Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian , Fungsi Dan Struktur Kloroplas

Pengertian , Fungsi Dan Struktur Kloroplas – Apa itu Kloroplas ? Kloroplas adalah suatu bagian dari sel daun pada tumbuhan dan memiliki fungsi untuk memberikan zat warna hijau pada daun tumbuhan tersebut. Dan pada Kloroplas inilah tempat dimana daun, tumbuhan berkembang atau berfotosintesis.

Pengertian , Fungsi Dan Struktur Kloroplas

Pengertian , Fungsi Dan Struktur Kloroplas

Fotosintesis merupakan cara tumbuhan menghasilkan sumber energi dan makanan, dan fotosintesis ini merupakan kegiatan yang paling penting pada tumbuhan karena jika tumbuhan tidak berfotosintesis maka tumbuhan tersebut tidak menghasilkan makanan dan tidak memiliki energi otomatis tumbuhan tersebut akan mati atau tidak bertumbuh.

Baca Juga :

Klorofil adalah zat hijau daun

Banyak orang yang keliru antara Kloroplas dan Klorofil, keduanya memang berbeda karena memiliki pengertian masing-masing.

Kloroplas hampir dimiliki oleh tumbuhan, kloroplas ini berwarna hijau ada kandungan klorofil didalam pigmen kloroplas. Kloroplas memiliki bentuk tipis, pipih, bulat dan seperti lensa.

Bentuknya kecil sekali sehingga jika ingin melihat memerlukan bantuan mikroskop atau kaca pembesar dengan cahaya yang sangat terang.

Bentuk kloroplas ini berbeda dilihat dari level tumbuhan itu sendiri, jika pada tumbuhan yang memiliki level tinggi, bentuk kloroplas ini oval atau lonjong, namun pada tumbuhan yang memiliki level rendah kloroplas memiliki bentuk bulat.

Struktur kloroplas

1. Membran Luar kloroplas

Membran ini memiliki yang berfungsi untuk melewati molekul tanpa adanya seleksi dan mampu menutupi ruang intermembran antara membran dalam dan bagian luar kloroplas.

Bentuk membran luar ini rata dan mempunyai lipatan yang jumlahnya tidak banyak jika dibandingkan dengan yang dimiliki membran dalam kloroplas. Membran luar ini memiliki fungsi sebagai pengatur keluar masuknya zat-zat.

2. Ruang Antar Membran

Seperti namanya Ruang antar membran ini sudah pasti adalah tempat dimana menjadi pemisah membran luar dengan membran dalam, ruang antar membran ini memiliki tebal sekitar 10mm.

3. Membran Dalam Kloroplas

Membran dalam kloroplas ini memiliki sifat yang sangat selektif beda halnya dengan membran luar yang tidak memili sifat selektif ini. Pada membran dalam ini adalah dimana tempat protein menempel.

Membran dalam kloroplas memiliki fungsi untuk menseleksi atau memilih apa saja molekul yang keluar atau  masuk dengan memiliki transpor aktif.

Membran dalam ini  menutup seluruh daerah yang memiliki cairan yang kita kenal dengan kata stroma. Bentuk membran dalam kloroplas ini berbentuk lipatan seperti piringan yang menumpuk dan saling menyambung atau berhubungan.

4. Stroma

Stroma merupakan tempat untuk menyimpan hasil fotosintesis dari cairan kloroplas ke dalam bentuk pati.

5. Grana

Satu kloroplas adalah terdiri dari 40 sampai dengan 60grana, grana adalah tempat dimana terjadinya reaksi terang dan ruang tilakoid. Grana memiliki Ukuran sekitar 0,3-2,7 nm.

6. Tilakoid

Tilakoid  berbentuk lipatan membran tumpukan piringan yang menyambung atau saling berhubungan. Tilakoid memiliki fungsi yaitu untuk menangkap energi cahaya matahari untuk mengubah menjadi energi kimia. Fotosintesis terjadi jika Tilakoid ini ada didalam storma.

Membran tilakoid adalah tempat terjadinya reaksi terang dan memilki cairan yang mengandung klorofil. Pada setiap variasi tumbuhan memiliki jumlah tilakoid yang berbeda-beda.

7.DNA Platisda

DNA plastida memiliki arti yaitu bagian kloroplas yang adalah gen pembawa sifat pada plastida memiliki fungsii untuk replikasi kloroplas dan pembelahan sel kloroplas. DNA pada kloroplas memiliki bentuk sirkular. Didalam satu kloroplas memiliki DNA sirkular sekitar 20-100 jumlahnya.

8. Ribosom

Ribosom adalah bagian dari membran dalam kloroplas yang memiliki fungsi sebagai sintesis protein.

9. Plastoglobula

Senyawa kimiawi yang terdapat pada kloroplas disebut Plastoglobula.

10.Pati

Hasil tumbuhan yang berfotosintesis adalah Pati.

Fungsi Kloroplas pada tumbuhan

  • Kloroplas memiliki fungsi untuk menyerap tenaga cahaya matahari.
  • Sebagai tempat tumbuhan melakukan proses fotosintesis.
  • Memberikan energi dalam bentuk ATP.
  • Memberikan kekebalan pada tanaman atau tumbuhan.
  • Pembuat makanan dengan proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan oleh kloroplas ini berbentuk gula. Selama proses fotosintesis ini gula maupun oksigen dibuat dengan bantuan cahaya matahari, air dan juga karbondioksida.
  • Menangkap reaksi terang pada membran tilakoid.
  • Tempat tumbuhan melakukuan fotosintesis.
  • Menghasilkan asam amino untuk produksi membran pada kloroplas.

Peran Kloroplas  dalam Fotosintesis

Peran kloroplas dalam fotosintesis sangatlah penting. Pertama Tanaman akan memompa air menuju  daun, dan daun akan menyerap karbon dioksida. seluruh thylakoids, klorofil, air, karbon dioksida yang mana telah  disediakan di dalam kloroplas.

Proses  berfotosintesis dimulai dan selesai di dalam kloroplas. Pada dasarnya Kloroplas ini memiliki fungsi dasar sebagari pusat kekuatan pada tumbuhan itu sendiri.

Kita dapat menemukan kloroplas hanya pada tumbuhan saja atau sel makhluk hidup sejenis tumbuhan kita tidak dapat menemukan kloroplas pada hewan.

Jadi, sudah sangat jelas bahwa kloroplas adalah hal yang sangat penting pada tumbuhan karena tanpa adanya kloroplas tumbuhan tidak dapat bertumbuh karena tidak ada asupan makanan dari tumbuhan itu sendiri, dan tanpa adanya kloroplas tumbuhan tidak dapat bertumbuh dengan sempurna.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018