Pengertian, Jenis dan Karakteristik Kompetensi Guru

Pengertian, Jenis dan Karakteristik Kompetensi Guru – Guru singkatan dari orang yang digugu dan di tiru. Secara falsafah memang demikian. Guru adalah profesi yang mengajak siswa untuk meniru dan mencontohnya.

Pengertian, Jenis dan Karakteristik Kompetensi Guru

Pengertian, Jenis dan Karakteristik Kompetensi Guru

Meniru adalah siswa mengambil dan mengapilasikan ilmu sama dengan yang diajarkan guru sedangkan digugu artinya siswa memiliki sifat dan sikap sama dengan sifat dan sikap gurunya.

Dari narasi diatas, menjadi kewajiban seorang guru untuk memberikan ilmu yang baik dan mencontohkan sifat dan sikap yang baik kepada siswanya.

Baca Juga : Ruang Lingkup Kerja Bimbingan Preventif

Jika dua komponen ini sudah dimiliki dan mampu diterapkan oleh guru, baru guru tersebut layak menyandang predikat profesional.

Untuk mendapatkan predikat guru professional tidak semudah membalikkan telapak tangan. Guru harus memiliki berbagai macam kompetensi.

Dan kompetensi inilah yang akan membimbing dan mengarahkan para guru untuk mengajar lebih baik sekaligus menjadi pembimbing yang lembut.

Nah, pada artikel berikut ini sengaja kami ulas secara ekslusif tentang kompetensi kompetensi guru. Tujuan kami semata para guru memiliki profesionalisme dan etos kerjanya masing masing sebagai pahlawan pencerdas kehidupan bangsa.

PENGERTIAN KOMPETENSI GURU

Kompetensi guru adalah kemampuan dan keterampilan seorang guru yang teraplikasikan dalam bentuk pola pikir, sifat dan perbuatan.

Tujuan dari kompetensi ini adalah guru tidak salah dalam memberikan pelajaran dan pembimbingan sehingga siswa lebih paham tentang ilmu sekaligus sifat dan perbuatannya menjadi luhur dan mulia.

Seorang guru wajib memiliki kompetensi. Karena yang mereka didik dan ajar bukan benda bukan hewan tetapi manusia.

Gurulah yang menentukan kesuksesan siswa di masa depan, guru juga penanggung jawab terhadap segala prilaku siswanya tidak hanya disekolah, di rumah tetapi juga di lingkungan masyarakat.

Baca Juga : Pengertian Sertifikasi Guru

JENIS JENIS KOMPETENSI GURU

Kompetensi guru tidak terbatas. Tetapi secara garis besar kompetensi ini terbagi menjadi 4 macam, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan kompetensi sosial.

  1. Kompetensi Kepribadian

Seorang guru harus memiliki kepribadian yang baik. Dia harus berwibawa, bijaksana, dewasa, rajin ibadah, arif serta patuh hukum.

Semua kepribadian ini akan membantu meningkatkan kondusifitas pembelajaran di kelas serta membuat guru tidak ditakuti tetapi disegani.

Selain itu, kepribadian ini juga berfungsi untuk menjaga stabilitas hubungan guru dengan aparatur sekolah lainnya ketika terjadi masalah masalah.

  1. Kompetensi pedagogik

Kompetensi pedagogic berhubungan dengan aktifitas pembelajaran di kelas yang berupa transfer ilmu pengetahuan kepada siswa. Pada kompetensi ini, seorang guru harus tahu kemampuan semua siswanya sehingga metode ajar yang diterapkan lebih tepat.

Pada kompetensi ini pula, guru harus piawai menyusun model ajar, melakukan evaluasi pembelajaran serta harus mampu mengajak siswa mengaktualisasikan materi yang diajarkan ke ranah praktek atau perbuatan.

  1. Kompetensi Profesional

Seorang guru harus memahami materi ajar dengan baik. Bahkan seorang guru harus selalu up to date terhadap kajian kajian keilmuan yang baru.

Sehingga materi yang diberikan kepada siswa senantiasa fresh dan gres sesuai denagn jaman yang berlaku. Bukan itu saja, pada kompetensi ini, seorang guru harus juga aktif melakukan riset keilmuan untuk meningkatkan intelektualitas dan cara berpikirnya terhadap masalah masalah ilmu yang baru.

  1. Kompetensi Sosial

Pada kompetensi yang terakhir ini seorang guru harus memiliki kemampuan berinteraksi social dengan baik. Bukan hanya dengan siswa tetapi juga dengan guru yang lain bahkan dengan masyarakat di lingkungan sekolah.

Itu artinya untuk kompetensi social ini, seorang guru harus memiliki kemampuan berkomuninasi yang lancar, santun, jelas dan teratur.

Nah setelah anda sudah tahu tentang kompetensi seorang guru, berikut ini kami sertakan juga karakteristik guru professional artinya karakter guru yang telah memiliki 4 kompetensi diatas, yaitu :

  • Mengajar dengan Berbagai metode Ajar
  • Mampu impelementasikan materi ke dalam aspek social, agama, karya dan bahasa
  • Mengajar sekaligus menjadi orator, moderator dan pembicara yang handal.
  • Meluangkan waktunya di sela sela mengajar dengan membaca
  • Memiliki karya ilmiah hasil dari penelitian penelitian
  • Berpikir logis dan empiris bukan generalisir dan irasional
  • Berpikir objektif bukan subyektif
  • Akrab dengan semura orang di lingkungan sekolah
  • Mengajar sambil bekerja dengan pembagian waktu yang seimbang
  • Menjadikan aktifitas mengajar sebagai pengabdian bukan pekerjaan finansial
  • Mampu membuat perangkat pembelajaran secara benar dan terarah.
  • Memiliki perpustakaan pribadi
  • Rajin beribadah dan aktif mengeluarkan program program keagamaan

Itulah sebagian karakteristik guru yang memiliki kompetensi diatas. Silahkan monitor sendiri, termasuk guru yang manakah anda!

Baca Juga : Cara Pendidikan Orang Tua

Nah, itulah pengertian, jenis jenis dan karakteristik kompetensi guru. Silahkan anda simak dengan cermat dan pastikan kalau semua kompetensi diatas ada pada diri anda. Baru anda bisa dikatakan dan layak disebutkan sebagai guru professional. Guru yang layak disejahterakan serta guru yang akan masuk ke dalam surga kelak amin.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *