Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi, dan Unsur Seni Tari

Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi, dan Unsur Seni Tari – Seni tari merupakan jenis kebudayaan kebanggaan Indonesia. Bahkan, seni gerak berirama ini terkenal hingga ke mancanegara. Ada banyak tari di bumi pertiwi seperti tari kecak, tapi piring, tari muang sangkal, tari jaipong dan lain lain.

Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi, dan Unsur Seni Tari

Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi, dan Unsur Seni Tari

Walaupun tari menjadi senjata negara untuk menarik para wisatawan asing masuk ke Indonesia, dalam perkembangan eksistensinya masih sangat kurang.

Baca Juga :

Bahkan, oleh kalangan tertentu, tari masih dianggap kegiatan negatif yang tidak boleh diajarkan dan dikembangkan. Ya, tari memang pernah rusak ketika propaganda Belanda menjadikannya sebagai tontonan vulgar di kala itu.

Namun, ketika kita mengetahui secara detail tentang seni tari, tentu pandangan kita akan berubah. Bahkan kita akan melakukan berbagai usaha untuk mengembalikan tari kepada nilai nilai luhur yang dikandungnya.

Maka dari itu, memahami tari dari segi aspeknya layak untuk ditekuni oleh para generasi muda.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan tentang pengertian tari yang kami padukan dengan jenis, fungsi dan unsur unsurnya.

Tujuan kami semoga dengan adanya artikel ini, pemahaman kita semua tentang tari menjadi lebih positif dan proporsional.

PENGERTIAN TARI

Secara garis besar tari mengandung makna gerak tubuh yang berirama. Berirama disini maksudnya adalah gerakan tubuh mengikuti irama musik yang mengalun atau ketukan yang terdengar.

Tari biasanya dilakukan secara personal atau berkelompok yang dari gerakan gerakan mereka terlihat dengan jelas esensi atau makna dari tari yang mereka lakukan.

Biasanya makna yang dipertontonkan melalui tari adalah makna makna seputar kehidupan. Uniknya, tari tari di Indonesia memiliki makna kehidupan yang berbeda beda.

Tari juga berisi kata hati yang coba diungkapkan dengan cara berbeda yaitu dengan cara mentransfer kata kata tersebut menjadi gerakan badan. Bahkan, kerling mata penari pun bisa mewakili perasaan mereka di kala itu.

Nah, dari narasi diatas bisa disimpulkan kalau seni tari adalah gerakan tubuh yang berirama ( ritmis ) yang dilakukan oleh individu atau berkelompok sebagai sarana untuk menyampaikan perasaan sang penari tentang makna dan arti kehidupan.

JENIS JENIS TARI

Jenis jenis tari sangat banyak. Namun, semua jenis tari ini bisa digolongkan menjadi dua jenis saja yaitu tari menurut jumlah personel dan tari menurut alirannya. Ini dia penjelasan dua jenis tari tersebut.

A). Tari Menurut Jumlah Personel

  1. Tari Tunggal

Tari tunggal adalah jenis tari yang penarinya hanya satu orang bisa penari perempuan ataupun penari laki laki. Contoh tari ini adalah tari gatot kaca yang terkenal di daerah Jawa Tengah

  1. Tari Berpasangan

Tari berpasangan adalah tari yang dilakukan oleh dua orang penari. Formasinya bisa bermacam macam bisa laki laki dengan laki laki, perempuan dengan perempuan atau laki laki berpasangan dengan perempuan. Sedangkan contoh tari ini adalah tari topeng dari Jawa Barat.

  1. Tari Berkelompok

Tari berkelompok ini adalah jenis tari yang dilakukan oleh banyak penari. Tari jenis ini terdapat di Aceh yang disebut tari saman.

B). Tari Menurut Aliran Atau Genre

Pada jenis tari ini, bukan hanya gerakan badan saja yang berperan, iringan musik juga ikut andil. Makanya, berbeda iringan musik, maka tentu aliran atau genre tari tersebut juga berbeda.

  1. Tari Tradisional

Tari tradisional adalah tari yang telah menjadi adat istiadat masyarakat setempat. Biasanya tari ini sudah diturunkan dari berbagai generasi dan tetap eksist sampai saat ini. Ciri ciri tari ini biasanya, musik, busana, hingga gerakannya tidak berubah dari sejak pertama kali ia ditemukan.

  1. Tari Kreasi Baru

Tari kreasi baru adalah jenis tari yang busananya masih tradisional, iringan musiknya tradisional tetapi, gerakan yang dilakukan berbeda.

Biasanya tari ini dilakukan di panggung panggung pementasan dan untuk menambah nilai artistik serta estetika, maka penata tari akan memberikan suntikan gerakan baru pada tari tradisional tersebut. Inilah yang menjadi cikal bakal munculnya tari modern.

  1. tari Kontemporer

Tari kontemporer atau tari kekinian adalah tari yang dasarnya tidak mengambil dari tari tradisional. Pada tari ini semuanya berbeda, baik gerakan, busana, tata rias bahkan iringan musik serta alat alat musiknya juga berbeda.

FUNGSI TARI

Tari bukan semata seni gerak yang tidak memiliki makna. Bahkan seni ini memiliki fungsi yang bagus untuk direnungkan sebagai gerakan yang memiliki filosofis kehidupan yang cukup tinggi. Berikut ini kami list fungsi fungsi tari tersebut, yaitu :

  1. Memberikan Tontonan yang Indah
  2. Memberikan perenungan berbeda pasal ketuhanan atau relegiutas
  3. Menghilangkan penat, stress dan rasa jenuh para penikmatnya
  4. Melakukan interaksi secara unik yang berkenaan dengan pergaulan antar sesama
  5. Mengenalkan warisan budaya leluhur bangsa

UNSUR SENI TARI

Nah, jika anda sudah tahu secara jelas tentang pengertian, jenis dan fungsi tari, maka biar pemahaman anda lebih lengkap lagi berikut ini kami list juga beberapa unsur tari, yaitu :

  1. Ada penari baik solo maupun kelompok
  2. Terdapat iringan musik
  3. Ada Gerakan Badan
  4. Terdapat pola lantai
  5. Rias dan kostum

Itulah pengertian seni tari secara lengkap. Silahkan jaga kebudayaan ini sebagai entitas bangsa sehingga bangsa kita terus mendapat apresiasi dari negara negara luar.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018