Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Budidaya Tanaman Mangga Dalam Pot Untuk Pemula

Cara Budidaya Tanaman Mangga Dalam Pot – Buah mangga memiliki rasa yang manis dan gurih, sehingga menjadi salah satu buah favorit banyak orang.

Cara Budidaya Tanaman Mangga Dalam Pot Untuk Pemula

Cara Budidaya Tanaman Mangga Dalam Pot Untuk Pemula

Jika Anda memiliki taman atau tanah kosong, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk melakukan budidaya tanaman mangga di dalam pot.

Baca Juga :  Morfologi Tanaman Mangga

Selain mudah, budidaya tanaman mangga juga tidak membutuhkan lahan yang besar, sekaligus dapat dijadikan sebagai tanaman hias hingga tanaman peneduh.

Meskipun tinggi pohon mangga bisa mencapai 12 meter, terdapat varietas mangga tertentu yang berukuran kerdil atau semi-kerdil, sehingga cocok untuk ditanam di dalam pot. Beberapa diantaranya  adalah varietas Irwin dan Namdokmai.

Budidaya tanaman mangga di pot ternyata tidak membutuhkan persiapan yang terlalu rumit. Berikut langkah-langkah mudah untuk membudidayakan tanaman mangga di dalam pot.

Mempersiapkan pot yang tepat

Pot yang tepat untuk budidaya tanaman mangga harus memiliki bahan yang kuat, tidak mudah pecah, serta disertai dengan lubang drainase yang memadai.

Ukuran pot yang dapat Anda gunakan adalah sekitar 50 cm x 50 cm atau lebih besar. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan lapisan potongan tembikar dan kerikil hancur di dasar pot untuk melancarkan proses drainase.

 Mempersiapkan tanah

Tanah yang baik untuk budidaya tanaman mangga harus kaya nutrisi, namun ringan. Campuran yang dapat Anda pilih adalah 40 % campuran tanah dan kulit pohon, 40 % kompos dan 20 % batu apung. pH yang tepat untuk media tumbuh tanaman mangga adalah sekitar 6 – 6,5.

Memilih bibit cangkok mangga yang tepat

Menanam tanaman mangga dari bijinya secara langsung bukanlah pilihan yang tepat karena membutuhkan waktu hingga 6 tahun untuk bisa menghasilkan buah mangga dan tidak ada jaminan bahwa pohon mangga tersebut akan menghasilkan buah.

Oleh karena itu, lebih baik jika Anda membeli bibit cangkok mangga varietas kerdil yang mudah tumbuh dalam wadah, serta cepat berbuah diantaranya jenis Irwin atau Namdokmai. Mangga jenis ini dapat tumbuh hingga 2-4 m.

 Menentukan waktu yang tepat untuk menanam mangga

Dalam melakukan budidaya tanaman mangga, pemilihan waktu penanaman akan menjadi faktor penentu apakah tanaman mangga Anda dapat bertumbuh dengan baik atau tidak.

Waktu yang paling tepat untuk penanaman mangga adalah di bulan Juli-Agustus (sebelum musim hujan) atau bulan April-Mei (setelah musim hujan).

Menanam bibit mangga dalam pot

Media yang telah dibuat ditambahkan ke dalam pot hingga setengah bagian pot. Bibit cangkok mangga diletakan di bagian tengah, lalu ditambahkan media hingga 5 cm sebelum mulut pot.

Media dipadatkan dengan menggunakan tangan, lalu tanaman mangga disiram dengan air.

Penempatan tanaman mangga

Pot yang telah berisi bibit mangga diletakan di tempat yang mendapatkan banyak sinar matahari karena pohon mangga membutuhkan 8-10 jam paparan sinar matahari setiap harinya.

Penyiraman tanaman mangga

Pada tahun pertama, Anda harus rutin menyiram pohon mangga Anda setiap pagi atau sore hari. Setelahnya, Anda cukup menyiram pohon mangga Anda ketika bagian atas tanah media pohon mangga sudah mulai mengering.

Perawatan tanaman mangga

Secara teratur, tambahkan pupuk ke dalam media tanah ketika tanaman mangga Anda sedang dalam proses pertumbuhan.

Anda dapat menggunakan pupuk organik berupa pupuk kandang atau kompos hingga pupuk anorganik. Ketika awal musim mekar, Anda perlu menambahkan pupuk kaya kalium dan fosfor.

Selain itu, Anda juga dapat memangkas batang pohon mangga yang mati atau bercabang, namun tidak perlu terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan jumlah buah mangga yang dihasilkan menurun.

Untuk menghindari hama yang mungkin menyerang pohon mangga Anda, Anda juga perlu menggunakan pestisida organik yang efektif terhadap hama wereng, kutu putih, atau tungau. Pestisida hanya perlu disemprot ketika tanaman Anda terserang hama saja.

Panen buah mangga

Tiga hingga empat bulan setelah pohon mangga berbunga, maka akan mulai menghasilkan buah yang matang.

Buah yang matang ditandai dengan buah mangga yang mulai jatuh dari pohonnya, memiliki warna lebih tua dan sedikit empuk ketika ditekan.

Waktu terbaik untuk memanen mangga adalah pada sore hari. Anda dapat menggunakan pisau atau memotongnya dengan menggunakan tangan kosong saja. Anda dapat memetik buah mangga ketika sudah dalam keadaan matang maupun masih mentah sesuai dengan selera Anda.

Itu dia beberapa cara budidaya tanaman mangga yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

Sekali memanen mangga, Anda bisa memperoleh sekitar 14 buah mangga ketika umur pohon mangga Anda sudah mencapai 5 tahun, sementara ketika umur pohon mangga Anda sudah mencapai 10 tahun, Anda bisa memperoleh hingga 100 buah mangga tiap pohonnya. Banyak sekali, bukan?

Jika Anda tertarik, Anda dapat membeli peralatan dan bahan-bahan budidaya tanaman mangga di toko bibit di sekitar tempat tinggal Anda maupun secara online.

Menanam pohon mangga tidaklah sulit, namun dibutuhkan ketekunan untuk selalu merawat tanaman mangga Anda agar bisa menghasilkan buah yang manis dan enak. Selamat mencoba.

Baca Juga : Letak Jaringan Floem

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018