Pengertian Dan Fungsi Tawakal

Pengertian Dan Fungsi Tawakal – Tawakal memiliki sebuah arti yaitu menyerah atau memasrahkan diri. Didalam ajaran agama Islam yang percaya berpasrah penuh kepada Tuhan didalam menunggu hasil suatu masalah.

Pengertian Dan Fungsi Tawakal

Pengertian Dan Fungsi Tawakal

Tawakal juga memiliki arti bersandar kepada Allah SWT disaat menghadapi suatu masalah, berserah kepada Allah didalam waktu susah, dan meneguhkan hati disaat terkena musibah.

Baca Juga :

Tawakal merupakan meneguhkan hati berserah terhadap orang lain, sifat dari berserah kepada orang lain karena ada rasa percaya terhadapa orang tersebut, dan orang yang diberikan rasa percaya haruslah dapat dipercaya dengan apa yang dipercayakan kepada nya, dan orang tersebut dapat memberi perasaan aman kepada orang yang telah percaya kepadanya.

Tawakal juga merupakan sikap mental mengenai keyakinan atau kepercayaan kepada Tuhan, seperti ada satu ajaran yang mengatakan bahwa Tuhanlah yang menciptakan bumi dan segala sesuatunya, Tuhan pula yang mengatur didalam kehidupan ini, didalam keyakinan dan kepercayaan ini membuat seseorang pasrah dan tawakal kepada Tuhan.

Didalam hidup ini, tidak selamanya kita mersa senang dan tidak selamanya juga kita merasa susah, semua seperti roda yang berjalan terus berputar, didalam menjalani kehidupan ini kita harus mempunyai jiwa yang kuat dan pantang menyerah walaupun sering mengalami kegagalan.

Tawakal adalah salah satu sikap  yang wajib manusia miliki, tawakal mempunyai fungsi dan juga manfaat-manfaat yang baik didalam kehidupan hari lepas hari, yaitu antara lain :

  1. Sudah terjamin kemudahan di dunia maupun di akhirat

Jika manusia mempunyai sifat tawakal didalam kehidupannya, sudah pasti Tuhan akan selalu memberi jalan yang selalu dipermudah baik di dunia maupun di akhirat kelak.

  1. Gampang beradaptasi dengan berbagai masalah yang datang

Jika seseorang/manusia mempunyai sifat yang tawakal atau berserah diri didalam kehidupan, maka jika ada masalah yang datang didalam kehidupan, seseorang tersebut lebih mudah didalam beradaptasi menghadapinya. Sifat dari tawakal ini bisa membuat manusai menjadi pribadi yang memiliki hati sabar dan dapat bangkit dari kegagalan yang didapatnya.

  1. Mampu memperkuat iman dan pantang menyerah

Tawakal, memiliki manfaat yang sangat positif karena mampu menghilangkan sifat egois yang ada didalam diri seseorang dan dapat membuat orang yang gampang menyerah menjadi pantang menyerah.

  1. Mampu menciptakan sifat mandiri didalam diri manusia

Dapat menimbulkan sikap mandiri didalam diri manusia karena dapat menyelesaikan masalah didalam dunia dan tidak merugikan orang lain.

Tawakal ini bisa membuat seseorang bisa paham akan kelebihan maupun kekurangan dirinya, sikap ini  bisa membuat manusia menghargai antar sesama.

  1. Allah memberikan kecukupan rezeki

Percaya akan Allah akan memberikan rezeki dan dapat mencukupkan segala kebutuhan baiki jasmani maupun kebutuhan rohani.

  1. Mempunyai rasa kepercayaan diri yang tinggi

Manusia yang bertawakal akan mempunyai rasa percaya diri yang tinggi karena yakin bahwa apapun bisa terjadi apabila Allah menghendaki. Allah akan memberikan rezeki, pertolongan maupun musibah dan bencana didalam kehidupan.

  1. Tidak memiiki rasa gelisah

Tidak memiliki rasa gelisah, hidup aman tenteram dan damai.

  1. Menjadikan seseorang menjadi manusia yang dihragai dan mulia.

Orang yang selalu bertawakal akan mndapatkan kedudukan yang lebih tinggi daripada orang yang tidak bertawakal kepada Allah.

  1. Mendapatan kenikmatan yang tidak pernah berhenti

Bagi seseorang yang selalu bertawakal kepada Allah maka akan diberikan kenikmatan yang man atidak akan pernah berhenti. Sikap tawakal kita haruslah kita iringi dengan berusaha dan bekerja keras.

  1. Akan dijauhkan dari adanya godaan setan duniawi

Bagi manusia yang bertawakal kepada Allah akan dijauhkan dari adanya godaan-godaan setan dan apapun yang bersifat duniawi yang negatif.

  1. Akan masuk sorga tanpa adanya hisab

Allah akan memberikan jalan kemudahan bagi umatNya yang selalu bertawakal didunia yaitu dengan cara memberikan kemudahan ddialam akhirat yaitu akan masuk sorga didalam keadaan apapun.

Sifat tawakal memiliki banyak fungsi dan juga manfaat yang baik bagi kehidupan umat manusia, maka dari itu manusia di muka bumi haruslah mempunyai sifat tawakal didalam dirinya. Sikap tawakal tidak dapat datang tiba-tiba tetapi haruslah dilatih sejak dini.

Baca Juga :

Ada beberapa hal yang perlu diketahui yang dapat dijadikan sebagai pelajaran guna dapat peroleh sifat tawakal, yaitu :

  • Tidak perlu mengejar harta didalam duniawi tanpa memperdulikan sesama dilingkungan hidup kita. Contoh, tipu mulihat, korupsi dan adanya tindakan kejahatan lainnya.
  • Jangan terlalu berlarut dialam kesedihan, apabila kehilangan suatu benda atau barang bahkan kehilangan seseorang sekalipun didalam hidup kita, kita harus menguatkan diri untuk mengikhlaskan apa yang telah terjadi atau yang telah hilang.
  • Hidup sederhana.
  • Dialam menerima hasil keputusan haruslah terima dengan hati yang tulus dan ikhlas.

Itulah pengertian beserta fungsi dan manfaat dari Tawakal, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari tentang artikel ini. Sampai bertemu di artikel selanjutnya.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *