Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi dan Contoh Satelit

Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi dan Contoh Satelit – Indonesia memiliki satelit di angkasa raya yang disebut satelit palapa. Salah satu fungsi dari satelit ini adalah untuk melancarkan proses informasi. Tentu kita bertanya tanya apa sih satelit itu?

Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi dan Contoh Satelit

Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi dan Contoh Satelit

Satelit adalah mesin yang berputar putar di langit. Mesin ini memiliki teknologi super canggih yang mampu mengawasi segala aktifitas masyarakat dunia.

Dengan bantuan satelit lah internet yang kini jadi pujaan muncul ke permukaan. Pertanyaannya adalah apakah argumentasi satelit adalah mesin yang berputar putar di angkasa adalah benar?

Baca Juga : Pengertian, Susunan, dan Sistem Tata Surya

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut ini kami jelaskan secara rinci tetang satelit. Dalam kupasan ini kami sertakan pula pengertian, jenis jenis satelit, fungsinya dan beberapa contohnya.

PENGERTIAN SATELIT

Satelit adalah benda benda langit yang bergerak berputar di angkasa raya.  Satelit bergerak mengitari benda benda langit lainnya dalam waktu tertentu. Bukan itu saja, model rotasi atau perputaran satelit juga khusus.

Satelit dibagi menjadi dua yaitu satelit alami dan satelit buatan. Satelit alami bumi adalah bulan, yang mana satelit ini selalu statis mengitari bumi yang kita tempati. Sedangkan Satelit buatan adalah satelit yang dikirimkan oleh manusia ke luar angkasa. Satelit buatan pertama yang ada di langit adalah satelit sputnik buatan negara Uni soviet yang diluncurkan pada tahun 1957.

Uniknya, Akibat peluncuran pertama ini, USA pun tidak mau kalah. Sehingga satu tahun setelahnya yaitu pada tahun 1958 Amerika pun meluncurkan satelit pertamanya bernama Explore 1. Dari sinilah seteru Amerika dengan Uni Sovyet tentang ruang angkasa mulai bermula.

Pada umumnya fungsi satelit adalah menjaga stabilitas alam termasuk bumi kita sekaligus untuk membantu mempermudah aktifitas manusia di bumi yang di dalamnya terdapat manfaat komunikasi. Salah satu produk dari satelit adalah internet serta signal HP yang berfungsi sebagai alat pengatur komunikasi melalui Handphon.

Nah, dari deskripsi diatas, sudah jelas kalau pengertian satelit adalah benda benda langit yang berputar mengelilingi benda benda langit lainnya dengan waktu dan model perputaran tertentu yang berfungsi untuk menjaga stabilitas alam raya sekaligus sebagai sarana komunikasi masyarakat dunia.

JENIS JENIS SATELIT

Untuk satelit alami planet bumi, namanya adalah  bulan dan katanya planet planet lain juga memiliki satelit berbeda dengan nama yang juga berbeda. Sedangkan satelit buatan memiliki banyak jenis dan varian. Nah, jenis jenis satelit buatan inilah yang akan kami jelaskan.

  1. Satelit Komunikasi

Satelit komunikasi adalah satelit yang berfungsi sebagai sarana penguat sinyal komunikasi. Jika satelit ini berfungsi dengan baik, proses komunikasi masyarakat dunia juga akan baik. Internet tidak lemot, telepon tidak putus putus, siaran TV on air lancar dan lain lain.

  1. Satelit Angkasa

Satelit angkasa yang disebut juga dengan istilah satelit astronomi adalah satelit yang bertugas memperhatikan gerakan benda benda langit lalu hasil monitornya akan dikirimkan ke bumi berupa sekumpulan data. Nah, data satelit inilah yang dijadikan pantauan tentang serangan meteor, berkurangnya cahaya matahari, penelitian tentang jumlah planet dll.

  1. Satelit Observasi

Beberapa waktu yang lalu, telah terjadi stunami di palu. Luar biasanya,  pergerakan air laut yang masuk ke daratan ini terpantau jelas dari angkasa bahkan lengkap dengan peta peta kota yang terkena. Jika anda masih belum tahu mengapa peristiwa naas tersebut bisa terekam dari luar angkasa, maka sesungguhnya satelit pelakunya. Ya satelit memang memiliki fungsi mengamati atau observasi segala aktivitas di bumi.

  1. Satelit Spionase

Satelit ini biasanya digunakan oleh militer untuk menunjang operasi perang yang mereka lakukan. Salah satunya adalah untuk mengetahui keberadaan musuh serta untuk mengintai kegiatan kegiatan lawan.

  1. Satelit Tenaga Surya

Satelit tenaga surya ini adalah satelit yang berfungsi untuk memberikan cadangan energi di bumi dengan menggunakan cahaya matahari. Bentuk kerjanya adalah satelit melalui transmisinya menyedot cahaya surya lalu dikirimkan ke bumi untuk dijadikan energi tenaga surya. Sistem ini biasanya digunakan untuk listrik.

FUNGSI FUNGSI SATELIT

Berikut ini akan kami list fungsi fungsi satelit secara lengkap baik fungsi satelit alami maupun fungsi satelit buatan.

A). Fungsi Satelit Alami

  1. Melindungi Bumi dari serangan meteor dan benda langit lainnya
  2. Menyeimbangkan volume kecepatan pergerakan rotasi sebuah planet
  3. Menstabilkan terjadinya siklur air laut
  4. Mengurangi Efek serangan ultraviolet
  5. Memberikan sedikit cahaya di malam nan gelap

B). Fungsi Satelit Buatan

  1. Untuk memudahkan proses komunikasi
  2. Untuk memantau perkembangan dan situasi geografis dan astronomis dunia
  3. Sebagai alat informasi tentang cuaca dan perkembangan antariksa
  4. Sebagai sarana atau alat melakukan riset tentang angkasa
  5. Mempermudah operasi militer dalam perang

Nah, yang tak kalah pentingnya tentang fungsi satelit buatan adalah bisa menjadi lambang prestisius sebuah negara. Jika suatu negara mampu melontarkan satelit dari roket yang mereka terbangkan, dunia akan mengakuinya sebagai negara yang hebat.

CONTOH CONTOH SATELIT

Nah, pada ulasan terakhir ini, kami akan memberikan beberapa contoh satelit yaitu :

  1. Satelit Explorer 1 milik Amerika
  2. Satelit Baskahara 1 milik India
  3. Satelit Express-AM5 milik Rusia
  4. Palapa C1 dan Telkom – 1 milik Indonesia

Dan masih banyak lagi contoh contoh satelit yang lainnya.

Itulah pengertian, jenis jenis dan fungsi satelit beserta contohnya. Baik satelit buatan maupun satelit alami bumi yaitu bulan.

Baca Juga : Pengertian, Klasifikasi dan Sejarah Pemberian Nama Planet

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018