Pengertian Dan Cara Mengobati Penyakit Hati Dalam Islam

Pengertian Dan Cara Mengobati Penyakit Hati Dalam Islam – Apa yang dimaskud penyakit hati didalam Islam ?

Hati didalam bahasa Arab yaitu Qalbu.

Hati adalah sebuah penentu sikap perilaku seseorang mau baik maupun buruk perilaku seseorang tersebut.

Pengertian Dan Cara Mengobati Penyakit Hati Dalam Islam

Pengertian Dan Cara Mengobati Penyakit Hati Dalam Islam

Penyakit apabila menurut Islam sangatlah berbahaya, dan maka dari itu sangat penting bagi umat Islam untuk tahu apa itu penyakit hati.

Baca Juga :

Penyakit hati dalam Islam bukan penyakit hati pada fisik manusia, melainkan gangguan yang membuat pengaruh pada perasaan sikap dan sifat dan juga kebiasaan didalam hidup seseorang dimaana nanti akan membuat seseorang keluar dari fitrah orang tersebut.

Karena setan sangat senang membuat manusia jatuh kedalam penyakit hati dengan cara menghasut manusia untuk melakukan yang jahat yang tidak Allah sukai.

Penyakit hati disebabkan dari berbagai macam hal, yaitu antara lain :

  • Kurang kuatnya iman terhadap seseorang tersebut

Manusia yang tidak kuat iman atau yang tidak punya iman akan terjangkit penyakit hati, karena hati manusia tersebut akan mati, dan tidak memiliki perasaan lagi.

  • Mengeluh terus menerus

Islam memiliki hukum mengeluh. Manusia yang senang mengeluh akan terjangkit penyakit hati.

  • Kurang dan tidak pernah bersyukur

Haruslah kita selalu bersyukur didalam keadaan dan kondisi apapun agar tidak terjangkit penyakit hati.

  • Berbuat maksiat

Berbuat maksiat membuat hati jadi ekras dan sulit terima masukkan nasehat yang baik, manusia yang senang dan suka melakukan perbuatan maksiat timbul sifat egois, memiliki hati yang kotor dan mudah sekali emosi.

  • Sirik terhadap sesama

Siirik adalah dosa yang terbesar didalam Islam. Jika manusia mempunyai hati yang sirik akan menimbulkan pribadi yang tidak baik.

  • Lupa akan berdzikir

Fungsi dari dzikir ialah dapat memberikan dampak yang baik bagi hati manusia yaitu menjauhkan dari penyakit hati. Jika seseorang rajin berdzikir maka didalam hati orang tersebut selalu damai jika seseorang tersebut lupa dan tidak pernah berdzikir maka orang tersebut akan mudah terjangkit penyakit hati.

  • Mengejar duniawi

Mengejar hal yang bersifat duniawi sangat tidak baik, karena dapat memberikan celah untuk penyakit hati bisa mudah masuk kedalam hati manusia.

Biasanya didalam mengejar duniawi manusai dapat menghalalkan berbagai macam cara agar dapat mencapai keinginan duniawinya, sedangkan perbuatan tersebut dalah perbuatan yang dibenci oleh Allah.

  • Sombong akan amal didunia

Bangga akan amal atau menyombongkan diri dari amal yang teah seseorang berikan termasuk salah satu hal yang dibenci oleh Allah, karena sifat sombong akan dapat mudah penyakit hati masuk kedalam hati manusia.

  • Tidak pernah sholat

Umat Islam memiliki kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan yaitu, sholat dan puasa disaat bulan ramadhan datang. Jika manusia meninggalkan sholat maka hidupnya akan muncul perasaan yang gelisah atau tidak aman dan jiwa pun tidak tenang.

  • Lupa bersedekah

Didalam Islam sedekah adalah salah satu hal yang diharuskan, agar tidak muncul sifat kikir. Jika kita lupa akan memberi sedekah maka kita termasuk orang yang kikir, dan kikir merupakan salah satu macam penyakit hati,

Ada beberapa Macam-macam dari penyakit hati yang sangat penting kita harus mengetahuinya, nah ini akan dijelaskan berbagai macam dari penyakit hati dan harus kita waspadai dan hindari antara lain adalah sebagai berikut :

  • Iri dan dengki , Hasad

Hasad dan iri merupakan salah satu perbuatan yang apabila teman atau saudaranya atau siapapun yang ada dilingkungan sekitarnya berbahagia.

Sedangkan dengki adalah sifat atau perasaan yang apabila teman atau saudara atau sesamanya mendapatkan kebahagiaan dan mengharapkan kebahagiaan yang ada pada saudaranya tersebut beralih menjadi miliknya.

  • Takabur dan sombong

Allah sangat membenci umatNya yang memiliki sifat sombong apalagi takabur. Isombong dan takabur inilah merupakan dari macam salah satu penyakit hati. Yang mempunyai rasa bangga akan pribadinya dan melihat orang lain rendah atau meremehkan orang lain.

  • Suka pamer

Didalam Islam kita diajak untuk selalu berbuat baik dan tidak boleh pamer harta atau apapun kepada orang lain dengan maksud ingin mendapatkan pujian dari orang lain akan barang beda yang kita miliki.

Banyak cara yang dapat ditempuh bagi umat Islam untuk mengobati penyakit hati yang ada dilama diri manusia, yaitu :

  • Shalat malam

Shalat malam atau shalat tahajud adalah hal yang mujarab bagi umat Islam untuk mengobati penyakit hati. Karena disaat kita shalat kita dapat membuang semua rasa benci dan apapun perasaan jahat yang ada didalam diri kita. Dan kita bisa menceritakan semua masalah yang ada didalam hidup kepada Allah, apabila meminta dengan sungguh-sungguh maka Allah akan membuat hati kita merasa tenang dan damai.

  • Rajin membaca al’quran dan renungkan isi al’quran

Apabila hati kita merasa sakit hati, jengkel dan kesal, bisa dicoba untuk langsung mencari al’quran membacanya dan jangan lupa renungkan apa arti dari isi al’quran tersebut, makna dan arti isi alquran tersebut akan membuat hati kita merasa tenang.

  • Berteman dengan orang shaleh
  • Berpuasa
  • Jangan lupa akan berdzikir

Demikianlah pembahasan akan pengertian, manfaat dan cara mengobati dari penyakit hati. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..