Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Salak

Diposting pada

Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Salak – Kali ini kita akan membahas tentang bunga salak. Nah, penyerbukan merupakan sebuah peristiwa alami jatuhnya serbuk sari lalu menempel pada kepala putik. Kemudian terjadi proses pembuahan sempurna pada bunga dan melalui proses fotosintesis.

Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Salak
Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Salak

Jadi serangga adalah jenis hewan yang melakukan bantuan penyerbukan terhadap bunga dengan tingkat kesuksesan tertinggi. Karena hubungan yang terjalin antara serangga dan bunga adalah bentuk jalinan simbiosis yaitu hubungan yang sama sama menguntungkan. (Baca Juga : Pengertian dan Contoh Simbiosis)

Ialah bunga memberi fasilitas pada serangga dengan banyak nutrisi sedangkan bunga diuntungkan karena serangga membantu mempercepat penyerbukan yang jarang terjadi

Cara penyerbukan pada bunga oleh serangga

  • Pada saat serangga (kupu kupu, lebah madu atau kumbang) singgah dan hinggap dibagian bagian bunga yang tujunnya untuk menghisap sari madu. Dan tanpa sengaja kakinya menginjak serbuk sari yang menyebabkan ratusan serbuk sari itu melekat pada kakinya.
  • Kemudian ketika serangga berpindah pada bagian kepala putik untuk menghisap sari madu yang lain. Yang terjadi adalah serbuk sari yang tadi melekat pada kakinya akan berjatuhan dan menempel pada kepala putik dalam jumlah yang cukup banyak.

Cara penyerbukan bunga salak

Bunga salak adalah jenis tanaman buah yang paling mudah ditemukan dibeberapa toko buah. Jadi kamu tidak perlu heran jika banyak budidaya dan penanaman salak sebagai salah satu tanaman yang bermanfaat.

Dan dari kelompok bunganya, salak termasuk jenis bunga tidak sempurna karena dalam satu bunga hanya terdapat satu organ seksual saja.

Namun oleh karena itu, kamu yang berminat untuk menanam tanaman. Kamu perlu mengetahui bagaimana bentuk dan morfologi dari bunga salak jantan dan bunga salak betina.

Jadi secara morfologi bunga, salak terbagi menjadi 3 jenis tanaman yaitu salak campuran, salak jantan dan salak betina. Dibawah ini penjelasan mengenai kondisi morfologi dan karakter dari masing masingnya

  • Yang pertama yaitu bunga salak campuran : nah, bunga salak campuran adalah jenis bunga salak yang terdiri dari tongkol bunga jantan dengan bunga sempurna.
  • Selanjutnya ada bunga salak jantan : untuk ukuran bunga salak jantan lebih kecil daripada bunga salak betina. Lalu bentuk dari bunga salak jantan mirip dengan biji pinus jantan atau strobilus jantan. Dan jumlah malai pada bunga salak jantan terdapat 4 buah malai.
  • Dan ada bunga salak betina : jadi pada salak betina, ukurannya lebih besar daripada bunga salak jantan. Untuk itu, adapun jumlai malai bunga salak betina hanya ada 1 buah saja.

Dan perlu kamu ketahui kalau pohon salak akan menghasilkan bunga ketika usia 3-4 tahun setelah ditanam. Apabila jika kamu menanamnya dalam kondisi yang cukup dewasa.

Dan sedangkan kamu yang menanamnya ketika pohon salak masih anak-anak maka salak akan berbunga ketika usia 1-2 tahun. Dan dalam kondisi mekar, struktur anatomi tanaman pada bunga salah akan bertahan selama 3 hari saja.

Cara penyerbukan bunga salak

Dan hewan polinator untuk penyerbukan bunga biasanya kupu kupu dan lebah, tetapi bunga salak dilakukan penyerbukan oleh sejenis kumbang.

  1. Salak yang bisa dilakukan penyerbukan oleh kumbang adalah bunga salak jantan yang memiliki aroma kuat ketika mengalami pembungaan
  2. Ketika kumbang berada di bunga salah jantan yang tengah berbunga maka serbuk sari jatuh dan melekat pada tubuh kumbang.
  3. Selanjutnya bunga salak betina yang memiliki aroma kuat dan berbunga akan dihampiri oleh kumbang. Saat kondisi inilah yang bisa mendukung, misalnya kumbang yang membawa serbuk sari jantan sehingga terjadi penyerbukan.
  4. Lalu menaruhnya di atas bunga salak betina. Penyerbukan bunga salak akan berhasil jika jumlah serbuk sari yang dibawa kumbang cukup banyak.

Secara alamiah, kumbang bisa membantu pohon salak untuk tetap terjaga siklus kehidupannya. Selain itu, salah satu contoh tumbuhan berkeping satu ini ternyata bisa dilakukan penyerbukan oleh manusia. Dan karena mempunyai rasa buah yang asam dan manis serta kaya akan gizi dan nutrisi.

Karena cara penyerbukan bunga salak bukan hal rumit bagi mereka yang memiliki kebun salak. Maka berikut ini ada beberapa tahapan yang bisa anda ikuti supaya cara penyerbukan bunga salak anda berhasil.

  1. Pertama pilih bunga salak jantan dan bunga salak betina yang akan dilakukan untuk penyerbukan. Syaratnya agar bisa terjadi penyerbukan yaitu bunga salak jantan yang menghasilkan serbuk sari yang melimpah dan betina yang usianya sudah cukup untuk dilakukan penyerbukan.
  2. Kedua taruh bunga salak jantan diatas bunga betina, caranya pada bunga salak jantan dibelah menjadi 3 bagian, hal ini dilakukan agar terjadi penyerbukan sendiri.
  3. Ketiga tunggu hingga 1 bulan sampai bunga jantan dan bunga betina menghasilkan bakal buah.

Nah, demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara penyerbukan bunga salak. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Salak

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *