Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Tahap Perkembangan, Kelompok dan Manfaat Linguistik

Pengertian, Tahap Perkembangan, Kelompok dan Manfaat Linguistik – Dewasa ini, tentu kita sering mendengar kata linguistic yang terkait dengan suatu bahasa.

Namun, apakah kita sudah mengetahui trntang arti sesungguhnya dari linguistic itu sendiri?

Pengertian, Tahap Perkembangan, Kelompok dan Manfaat Linguistik
Pengertian, Tahap Perkembangan, Kelompok dan Manfaat Linguistik

Linguistic berasal dari bahasa latin lingua yang artinya “bahasa”. Jadi linguistic dapat diartikan sebagai ilmu yang menjadikan bahasa sebagai objek kajian atau ilmu mengenai bahasa.

Linguistic disini tidak hanya mempelajari bahasa saja, namun juga mengkaji tentang seluk beluk bahasa itu sendiri.

Ada banyak ilmu yang mempelajari tentang bahasa, yaitu susastra yang menganggap bahwa bahasa sebagai wadah seni, sosiologi yang memandang bahasa sebagai alat interaksi social antar masyarakat, psikologi yang memandang bahasa sebagai suatu hal yang terkait dengan kejiwaan, fisika yang memandang bahasa sebagai fenomena alam, dan linguistic itu sendiri yang memandang bahasa sebagai wujud bahasa itu sendiri.

Dalam ilmu linguistic, terjadi tiga tahap perkembangan, yaitu:

1). Tahap pertama (spekulasi)

Dalam tahap ini, kesimpulan mengenai sesuatu hal dilakukan atau didapatkan tanpa adanya prosedur-prosedur khusus. Jadi hanya diambil berdasarkan spekulasi saja.

2). Tahap kedua (observasidan klasifikasi)

Pada tahap ini, para ahli bahasa mengumpulkan dan membagi fakta mengenai bahasa hingga didapatlah suatu kesimpulan.

3). Tahap ketiga (perumusan teori)

Melalui data yang telah terkumpul dan kemudian dikaji dalam tahapan ini, akan memunculkan permasalahan yang kemudian akan dirumuskan suatu hipotesis untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Di dalam Linguistik juga terdapat sub ilmu yang dikelompokkan berdasarkan :

a). Objek Kajiannya

  • Bahasa secara umum atau khusus
  • Bahasa pada masa tertentu atau bahasa sepanjang masa
  • Struktur internal bahasa atau struktur eksternal bahasa

b). Tujuan pengkajiannya (teori atau terapan)

c). Teori atau aliran (untuk menganalisis objeknya)

Manfaat linguistic

Linguistic juga dapat memberikan manfaat terhadap orang-orang yang memang berkecubung dalam dunia bahasa, manfaat-manfaat tersebut diantaranya :

  • Bagi politikus

Bahasa dapat membantu berkomunikasi antara pelaku politik dengan masyarakat secara lancar.

  • Guru bahasa

Mengajarkan katrampilan berbahasa. Karena peran seorang guru adalah untuk mendidik khususnya para peserta didiknya agar dapat berbahasa dengan baik dan benar.

  • Linguis

Melaksanakan dan menyelesaikan penyelidikan terkait dengan Bahasa. Linguis memiliki andil besar terkait dengan segala hal mengenai bahasa, jadi mereka (para linguis) harus menguasai linguistik dengan baik.

  • Penyusun Buku Teks

Suatu teks harus diciptakan sesuai kaidah bahasa yang tepat dan benar, sehingga linguistic dapat membantu dalam penyusunan kalimat-kalimat hingga menjadi sebuah teks.

  • Penyusun Kamus

Menyusun kamus bukanlah hal yang mudah, lebih-lebih Bahasa Indonesia yang memiliki banyak sekali keberagaman. Sehingga linguistic diperlukan dalam hal kelengkapan dan ketepatan kamus sesuai kaidah bahasa yang berlaku.

  • Penerjemah

Akan membantu menghasilkan terjemahan yang berterima bagi masyarakat bahasa sasaran. Selain itu dengan linguistic penerjemah dapat menghasilkan terjemahan yang bagus dan sesuai dengan maksud dari Teks Sumber.

Demikian tadi terkait dengan Linguistik, mulai dari pengertian linguistic, tahapan yang terjadi dalam linguistic, subilmu dalam lingusitik, dan manfaat linguistic.

Mengingat perkembangan bahasa yang sudah semakin pesat, kita memerlukan linguistic ini agar dapat beradaptasi dengan kemajuan tersebut dan tetap berada pada jalur bahasa yang baik dan benar.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dan khususnya bagi penulis sendiri. Sebagai penutup, hendaknya kita sebagai Warga Negara Indonesia senantiasa mempergunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar, bahkan jika perlu kita dapat mempelajarinya dan memperdalamnya dengan menggunakan Lingustik ini.

You May Also Like

About the Author: ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *