Pengertian, Konsep, Fungsi  dan Jenis Makalah

Pengertian, Konsep, Fungsi  dan Jenis Makalah – Sebagai seorang siswa sekolah menengah dan mahasiswa pasti sudah tidak asing lagi dengan kata kata makalah.

Karena Makalah merupakan istilah untuk tugas menulis yang diberikan oleh guru dan dosen kepada mereka. Namun, terkadang siswa dan mahasiswa salah dalam menyelesaikan tugasnya diakibatkan ketidaktahuan mereka tentang arti dari makalah.

Pengertian, Konsep, Fungsi  dan Jenis Makalah

Pengertian, Konsep, Fungsi  dan Jenis Makalah

Jika kita tidak tahu arti dari istilah makalah, tentu kita akan kesulitan ketika membedakan tugas karya tulis ini dengan tugas menulis yang lain seperti tugas menulis opini, artikel, cerpen, novel, naskah drama dan lain lain.

Baca Juga : Pengertian Opini

Nah agar anda tidak salah lagi, berikut ini akan kemi jelaskan makalah lengkap dengan pengertian, konsep, Fungsi serta jenis jenis makalah.

PENGERTIAN MAKALAH

Makalah adalah karya tulis ilmiah. Karya tulis ini berisi pembahasan sebuah kasus atau permasalahan yang dibedah dengan teori tertentu. Biasanya karya ilmiah ini dibebankan kepada mahasiswa strata 1 dan kepada siswa Sekolah Menengah Atas ( SMA ).

Di dalam penulisan makalah, bisa dilihat kemampuan mahasiswa dalam menganalisis sebuah masalah sekaligus kelihaian mereka meng-asosiasi-kan berbagai teori teori dan kajian ilmiah dalam melihat masalah yang mereka angkat.

Tugas tugas penulisan makalah juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir logis empiris serta objektif dalam menganalisis sebuah masalah.

Akhirnya, ketika mereka sudah piawai membuat karya tulis makalah, mereka tidak akan sangsi dan bingung lagi ketika mereka dipertemukan dengan karya karya tulis yang lebih tinggi seperti tesis dan disertasi.

Baca Juga : Pengertian Gurindam

Nah, setelah membaca narasi diatas, maka pengertian makalah bisa disimpulkan sebagai berikut yaitu sebuah karya tulis ilmiah yang berisi pembahasan sebuah masalah yang dikaji secara menyeluruh dengan menggunakan teori teori tertentu dengan model narasi objektif yang dihasilkan dari pola pikir logis dan empiris.

KONSEP KONSEP MAKALAH

Makalah biasanya digunakan sebagai karya ilmiah tertulis yang berisi laporan riset sederhana. Biasanya dalam tehnik penulisan makalah terdapat konsep atau karakter penulisan tertentu yang berhubungan dengan metode menjelaskan topik masalah yang menjadikan kajian kepustakaan serta kajian dari penelitian di lapangan.

Nah dari deskripsi diatas, berikut ini kami list konsep konsep makalah. Jika satu saja dalam list nanti tidak ada pada karya tulis, maka karya tulis tersebut belum bisa disebut makalah.

  1. Melakukan Penelitian Sederhana
  2. Mencatat laporan dari hasil riset
  3. Menjadikan laporan riset dan kepustakaan sebagai bahan pembuat makalah
  4. Objek Masalah harus nyata dan riil
  5. Makalah Ditulis dengan menggunakan bahasa baku
  6. Merangkai makalah dengan format penulisan karya tulis yang benar.

FUNGSI MAKALAH

Seorang guru dan dosen memang pantas memberikan tugas makalah kepada siswa dan mahasiswanya. Karena pembuatan karya tulis ini memiliki fungsi yang bagus. Terutama untuk pemikiran mereka. Ini dia fungsi makalah secara lengkap yang tidak terpisahkan dari tujuan sekolah ataupun kampus itu sendiri.

  1. Membantu siswa dan mahasiswa menyusun dan merangkai karya ilmiah dengan baik dan benar.
  2. Menambah horison pengetahuan siswa dan mahasiswa
  3. Mengajak Siswa dan Mahasiswa menyumbangkan argumentasi dan kajian mereka tentang sebuah masalah
  4. Memberikan faedah terhadap dinamisasi iptek yang semakin pesat
  5. Memonitor perkembangan pikiran mahasiswa dan siswa setelah mengikuti berbagai perkuliahan.

Selain fungsi fungsi diatas, masih banyak lagi fungsi makalah lainnya seperti meningkatkan kemampuan berpikir logis dan empiris. Mencegah mahasiswa dan siswa berpikir generalisir dan subjektif serta meningkatkan penilaian objektivitas siswa dan mahasiswa terhadap sebuah masalah.

JENIS JENIS MAKALAH

Jenis jenis makalah sangat banyak. Namun, secara garis besar, jenis jenis makalah bisa dibagi menjadi tiga kategori saja. Yaitu makalah deduktif, makalah induktif dan makalah campuran. Berikut ini penjelasan dari makalah makalah tersebut, yaitu :

1). Makalah Deduktif

Makalah deduktif adalah karya tulis yang penulisannya menggunakan kajian teori kepustakaan yang sesuai dengan masalah yang dibahas.

2). Makalah Induktif

Makalah induktif adalah makalah yang penulisannya menggunakan kajian riset lapangan yang relevan. Sedangkan penggunaan kajian literasi, buku dan lain lain hanya untuk mendukungnya saja.

3). Makalah Campuran

Jenis makalah yang termasuk dalam kategori makalah campuran terbagi menjadi 6, yaitu :

  • Makalah Ilmiah

Makalah ilmiah adalah makalah yang tehnik penulisannya mengedepankan pola pikir ilmiah, bukan opini dan bukan mendasari dari pola pikir subjektif.

  • Makalah Kerja

Makalah kerja adalah makalah yang penulisannya menggunakan cara cara ilmiah disertai dengan argumentasi personal yang berasal dari pemikiran subjektif dan objektif.

  • Makalah Kajian

Jenis makalah ini memiliki arti sebuah karya ilmiah yang membahas tentang problem kontroversial.

  • Makalah Posisi

Makalah posisi adalah makalah yang tehnik pembuatannya secara ilmiah tetapi ditulis atas dasar permintaan pihak lain. Biasanya, jenis ini membedah tentang masalah populer dan kontroversial.

  • Makalah Analisis

Makalah ini bermuatan penyelesaian masalah yang tehnik pengulasannya menggunakan pola pikir objektif dan pendekatan kajian empiris.

  • Makalah Tanggapan

Makalah ini biasanya ditulis oleh mahasiswa dalam rangka memberikan tanggapan pada sebuah masalah di kelasnya.

Itulah pengertian makalah yang kami melengkapinya dengan jenis, fungsi, konsep dan lain lain. Semoga artikel ini bisa menjadikan karya tulis anda terutama makalah memiliki hasil pembahasan yang lebih ilmiah dan bagus.

Baca Juga : Pengertian Kalimat Imperatif, Interogatif dan Deklaratif

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..