagai permasalahan yang terjadi pada lingkungan kerja yang meliputi karyawan, buruh, pegawai, manajer, maupun pekerja lainya yang bekerja pada perusahaan tersebut.

Selain itu, masih ada definisi lainnya dari HRD atau yang juga disebut dengan Manajemen Sumber Daya Manusia bahwasanya ia merupakan sebuah prosedur berkelanjutan dan berkesinambungan yang bertugas untuk memasok orang-orang tepat agar supaya bekerja pada perusahaan tersebut sehingga mampu membantu meningkatkan keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan.

Tugas HRD

Sementara untuk tugas dari HRD sebenarnya masih dibagi kedalam beberapa tahapan yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  1. Persiapan

Pada tahap ini, ada dua hal penting yang harus anda perhatikan yakni mengenai faktor internal dan juga faktor eksternal. Faktor internal berhubungan dengan berapa jumlah karyawan baru yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Dan untuk faktor eksternal berhubungan dengan segala persiapan yang berhubungan dengan hukum ketenagakerjaan atau juga pangsa kondisi tenaga kerja, dan lain sebagainya.

  1. Rekrutmen

Tahap kedua dari tugas HRD adaah mengenai rekrutmen tenaga kerja. Proses rekrumen di sini merupakan sebuah langkah yang dilakukan untuk mencari calon karyawan atau pekerja yang tepat sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh perusahaan dan juga untuk mencari orang yang tepat untuk menduduki sebuah jabatan pada perusahaan.

Pada tahap rekrutmen, HRD akan melakukan analisis mengenai posisi yang ada untuk ditawarkan pada para calon karyawan dengan cara membuat sebuah deksripsi kerja atau yang juga disebut dengan Job Description. (Baca Juga : Pengertian Analisis)

  1. Seleksi

Setelah melalui tahap rekrutmen, maka HRD akan menyiapkan tahapan selanjutnya yakni sebuah tahapan seleksi yang bertujuan agar supaya perusahaan benar-benar bisa menemukan orang yang tepat untuk bekerja di sana dan mampu memberikan dedikasi yang tinggi demi kemajuan perusahaan.

Biasanya HRD akan melihat CV para calon karyawan, barulah kemudian akan dilakukan sebuah tes wawancara untuk mengetahui apakah orang tersebut benar-benar sudah tepat dan layak menjadi bagian dari perusahaan.

Tentu saja pada tahap ini, HRD sudah menyiapkan beberapa pertanyaan yang akan ia tanyakan pada calon karyawan tersebut dengan memiliki beberapa jawaban dan pertimbangan.

  1. Pengembangan

Pengembangan juga termasuk salah satu tugas dari HRD dimana ia yang bertanggung jawab untuk menyiapkan para karyawan yang akan dilakukan pengembangan atau pelatihan demi meningkatkan kinejra dari karyawan tersebut.

Selain itu, pengembangan yang dilakukan juga berupaya untuk membuat karyawan tersebut semakin mahir dalam bidang yang dipercayakan oleh perusahaan agar supaya ia bisa memberikan kinerja yang lebih baik lagi demi kemajuan perusahaan.

Fungsi HRD

Apa saja fungsi HRD? Perlu anda tahu bahwasanya fungsi HRD sendiri dibagi menjadi dua bagian, yakni fungsi internal dan fungsi ekternal. Bagi anda yang ingin tahu apa saja fungsi HRD, maka silahkan anda simak baik-baik penjelasan dari kami.

  • Internal: Fungsi internal di sini adalah HRD bertugas sebagai seorang pelatih pada karyawan yang ada di perusahaan. Dengan kata lain, HRD nantinya akan bekerja dengan prosedur yang sudah ditetapkan mengenai bagaimana dan apa yang harus ia lakukan agar memiliki karyawan yang memiliki dedikasi yang tinggi serta mampu meningkatkan kinerjanya.
  • Eksternal: Untuk fungsi HRD secara eksternal di sini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan guru BK yang ada di sekolah, yakni sebagai konsultan untuk membantu dan mencari solusi mengenai berbagai masalah yang terjadi diantara para karyawan.

Baca Juga : Pengertian Kepemimpinan

Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *