Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga – Tanaman mangga merupakan tanaman yang menghasilkan buah. Tanaman ini diperkirakan berasal dari India dan telah menyebar ke seluruh penjuru Asia Tenggara selama 1500 tahun yang lalu.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga

Beberapa negara yang menjadi penyebaran tanaman mangga diantaranya adalah Thailand, Tiongkok, dan Pakistan yang menjadi negara penghasil mangga terbesar di dunia.

Baca Juga :

Tanaman mangga memiliki sejuta manfaat bagi kehidupan. Beberapa diantaranya dapat berasal dari getah mangga yang terdapat pada batang ataupun ranting, kulit pada batang, dan buah. Getah tanaman mangga bermanfaat sebagai obat luar untuk mengatasi berbagai macam penyakit kulit.

Sementara itu, kulit pada batang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri pada persendian. Manfaat lain yang dapat diambil dari tanaman mangga ini adalah buah mangga itu sendiri, baik mangga yang belum matang maupun yang sudah matang.

Di India, mangga muda dimanfaatkan sebagai penyembuh penyakit dalam seperti menyembuhkan dan melancarkan aliran darah, melancarkan saluran pencernaan, memudahkan pembentukan sel-sel baru dalam tubuh, dan lainnya.

Klasifikasi Tanaman Mangga

Tanaman mangga memiliki klasifikasi berdasarkan taksonomi yang telah ditetapkan. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat dari penjabaran berikut ini.

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Divisi : Tracheophyta
  • Sub Divisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledon
  • Ordo : Sapindales
  • Famili : Anacardiaceae
  • Genus : Mangifera
  • Spesies : Mangifera sp.

Morfologi Tanaman Mangga

Tanaman mangga memiliki banyak varietas dan dikaji dalam bentuk klasifikasi dan morfologi. Untuk penjabaran lebih jelasnya, berikut adalah klasifikasi dan morfologi tanaman mangga.

  1. Akar

Tanaman mangga memiliki akar tunggang yang akan tumbuh besar seiring perkembangan tanaman mangga tersebut. Pertumbuhan akar tanaman mangga dapat tumbuh mencengkram tanah hingga kedalaman enam meter.

  1. Batang

Tanaman mangga memiliki batang yang tegak dan kokoh serta memiliki cabang maupun ranting yang kuat dikarenakan tanaman ini memiliki kandungan kambium.

Terdapat kulit tebal yang menyelimuti batang mangga dengan permukaan kasar dan memiliki celah-celah yang bersisik. Warna batang tanaman mangga dipengaruhi oleh usia tanaman mangga tersebut.

Jika usia batang mangga terbilang masih muda maka akan bewarna hijau dan bewarna kecoklatan apabila batang mangga berangsur tua.

  1. Daun

Tanaman mangga memiliki struktur tulang daun sejajar dengan permukaan yang licin. Daun tanaman mangga bewarna hijau, namun daun baru memiliki warna kekuningan, kemerahan, hingga keunguan. Adapun bentuk daun mangga yang biasa ditemui tergantung pada jenis tanaman mangga tersebut.

  1. Bunga

Bunga merupakan alat regenerasi pada tumbuhan. Pada tanaman mangga akan dijumpai tandan bunga sebelum tanaman tersebut berbuah.

Bunga tanaman mangga bersifat majemuk dan memiliki kelamin ganda. Ukuran bunga tanaman mangga juga terbilang sangat kecil dengan ukuran 6 hingga 8 mm yang tersusun rapi pada setiap tandannya dengan jumlah keseluruhan bunga sebanyak 1000 hingga 6000 kuntum.

  1. Buah

Tanaman mangga memiliki buah yang tergolong pada buah drupa atau buah batu karena memiliki tiga lapisan dinding buah, yaitu eksokarp, mesokarp, dan endokarp.

Eksokarp biasa disebut dengan kulit, Mesokarp merupakan bagian yang berdaging, dan endokarp merupakan bagian yang keras layaknya batu.

Buah dari tanaman mangga ini memiliki ukuran bervariasi yang tergantung pada jenis-jenis mangga. Ukuran tersebut berkisar antara 2.5 hingga 30 cm yang berbentuk bulat, lonjong, maupun oval.

Buah mangga merupakan buah yang menjadi favorit masyarakat Indonesia dikarenakan rasanya yang enak dan segar serta kaya akan manfaat.

Selain itu, buah mangga dapat dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi jus, smoothies, salad, dan lainnya. Beberapa manfaat buah mangga diantaranya adalah mencegah segala jenis kanker dengan kandungan antioksidan yang terkandung pada buah mangga tersebut, menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh, mengendalikan dan menyeimbangkan tekanan darah, menjaga kesehatan aset tubuh seperti tulang dan mata, mencegah dan mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, dan lainnya.

Manfaat buah mangga tersebut dapat dilihat dari kandungan gizi yang terkandung pada 100gr buah mangga melalui tabel berikut ini.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 60kcal
Karbohidrat 15g
Air 83,46g
Protein 0,82g
Gula 13,7g
Serat 1,6g
Lemak 0,38g
Vitamin A 54µg 7%
Vitamin C 36,4mg 44%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,9mg 6%
Vitamin K 4,2µg 4%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,028mg 2%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,038mg 3%
Vitamin B3 (Niacin) 0,669mg 4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,197mg 4%
Vitamin B6 (Piridoksina) 0.119mg 9%
Vitamin B9 (Folat) 43µg 11%
Kalsium 11mg 1%
Zat Besi 0,16mg 1%
Magnesium 10mg 3%
Fosfor 14mg 2%
Potassium (Kalium) 168mg 4%
Sodium 1mg 0%
Seng (Zinc) 0,09mg 1%

Source: https://ilmupengetahuanumum.com

  1. Biji

Tanaman mangga memiliki biji yang terbungkus oleh daging buah. Biji tersebut merupakan bakal tanaman untuk mendapatkan tanaman mangga yang baru. Biji tanaman mangga berbentuk pipih dan berwarna putih.

Baca Juga :

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *