Pengertian Dan Fungsi Hormon Brassinosteroids Pada Tumbuhan

Diposting pada

Pengertian Dan Fungsi Hormon Brassinosteroids – Tentu saja hormon ini tidak hanya dimiliki oleh manusia saja, bahwa tumbuhan dan hewan juga memiliki hormon didalam tubuhnya.

Tentu saja didalam tumbuhan juga terdapat banyak sekali berbagai hormon, yang memiliki fungsi yang berbeda beda satu hormon dengan hormon lainnya.

Pengertian Dan Fungsi Hormon Brassinosteroids Pada Tumbuhan
Pengertian Dan Fungsi Hormon Brassinosteroids Pada Tumbuhan

Tetapi hormon yang ada didalam tumbuhan ini sama dengan hormon pada manusia bahwa seyogyanya hormon hormon tersebut saling bekerja sama. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan didalam proses pertumbuhan atau perkembangan tumbuhan tersebut.

Baca Juga :

Seperti yang sudah kami sampaikan tadi bahwa hormon pada tumbuhan terdapat banyak sekali. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa jenis hormon yang beperan sangat penting di dalam tumbuhan :

  • Hormon griberelin
  • Hormon etilen.
  • Hormon asa, absisat.
  • Hormon sitokini
  • Hormon brassinosteroids.

Hormon tersebut memiliki fungsi dan peran yang berbeda beda, pada kesempatan kali ini kami akan sampaikan hormon yang cukup penting. Tentang hormon brassinosteroids yang terjadi pada tumbuhan.

Memang jenis hormon brassinosteroids ini tidak terlalu terkenal jika dibandingkan dengan hormon asam absisat dan hormon hormon lainnya. Nah, pasti anda penasaran kan dengan hormon brassinosteroids yang satu ini.

Anda bisal lihat ulasan selengkapnya mengenai hormon brassinosteroids dibawab ini. Memang hormon brassinosteroids ini tidak terlalu terkenal, seperti hormon auksin, tetapi pada sebuah tumbuhan yang tidak bisa menghasilkan hormon brassinosteroids ini.

Maka tumbuhan tersebut didalam pertumbuhannya akan terlihat pertumbuhan yang abnormal atau kurnag sempurna sebagaimana mestinya. Adapun hormon brassinosteroids ini merupakan salah satu hormon yang mirip dengan kolesterol atau hormon kelamin, jika dilihat pada manusia.

Seperti hormon estrogen, hormon brassinosteroids ini juga dihasilkan dari biji yang belum matang, serbuk sari dan ujung batang yang ada pada tumbuhan.

Fungsi dari hormon brassinosteroids

Jika anda penasaran untuk lebih jelas lagi, kami akan sampaikan beberapa fungsi dari hormon brassinosteroids. Anda bisa lihat pada ulasan yang kami sampaikan di bawab ini :

  1. Hormon brassinosteroids ini sebagai hormon yang memiliki fungsi sebagai pemicu pembelahan dan pemanjangan sel batang serta kecambah.
  2. Hormon brassinosteroids memiliki fungsi untuk mempengaruhi differensiasi xilem dan floem
  3. Hormon brassinosteroids memiliki fungsi untuk memperlambat gugurnya daun atau absisi daun.
  4. Hormon brassinosteroids memiliki fungsi untuk mempengaruhi sebuah proses fisiologis pada tumbuhan.
  5. Hormon brassinosteroids memiliki fungsi untuk merespon datangnya cahaya. Sehingga cahaya yang masuk tersebut bisa bekerja dengan maksimal, pada daun sebuah tumbuhan, sehingga terciptalah proses fotosintesis.
  6. Lalu hormon brassinosteroids juga memiliki fungsi sebagai sensen, rhizpgenesis.

Nah itulah tadi beberapa fungsi dari hormon brassinosteroids yang ada pada sebuah tumbuhan. Salah satu contoh penggunaan hormon brassinosteroids pada tumbuhan bisa anda lihat pada kastasteron ini yang ada pada tunas kacang polong.

Yang memiliki fungsi sebagai pemanjang tunas, sehingga semakin hari semakin bertambah pula panjangnya tunasnya pada tumbuhan kecambah kacang polong.

Hal itu bisa terjadi karena memang ada peran dari hormon tersebut, maka hormon brassinosteroids ini juga termasuk kedalam hormon yang cukup penting. Induksi pertumbuhan yang dilakukan oleh hormon brassinosteroids ini bergantung pda sintesis asam nukleat dan protein yang ada di dalam sebuah pertumbuhan.

Di dalam tumbuhan jenis kacang kacangan hormon brassinosteroids bisa meningkatkan sebuah aktivitas dna dan rna polymerase dalam sintessin dna, rna dan juga protein. Hormon brassinosteroids ini juga berinteraksi dengan berbagai hormon lainnya.

Misalnya saja dengan hormon auksin dan faktor lingkungan untuk meregulasi secara keseluruhan bentuk dan fungsi tanaman. Dan hormon brassinosteroids ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi tumbuh yaitu sebagai pemanjang organ.

Atau bisa juga sebagai diferensiasi jaringan pembuluh, kesuburan, perkembangan daun, dan respon terhadap cahaya pada tumbuhan.

Hormon brassinosteroids ini pertama kali diisolasi dari serbuk sari tumbuhan mustard, tetapi terdapat juga pada beberapa tumbuhan lainnya.

Salah satu contoh dari hormon brassinosteroids yaitu kastasteron, ini ada di tunas kacang polong, dan memiliki fungsi dalam proses pemanjangan tunas.

Itulah beberapa penjelasan yang bisa kami sampaikan pada artikel pengertian dan fungsi hormon brassinosteroids pada tumbuhan ini. Memang hormon brassinosteroids pada tumbuhan ini tidak terlalu terkenal, tetapi memiliki fungsi yang cukup besar.

Terutama pada tumbuhan kacang kacangan, seperti tumbuhan kacang polong. Seperti yang sudah kami sampaikan diatas jika hormon brassinosteroids ini dapat memicu pertumbuhan dan dapat ditemukan pada biji, serbuk sari. Atau pada jaringan vegetative, berfungsi pada konsetrasi nanomolar untuk memengaruhi perbanyakan sel.

Semoga artikel hormon brassinosteroids yang kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Dan artikel pengertian dan fungsi hormon brassinosteroids pada tumbuhan ini bisa menambah wawasan anda tentang hormon yang ada didalam tumbuhan. Terimakasih.

Baca Juga : Pengertian Hormon Karrikin

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *