Pengertian, Proses,  Fungsi dan Bahaya Daur Fosfor

Pengertian, Proses,  Fungsi dan Bahaya Daur Fosfor – Fosfor ialah sebuah elemen yang sangat penting untuk berbagai bentuk kehidupan.

Pengertian, Proses,  Fungsi dan Bahaya Daur Fosfor

Pengertian, Proses,  Fungsi dan Bahaya Daur Fosfor

Salah satu yang penting ialah siklus fosfor. Siklus ini sangat berbeda dengan siklus biogeokimia yang lainnya, ia juga tidak termasuk di dalam fase gas.

Fosfor ini biasanya di temukan pada bumi tepatnya berada di dalam air, sedimen atau tanah.

Berbeda dengan siklus yang lain siklus fosfor ini tidak mampu di temukan pada udara yang memiliki tekanan yang tinggi, karena biasanya fosfor akan cair bila suhu atau tekanan dalam keadaan yang normal.

Proses daur fosfor

Daur atau siklus dari fosfor ini tidak mampu berhenti, bahkan dalam lingkungan biotic pun hingga terjadi proses biologis, daur fosfor ini akan terus berjalan.

Daur fosfor ini memang tidak melalui komponen-komponen atmosfer. Fosfor akan berada di alam menggunakan bentuk ion fosfat.

Ion fosfat ini ialah fosfor yang berkaitan erat dengan oksigen. Ion ini banyak sekali berada di dalam batuan.

Bila terjadi pengikisan serta pelapukan sebuah batuan maka hal ini akan membuat fosfat tersebut larut hingga kemudian terbawa hingga menuju sungai, bahkan hingga ke laut. Setelah menuju ke laut, batuan ini akan membentuk lagi menjadi sebuah sendimen.

Sendimen ini kemudian akan muncul kembali hingga berada di permukaan yang disebabkan pergerakan bumi.

Ion ini akan masuk ke dalam air tanah, sehingga tumbuhan mampu mengambilnya yang kemudian akan terlarut dalam absorbsi, proses ini dilakukan akar, sehingga muncullah rantai makanan.

Fungsi fosfor

Fosfor ini memiliki kegunaan yang sangat di butuhkan oleh makhluk hidup, mungkin bila tidak ada fosformungkin tidak akan ada organic fosfor yang berada di dalam ATP atau Adenosin Trifosfat, DNA atau Asam Dioksiribo Nukleat, ARN atau Asam Ribonukleat.

Mikroorganisme sangat membutuhkan fosfor yang berguna untuk membentuk fosfor organic serta mengubahnya sebagai organic fosfor. Mereka sangat di butuhkan untuk metabolisme kandungan karbohidrat, nukleat, serta lemak.

Selain hal tersebut, fosfor juga memiliki kandungan yang lain. Kandungannya ialah sebagai pembuatan pupuk serta di gunakan untuk pembuatan korek api, peledak, pestisida, odol, detergen, serta kembang api.

Bahaya fosfor

Namun fosfor ini bila penggunaannya disalahgunakan, ia bisa berubah menjadi sangat mengerikan.

Bagaimana tidak ia bisa diubah menjadi sebuah bom yang memiliki kekuatan sangat besar.

Parahnya bom yang dihasilkan oleh campuran fosfor ini akan memiliki sifat membakar.

Jika seorang korban terkena zat fosfor ini dan zat ini menempel di kulit, maka biasanya ia akan mampu merusak organ tubuh yang lainnya seperti jantung, paru-paru, serta usus si korban selama bertahun-tahun lamanya.

Baca Juga :

Zat ini juga akan membakar serta menghanguskan si korban, bahkan bisa menyebabkan nyeri untuk korban.

Para korban akan mengeluarkan sebuah gas yang akan keluar hingga meregang nyawa.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *