Pengertian Kecepatan Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Kecepatan – Kecepatan adalah komponen fisik yang sangat mendasar, sehingga kecepatan merupakan faktor penentu di dalam cabang olahraga, seperti nomor lari jarak pendek, berenang, olahraga bela diri, dan olah raga permainan.

Pengertian Kecepatan Menurut Para Ahli
Pengertian Kecepatan Menurut Para Ahli

Kecepatan yaitu kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan sejenis secara berturut-turut dalam waktu yang sesingkat-singkatnya atau kemampuan untuk menempuh suatu jarak yang sesingkat-singkatnya.

Kecepatan merupakan salah satu unsur yang sangat diperlukan untuk mencapai suatu prestasi atau hasil optimal dalam berolahraga.

Kecepatan sangat diperlukan untuk segera memindahkan tubuh atau menggerakkan anggota tubuh dari satu posisi ke posisi lainnya.

Pengertian Kecepatan menurut Para Ahli

Menurut Treadwell (1991) yang dikutip oleh Saifudin (1999: 1 – 11), kecepatan tidak hanya melibatkan seluruh kecepatan tubuh, namun melibatkan waktu reaksi yang dilakukan oleh seorang pemain terhadap suatu stimulus.

Kemampuan ini akan mengakibatkan jarak menjadi lebih pendek untuk memindahkan tubuh.

Kecepatan tidak hanya berarti menggerakkan seluruh tubuh dengan cepat, namun juga menggerakkan anggota butuh yang lain dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Dalam lari sprint, kecepatan lari juga ditentukan oleh gerakan berturut-turut dari kaki yang dilakukan dengan cepat.

Sedangkan, kecepatan menendang bola ditentukan oleh singkat tidaknya tungkai dalam menempuh jarak gerak tendang.

Kecepatan anggota tubuh seperti lengan atua tungkai sangat penting guna memberikan akselerasi kepada objek eksternal, seperti sepakbola, bola basket, tenis lapangan, lempar cakram, bola voli, dan lainnnya.

Kecepatan tergantung dari beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti strength, waktu reaksi, dan fleksibilitas (Harsono 1988: 216).

Untuk melakukan gerakan kecepatan adalah merupakan hasil dari jarak per satuan waktu (m/dt), misalnya 100 km per jam atau 120 meter per detik.

Menurut Harsono (1988), kecepatan adalah kemampuan untuk melakukan geraka yang sejenis secara berturut-turut dalam waktu sesingkat-singkatnya, atau menempuh suatu jarak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Kecepatan mengacu pada kecepatan gerakan dalam melakukan suatu keterampilan, bukan hanya sekadar kecepatan lari.

Menggerakkan kaki dengan cepat merupakan keterampilan fisik terpenting bagi pemain bertahan dan harus ditingkatkan kemampuan mengubah arah pada saat terakhir merupakan hal yang terpenting lainnya.

Kecepatan merupakan salah satu dari komponen kondisi fisik.  Menurut Mochamad Sajoto (1995: 9), kecepatan merupakan kemampuan seseorang untuk mengerjakan gerakan kesinambungan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Adapun menurut Gallahue (1982: 282), “Speed is the ability to cover a short distance in as short a period of time as possible. Speed is influenced by reaction time”.

Oleh karena itu, kecepatan adalah kemampuan untuk menempuh jarak tertentu dalam waktu yang sangat cepat atau pendek, dan kecepatan itu sendiri dipengaruhi oleh waktu reaksi.

Waktiu reaksi merupakan waktu yang dibutuhkan antara mulai adanya rangsang sampai terjadinya gerakan.

Kecepatan adalah kemampuan seseorang untuk mengerjakan gerakan berkesinambungan dengan bentuk yang sama dalam waktu sesingkat-singkatnya, seperti dalam lari jarak pendek atau lari cepat, pukulan dalam tinju, balap sepeda, smash dalam bulu tangkis, dan lainnya (Dwiyogo dan Sulistyorini, 1991: 29).

Abdul Kadir Ateng (1997: 67), menyatakan bahwa kecepatan merupakan kemampuan individu untuk melakukan gerakan yang sama berulang-ulang dalma waktu yang sesingkat-singkatnya.

Selanjutnya, menurut Dick (1989) dalam Yunyun Yudiana, dkk (2011: 10), kecepatan merupakan kapasitas gerak dari anggota tubuh atau bagian dari sistem pengungkit tubuh atau kecepatan pergerakan dari tubuh yang dilaksanakan dalam waktu yang singkat.

Kecepatan mernuurt Kirkendall dkk (1980: 243) adalah jarak dibagi waktu, kecepatan diukur dengan satuan jarak dibagi dengan satuan waktu.

Menurut Kent (dalam Budiwanto, 2004: 37), kecepatan adalah jarak tempuh per satuan waktu yang diukur dalam menit atau skala  kuantitas, kecepatan adalah kemampuan melakukan gerakan dalam periode waktu yang pendek.

Berdasarkan beberapa pengertian tentang kecepatan yang telah disampaikan oleh para ahli, maka dapat disimpulkan bahwa kecepatan merupakan suatu kondisi fisik yang dibutuhkan untuk melakukan gerakan secara berturut-turut atau memindahkan tubuh dari posisi tertentu ke posisi lain dari jarak tertentu pada waktu yang sesingkat-singkatnya.

Macam-macam Kecepatan

Menurut Suharno (1985: 31), kecepatan dapat dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Kecepatan sprint

Kecepatan sprint merupakan kemampuan seorang atlet bergerak ke depan dengan kekuatan dan kecepatan maksimal untuk mencapai hasil yang sebaik-baiknya.

Contohnya pada pemain sepak bola saat berlari mengejar bola ataupun pada atlet lari jangka pendek.

  • Kecepatan reaksi

Kecepatan reaksi merupakan kemampuan seorang atlet untuk menjawab suatu rangsang secepat mungkin dalam mencapai hasil yang sebaik-baiknya.

Contohnya pada pemain sepak bola, saat menyambut umpan, pemain tersebut langsung dengan sigap menyambutnya atau seorang peninju yang berusaha bergerak secepat mungkin untuk menghindari tinju dari lawannya.

  • Kecepatan bergerak

Kecepatan bergerak adalah kemampuan atlet untuk bergerak secepat mungkin dalam satu gerakan yang tidak terputus.

Dari ketiga macam kecepatan di atas, terdapat dua tipe kecepatan, yaitu kecepatan reaksi dan kecepatan bergerak yang sangat diperlukan dalam olahraga sepak bola.

Baca Juga :

Misalkan, seorang pemain saat menggiring bola, lalu mengoper ke kawan dan sesaat kemudian dikembalikan lagi ke depannya dan bola harus dikejar, artinya pemain telah melakukan  gerakan dengan gerakan secara cepat, karena harus mendahului lawan yang akan datang. Dalam permainan sepak bola, kedua tipe kecepatan itu banyak digunakan.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *