Pengertian, Tujuan Dan Konsep Pendidikan Islam

Diposting pada

Pengertian, Tujuan Dan Konsep Pendidikan Islam – Pendidikan adalah suatu pembelajaran akan pengetahuan, keterampilan dan juga merupakan kebiasaan beberapa orang yang dilakukan dari satu generasi ke generasi selanjutnya dengan adanya pengajaran, pelatihan dan penelitian.

Pengertian, Tujuan Dan Konsep Pendidikan Islam
Pengertian, Tujuan Dan Konsep Pendidikan Islam

Pendidikan ini dapat terjadi dengan bimbingan orang lain dan juga bisa didapatkan dengan otodidak. Pendidikan juga merupakan proses untuk generasi penerus bangsa, generasi muda agar dapat menjalankan kehidupan untuk memenuhi tujuan hidup yang lebih baik lagi dan efektif serta efisien.

Baca Juga :

Pendidikan memiliki arti yang tinggi dibandingkan dengan pendidikan, ada perbedaan antara pendidikan dan pengajaran.

Pendidikan adalah membentuk pribadi dari segala aspek yang ada, sedangkan pengajaran adalah bagaimana cara menyampaikan isi teori ilmu saja.

Perbedaan yang nampak jelas terdapat dalam membentuk sikap perilaku dan pribadi seorang anak didik dalam hal menyalurkan ilmu pengetahuan dan juga dalam bentuk keahlian.

Pengertian pendidikan islam

Pendidikan Islam ialah suatu bimbingan untuk jasmani dan rohani menurut dasar hukum agama islam yang memiliki tujuan untuk membentuk pribadi menurut kaidah islam.

Dari pengertian pendidikan islam menyatakan bahwa masyarakat dengan individu pribadi manusia dan lingkungan dimana tempat bertinggal memiliki hubungan dengan Tuhan yang sama.

Pendidikan Islam juga merupakan dimana proses menyiapkan generasi muda atau generasi masa kini guna mengisi peran untuk menyalurkan pengetahuan dan nilai Islam yang ada, yang bertujuan agar manusia bisa melakukan amal di dunia dan dapat menerima hasil di akhirat.

Pendidikan Islam juga telah dipersiapkan untuk manusia agar dapat hidup sempurna dan bahagia, memiliki sikap dan perilaku yang baik, memiliki pikiran yang selalu postitif, cinta akan tanah air dan bangsa, bertutur kata yang manis disertai praktek yang baik pula.

Dari penjelasan dan juga pengertian akan pendidikan Islam ini terdapat 3 makna yaitu terdapat suatu proses, isi dan siapa yang menerima pendidikan Islam tersebut.

Lalu dirumuskan kembali mejadi suatu hal yang dilakukan melaui tahap dan proses dan ditanam didalam diri manusia.

Pendidikan Islam merupakan suatu pengakuan dan pengenalan yang dilakukan secara berangsur dan ditanam didalam diri umat manusia, mengenai akan tempat yang yang terdapat didalam penataan saat diciptakan, hingga dapat memberikan bimbingan ke arah yang lebih lanjut yaitu lebih ke arah dimana ada tahap kenal dan pengakuan dimana Tuhan berada didalam diri manusia dan menciptakan suatu kepribadian.

Tujuan pendidikan islam

Pendidikan Islam memiliki beberapa tujuan dan tidak dapat terlepas dari apa yang manusia ingin tuju. yaitu membuat umat manusia menjadi pribadi individu yang taat dan bertakwa, dapat menuju kebahagiaan baik didalam dunia maupun di akhirat.pendidikan Islam memiliki tujuan yang spesial dan lebih tertuju dengan penjelasan yang dicita-citakan lewat pendidikan Islam tersebut, maka pendidikan Islam bukan hanya mengenai ajaran Islam di dunia pendidikan.

Melalu tahapan dan keinginan tersebut maka pendidikan Islam ini diharapkan memiliki hasil yang memuaskan yang sudah dicapainya.

Pendidikan Islam juga bertujuan untuk menjadikan umat manusia menjadi hamba Allah SWT. Maka dari itu pendidikan mengharuskan seluruh umat manusia menyembah kepada Allah dan menjadi hamba Allah, yang diartikan umat manusia menjadi hamba Allah yaitu manusia menyembah dan beribadah kepada Allah.

Islam menginginkan umat manusia diajarkan agar umat manusia dapat mewujudkan tujuan didalam hidup sesuai yang sudah ditetapkan oleh Allah. Tujuan manusia didalam hiduonya adalah menyembah dan beribadah kepada Allah.

Ada pernyataan yang mengatakan bahwa arti beribadah hanya dengan menjalankan ibadah shalat, memberikan zakat, menunaikan ibadah haji, menunaikan ibadah puasa, dan juga mengucapkan kalimat syahadat. Namun sebenarnya arti ibadah tidak sekedar akan hal itu saja, tetapi juga melingkupi akan amal dan pikiran, dan juga perasaan pasrah diri terhadap Allah.

Baca Juga : Pengertian Zakat Fitrah

Ibadah adalah keharusan pemeluk agama Islam untuk mempelajari lebih dalam supaya pemeluk agama Islam dapat mempraktekkan didalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

Ibadah merupakan suatu jalan hidup yang melingkupi seluruh aspek didalam kehidupan dan apapun yang dilakukan oleh umat manusia didalam bentuk kata, perbuata, perasaan dan juga pemikiran yang berkaitan dengan Allah.

Tujuan dari pendidikan agama Islam antara lain sebagai berikut :

  1. Pendidikan agama Islam memiliki kaitan dengan pribadi seseorang yang melingkupi akan perubahan seperti pengetahua, sikap perilaku jasmani dan rohani, sikap perilaku kalangan masyarakat dan keahlian yang wajib kita punya untuk kita hidup didunia maupun di akhirat.
  2. Pendidikan agama Islam yang mempunyai kaitan dengan lingkungan sekitar atau kalangan masyarakat, sikap perilaku diri sendiri maupun masyarakat, memberikan perubahan dalam kehidupan masyarakat dan membuat masyarakat agar lebih banyak pengalamannya.
  3. Memiliki tujuan pengajaran yang memiliki isi didalam seni, ilmu dan banyak lagi di kalangan masyarakat.
  4. Bertujuan untuk membina umat manusia untuk melakukan akhlak yang baik.
  5. Membuat kesiapan murid dari pendidikan Islam ini didalam hidup didunia maupun di akhirat.
  6. Agar dapat menguasai ilmu pendidikan Islam.
  7. Memiliki ketrampilan dan kefasihan didalam pekerjaan.
  8. Memiliki tujuan didalam keagamaan.

Demikian ulasan mengenai pengertian, tujuan dan juga konsep akan pendidikan Islam, semoga bermanfaat untuk semua yang membaca.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *