Pengertian dan Fungsi Hormon Karrikin Pada Tumbuhan

Pengertian dan Fungsi Hormon Karrikin Pada Tumbuhan – Semua tumbuhan mempunyai perangsang guna untuk membantu pertumbuhan tumbuhan itu dan juga dapat meningkatkan kualitas dalam pertumbuhan. Hormon tumbuhan adalah perangsang dalam tumbuhan.

Pengertian dan Fungsi Hormon Karrikin Pada Tumbuhan

Pengertian dan Fungsi Hormon Karrikin Pada Tumbuhan

Adanya hormon pada tumbuhan membuat tumbuhan bertumbuh lebih sempurna efektif dan efesien secara sempurna dalam proses pertumbuhannya.

Baca Juga :

Hormon tumbuhan, adalah kumpulan dari senyawa organik mau itu  berbentuk secara alamiah ataupun buatan manusia, yang  dapat mendorong, menghambat, atau mengubah pertumbuhan, perkembangan, dan pergerakan tumbuhan. Kata dari  “hormon” menggunakan analogi fungsi hormon pada hewan.

Namun, berbeda dari pada hewan, hormon pada tumbuhan dapat bersifat endogen, yang mana dihasilkan sendiri oleh individu yang atau diluar dari individu tersebut.

Berbeda dengan hormon yang terdapat pada hewan, sel kelenjar tidak menghasilkan jika pada tumbuhan, tetapi dibentuk oleh sel yang terdapat tempat tertentu pada tumbuhan, ujung akar dan tunas adalah tempat yang paling utama tempat dimana bertumbuhnya hormon tersebut.

Hormon pada tumbuhan merupakan zat  pengatur tumbuhan yang bersifat alami, atau bisa juga dibuat oleh manusia yang dapat memacu, mendorong, menghambat, perkembangan pertumbuhan pada suatu tumbuhan.

Fungsi hormon pada tumbuhan adalah :

  • mampu memberikan rangsang untuk memperpanjang sel pada tumbuhan didaerah titik dimana tumbuhan tersebut tumbuh.
  • Memberikan rangsangan dalam proses pembentukan akar.
  • Mampu merangsang proses perkecambahan biji.
  • Mampu merangsang proses pembuahan dan pembungaan pada tumbuhan.

Hormon terdiri dari 2 kelompok , yaitu ada hormon sebagai pemicu pertumbuhan, dan ada juga hormon yang bersifat sebagai hormon penghambat proses pertumbuhan.

Hormon tumbuhan memiliki beberapa jenis yaitu antara lain sebagai berikut :

  1. Hormon auksin

Hormon auksin ini memiliki fungsi sebagai perangsang dalam pembentukan buah dan bunga dan membentuk akar. Hormon auksin ini tidk boleh terpapar langsung oleh cahaya sinar matahri karena dapat menghambat proses pembelahan pada sel batang.

Jadi harus diperhatikan ya agar tumbuhan kita dapat bertumbuh dnegan sempurna, dari attaletak penempatan bagian yang terkena cahaya sinar matahari.

  1. Hormon Giberelin

Hormon ini dapat kita temukan di bunga dan batang. Biasanya pada tumbuhan jamur. Hormon ini memiliki fungsi untuk membantu perkecambahan biji, mampu menghasikan buah pada tumbuhan tidak berbiji, tanaman dapat cepat berbunga, tanaman dapat cepat tumbuh tinggi dengan hormon ini.

  1. Hormon etilen

Fungsi dari hormon ini adalah untuk mempercepat buah pad atumbuhan agar lebih cepat masak.

  1. Hormon asam absisat

Fungsi dari hormon ini adalah menghambat pertumbuhan, aneh ya ? kok hormon sebagai penghambat. Jangan aneh dulu, karena hormon ini hanya ada pada tumbuhan yang sudah tua saja.

  1. Hormon kalin

Hormon ini memiliki fungsi untuk mendorong pertumbuhan organ pada akar tumbuhan.

  1. Hormon Sitokinin

Hormon ini dapat membantu memerikan rangsangan dalam pembelah sel, dan dapat juga menghambat tumbuhan yang cepat tumbuh panjang.

  1. Hormon Asam Traumalin

Hormin ini memiliki sebagai hormon yang mamapu melahirkan sel yang baru, jika sel pada tumbuhan rusak.

  1. Hormon Brassinosteroids

Hormon yang memiliki fungsi menstimulasi pertumbuhan tumbuhan.

  1. Hormon Asam Salisik

Hormon yang memiliki fungsi menghidupkan gen pada tumbuhan.

  1. Hormon Jasmonates

Fungsi hormon ini adalah membentuk protein untuk melawan serangan oragnisme yang mengganggu.

  1. Hormon Peptida

Hormon yang memiliki fungsi sebagai pertahanan dari suatu tumbuhan.

  1. Hormon Karikkin

hormon karrikin merupakan salah satu jenis hormon yang dapat ditemukan pada tumbuhan dimana terdapat beberapa tumbuhan. Dan dapat menimbulkan sifat terbakar atau asap dari dalam tumbuhan. Ini yang membuktikan bahwa hutan dapat terbakar, karena pengaruh dari rangsangan pertumbuhan biji yang ada di sekeliling hutan yang mengalami kebakaran itu.

Berikut adalah fungsi dari hormon karrikin yaitu :

  1. Hormon yang berfungsi sebagai perangsang dalam proses perkecambahan biji, dari akibat terjadinya terbakar dalam unsur dari tanaman tersebut.
  2. Hormon yang berfungsi untuk menaikkan kekuatan biji pada tumbuhan tersebut.
  3. Hormon yang berfungsi memberikan pengaruh bius.
  4. Hormon yang berfungsi untuk memberikan hasil kelopak daun lebih besar dan baik.
  5. Hormon yang berfungsi untuk perkembangan daun setelah adanya kebakaran pada sebagian atau keseluruhan dari sebuah tumbuhan.
  6. Hormon yang memberikan aspek pengaruh baik terhadap oragn dan sel lainnya yang terdapat pada tumbuhan itu sendiri.
  7. Hormon yang menjaga dari keseluruhan organ pada tumbuhan.

Baca Juga :

Demikian penjelasan mengenai  pengertian dan juga fungsi dari hormon karikkin. Jadi jangan menyepelekan fungsi dari hormon ya, karena sudah jelas bahwa hormon merupakan hal penting bagi pertumbuhan suatu tumbuhan untuk bertumbuh dengan baik dan sempurna dan jika tumbuhan tidak memiliki hormon yang berfungsi dengan baik maka tumbuhan pun tidak dapat maksimal pertumbuhan dan perkembangannya. Semoga membantu dan bermanfaat.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *