Pengertian dan Hubungan Komunikasi Verbal dan Non Verbal

Diposting pada

Pengertian dan Hubungan Komunikasi Verbal dan Non Verbal – Ada dua bentuk komunikasi yang digunakan di dalam kehidupan manusia yaitu komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal.

Pengertian dan Hubungan Komunikasi Verbal dan Non Verbal
Pengertian dan Hubungan Komunikasi Verbal dan Non Verbal

Komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal adalah dua cara komunikasi yang berbeda. Penjelasan lebih lanjut akan dijelaskan dibawah ini.

Pengertian Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal adalah komunikasi yang menggunakan simbol-simbol verbal.

Komunikasi verbal adalah suatu bentuk kegiatan percakapan atau penyampaian pesan maupun informasi yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara lisan maupun tulisan.

Komunikasi verbal terbagi menjadi dua yaitu komunikasi lisan atau oral communication yang dibuktikan dengan cara berbicara dan mendengar sedangkan komunikasi tertulis atau written communication yang dibuktikan dengan menulis dan membaca.

Media yang digunakan dalam komunikasi verbal yaitu menggunakan media bahasa, karena bahasa dapat menerjemahkan pikiran yang ada pada diri seseorag yang diutarakan kepada orang lain.

Sedangkan media alat yang digunakan dalam penyampaian pesan verbal bisa melalui langsung antara orang dan orang lain bertatap muka atau melalui media telefon. Sedangkan media komunikasi verbal yang tertulis bisa melalui surat menyurat. (Baca : Pengertian Surat)

Ada tiga fungsi bahasa yang erat hubungannya dalam menciptakan komunikasi yang efektif yaitu bahasa untuk mempelajari tentang dunia di sekeliling, untuk membina hubungan yang baik antar sesama manusia, untuk menciptakan ikatan-ikatan dalam kehidupan manusia.

Baca Juga : Pengertian Komunikasi Multidisiplin

Jenis-jenis komunikasi verbal antara lain:

  • Berbicara dan Menulis

Berbicara adalah komunikasi verbal-vokal sedangkan menulis adalah komunikasi verbal-nonvokal.

  • Mendengarkan dan Membaca

Mendengar artinya memungut getaran bunyi sedangkan mendengarkan adalah mengambil makna dari suara yang di dengar.

Sedangkan membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi yang ditangkap melalui indera penglihatan terhadap sesuatu yang tertulis.

Contoh penggunaan komunikasi verbal yaitu seperti percakapan melalui telefon, surat menyurat yang ditulis diatas kertas atau yang menggunakan media elektronik seperti email, SMS, presentasi di antara banyak orang dengan menampilkan materi presentasi, menonton televisi, mendengarkan siaran radio, menonton berita dan lainnya.

Pengertian Komunikasi Nonverbal

Komunikasi nonverbal proses komunikasi yang cara penyampainnya tidak melalui kata-kata akan tetapi dengan menggunakan gerakan atau isyarat.

Bentuk komunikasi nonverbal ini memakai gerakan seprti bahasa tubuh, ekspresi wajah, kontak mata, pakaian, warna, intonasi suara dan lainnya.

Komunikasi nonverbal bisa dikatakan sebagai komunikasi verbal, jika suatu pesan hanya disampaikan melalui ucapan akan menimbulkan pengertian yang berbeda dengan pesan yang disampaikan dengan menggunakan ekspresi wajah atau nada suara.

Tujuan dibentuknya komunikasi nonverbal adalah untuk menyediakan komunikasi, mengatur alur suatu percakapan, mengekspresikan suatu emosi, memberi sifat, melengkapi, menentang atau mengembangkan pesan-pesan verbal, mengendalikan atau mempersuasi orang lain.

Jenis-jenis komunikasi nonverbal antara lain:

  • Sentuhan

Yang termasuk dalam sentuhan yaitu seperti bersalaman, menggenggam tangan, berciuman, pukulan, dan hal-hal lain yang terjadi bersentuhan antara anggota tubuh manusia dengan manusia lain.

Setiap sentuhan yang terjadi memiliki pesan yang berbeda bisa bermakna positif bisa juga bermakna negatif.

  • Kronemik

Kronemik adalah bidang yang mempelajari penggunaan waktu dalam komunikasi nonverbal.

Penggunaan waktu dalam komunikasi nonverbal meliputi durasi yang dianggap cocok dalam suatu aktivitas.

  • Gerakan Tubuh

Gerakan tubuh yang terjadi dalamkomunikasi nonverbal seperti eksresi wajah, isyaratm sikap tubuh atau kontak mata. Gerakan tubuh digunakan untuk menggantikan suatu kata atau frasa.

  • Proxemik

Proxemik atau yang disebut juga bahasa ruang, yaitu jarak yang digunakan ketika berkomunikasi dengan orang lain termasuk tempat dan posisi terjadinya komunikasi.

  • Vokalik

Vokalik adalah unsur nonverbal dalam suatu ucapan yaitu cara berbicara.

  • Lingkungan

Lingkungan juga dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu. Diantaraya adalah penggunaan ruang, jarak, temperatur, penerangan dan warna.

Contoh komunikasi nonverbal yaitu seperti mengangguk untuk mengatakan iya, memukul dahi ketika lupa sesuatu, mengedipkan mata ketika memberikan sebuah isyarat untuk melakukan sesuatu, dan cara-cara lainnya yang digunakan selain menggunakan kata dan tulisan.

Hubungan Komunikasi Verbal dan Komunikasi Nonverbal

Setelah mengetahui perbedaan antara komunikasi verbal dan komunikasi nnonverbal, meskipun berbeda tetapi keduanya memiliki hubungan yang erat.

Fungsi dari lambang-lambang verbal maupun nonverbal adalah untuk memproduksi makna yang komunikatif.

Pesan-pesan nonverbal juga berfungsi untuk mengkontradiksikan atau menegaskan pesan verbal seperti dalam sarkasme atau sindiran-sindiran tajam.

Komunikasi nonverbal juga berfungsi sebagai pengatur komunikasi verbal. Pesan-pesan nonverbal berfungsi untuk mengendalikan sebuah interaksi dalam suatu cara yang sesuai dan halus.

Komunikasi nonverbal juga memberikan penekanan terhadap pesan verbal. Komunikasi nonverbal juga sebagai pengulangan dari bahasa verbal.

Baca Juga :

Dengan begitu hubungan antara komunikasi nonverbal dengan komunikasi verbal bisa dikaitan sebagai saling pelengkap yaitu komunikasi nonverbal digunakan untuk memastikan bahwa makna yang sebenarnya dari pesan-pesan verbal dapat tidak dapat dimengerti atau bahkan tidak dapat dipahami menjadi jelas dengan diterapkannya komunikasi nonverbal.

Komunikasi verbal dan nonverbal bisa berdiri sendiri sendiri bisa juga digunakan secara bersamaan. Penggunaan komunkiasi verbal dan nonverbal yaitu sebagai pelengka arti dari pesan yang disampaikan.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *