Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

18 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kemenyan

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kemenyan – Secara ilmiah kemenyan dikalsifikasikan menjadi :

  • Kingdom (Kerajaan) : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Classis (Kelas) : Magnoliopsida
  • Ordo : Ebenales
  • Famili : Styracaceae
  • Genus : Styrax
  • Spesies : Syrax benzoin Dryand
18 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kemenyan

18 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kemenyan

Kemenyan biasanya dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan untuk pelengkap sesajen, terutama di kalangan masyarakat Jawa.

Ternyata, getah dari kemenyan memiliki manfaat dalam bidang kesehatan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Kandungannya obat yang dimiliki telah melalui tahap uji laboratorium, sehingga ini teruji secara ilmiah dan memiliki data yang lebih akurat.

Ternyata kemenyan ini sudah digunakan diberbagai negara sebelumnya sebagai obat-obatan, sehingga tidak diragukan lagi khasiatnya.  Beberapa manfaat dan khasiat getah kemenyan antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Menyembuhkan tumor

Getah kemenyan dapat membantu menyembuhkan tumor yang diderita oleh manusia. Tumor merupakan penyakit yang proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang lama, sehingga penderita harus benar-benar sabar dalam menjalani proses penyembuhan tersebut.

Penggunaan getah pohon kemeyan, bisa mengatasi penyakit tumor dengan lebih cepat dari biasanya.

  1. Mengobati kanker

Salah satu cara mengobati kanker secara alami adalah dengan menggunakan getah dari pohon kemenyan.

  1. Membunuh kuman dan bakteri dalam tubuh
  2. Membantu menangkal radikal bebas
  3. Menyembuhkan luka

Getah kemenyan berperan aktif dalam mencegah terjadinya infeksi pada kulit yang terluka, hal ini akan membantu proses pengeringan menjadi lebih cepat.

  1. Meringankan sakit gigi
  2. Menghilangkan bau mulut
  3. Menetralkan racun di dalam tubuh
  4. Menyembuhkan penyakit flu
  5. Mengatasi gejala asma
  6. Mengatasi bronchitis
  7. Pencegah demam berdarah
  8. Menurunkan kolesterol
  9. Mengatasi masalah pencernaan
  10. Mengobati penyakit kulit
  11. Meningkatkan kesehatan jantung
  12. Mengatasi pegal-linu
  13. Mengatasi sakit pada tenggorokan

Pada abad ke- 10, seorang ahli pengobatan yang bernama Ibnu Sina merekomendasikan kemenyan sebagai obat dari penyakit muntah, tumor, disentri, bisul dan demam.

Sedangkan pengobatan Cina sudah mengenal kemenyan sebagai obat masalah kulit dan pencernaan.

Lain halnya dengan pengobatan di India, kemenyan bermanfaat untuk mengobati penyakit arthritis, yang didukung dengan sebuah penelitian laboratorim di Amerika Serikat. Pada umumnya, kemenyan biasa dipakai sebagai urusan mistis. Secara tradisional, kemenyan digunakan dalam kegiatan spiritual yang menjadi syarat utama dalam sesajen.

Namun pada penelitian-penelitian yang telah dilakukan, kemenyan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang dilakukan oleh peneliti dari King Abd Al-Aziz University, Arab Saudi. Ternyata, kemenyan juga dapat dimanfaatkan dalam dunia industri ke-farmasi-an yaitu sebagai pengawet dan juga sebagai campuran obat batuk.

Sedangkan dalam industri parfum, kemenyan juga dimanfaatkan sebagai bahan bakunya. Kemenyan memiliki sifat fiksatif yang dapat mengikat minyak atsiri yang tidak menyebabkan dapat menguap dengan cepat.

Selain sebagai wewangian, kemenyan juga dapat dimanfaatkan sebagai aroma terapi dan juga perawatan kulit. Dalam industri lain, juga dimanfaatkan sebagai bahan campuran rokok.

Kayu kemenyan juga memiliki manfaat yang tidak kalah hebat yaitu digunakan untuk bangunan rumah dan juga jembatan. Sedangkan akar kemenyan memiliki kandungan cairan yang berwarna kemerah-merahan yang bermanfaat sebagai insektisida.

Tanaman kemenyan memiliki kaya kandungan zat yang bermanfaat, diantaranya memiliki kandungan resin, olibanol, terpenes, flavonoid, polifenol, saponin. Resin pada kemenyan dihasilkan jika batang mengalami infeksi oleh funi atau jamur jenis tertentu.

Resin kemenyan sebagian besarnya mengandung asam benzoat dan juga turunannya, seperti stirol, vanilin, sumaresinol, lubanolbenzoat, benzaldehida, fenilpropilsinamat dan benzilsinamat.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018