Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Jenis Dan Fungsi Hormon Kalin Pada Tumbuhan

Pengertian Jenis Dan Fungsi Hormon Kalin Pada Tumbuhan – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu jenis hormon yang ada pada tumbuhan.

Jadi Hormon tumbuhan, atau fitohormon, adalah sekumpulan senyawa organic bukan hara (nutrien). Dari yang terbentuk secara alami maupun dibuat oleh manusia.

Pengertian Jenis Dan Fungsi Hormon Kalin Pada Tumbuhan

Pengertian Jenis Dan Fungsi Hormon Kalin Pada Tumbuhan

Dan yang dalam kadar sangat kecil mampu mendorong, menghambat, atau mengubah pertumbuhan, perkembangan, dan pergerakan (taksis) tumbuhan. Kadar kecil yang dimaksud ini yaitu berada pada kisaran satu milimol per liter, hingga satu mikromol per liter.

Baca Juga :

Dari Penggunaan istilah “hormon” sendiri menggunakan analogi fungsi hormon pada hewan. Akan tetapi, hormon tumbuhan tidak dihasilkan dari suatu jaringan khusus berupa kelenjar buntu (endokrin) sebagaimana hewan.

Namun dihasilkan dari jaringan non-spesifik (biasanya meristematik) yang menghasilkan zat ini apabila mendapat rangsang. Lalu Penyebaran hormon tumbuhan tidak harus melalui sistem pembuluh karena hormon tumbuhan dapat ditranslokasi melalui sitoplasma atau ruang antarsel.

Dalam Hormon tumbuhan dihasilkan sendiri oleh individu yang bersangkutan (“endogen”). Lalu Pemberian hormon dari luar sistem individu dapat pula dilakukan (“eksogen”).

Dan Pemberian secara eksogen dapat melibatkan bahan kimia non-alami (sintetik, tidak dibuat dari ekstraksi tumbuhan) yang menimbulkan rangsang serupa dengan fitohormon alami.

Dan karena itu, untuk mengakomodasi perbedaan dari hormon hewan. Yang dipakai pula istilah zat pengatur tumbuh tumbuhan (bahasa Inggris: plant growth regulator/substances) bagi hormon tumbuhan.

Kemudian Terdapat ratusan hormon tumbuhan atau zat pengatur tumbuh (ZPT) yang dikenal orang. Dan juga baik yang dihasilkan secara alami oleh tumbuhan sendiri (endogen) maupun yang dihasilkan organisme non-tumbuhan atau yang sintetis buatan manusia (eksogen).

Lalu Pengelompokan dilakukan untuk memudahkan identifikasi, dan didasarkan terutama berdasarkan efek fisiologis yang serupa, bukan berdasarkan kemiripan struktur kimia semata.

Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwasanya ada begitu banyak jenis hormon yang terdapat padda tumbuhan.

Yang sudah pasti memiliki fungsi yang berbeda hormon satu dengan yang lainnya, tetapi memiliki tujuan yang sama. Yakni untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan itu sendiri misalnya pada fungsi fotosintesis pada tumbuhan.

Nah, pada kesempatan kali ini yang akan menjadi pokok pembahasan yaitu tentang hormon kalin pada tumbuhan. Jika Anda salah satu orang yang tidak mengerti tentang jormon ini, alangkah baiknya simak artikel yang kami sampaikan berikut ini.

Hormon Kalin

Memang pada umumnya hormon kalin banyak sekali ditemupak pada tumbuhan, meskipun itu tumbuhan langka pasti memiliki hormon yang satu ini.hormon asam kalin ini memiliki peran penting sekali didalam proses pertumbuhan tumbuhan.

Karena itulah sangat pentingnya fungsi dari hormon asam kalin ini pada tumbuhan, hormon kalin dibedakan menjadi 4 jenis. Tentu saja dari keempat jenis tersebut memiliki fungsing yang berbeda-beda dengan hormon yang lainnya.

Jenis hormon kalin

Keempat jenis hormon kalin tersebut yaitu : kaulokalin, filokalin, rizokalin dan antokalin.

Tentu saja keempat hormon ini tentu saling mendukung satu sama yang lainnya, ini dilakukan demi terciptanya tujuan hormon tersebut pada tumbuhan.

Berikut ini kami sampaikan dari beberapa hormon kalin dan jenisnya, berikut ini ulasan lengkapnya :

  • Kaulolalin

Untuk yang pertama yaitu kaulokalin, fungsi dari hormon ini yakni sebagai perangsang pembentukan batang tanaman. Dengan adanya hormon ini maka pembentukan batang pada tumbuhan akan tumbuh dengan baik.

Karena memang batang pohon ini memiliki fungsi yang sangat penting sekali. Yang memiliki peran sebai penopang secara keseluruhan dari tumbuhan, dan memiliki fungsi sebagai penyalur air kebagian tubuhnya sendiri.

  • Filokalin

Jenis hormon kalin yang kedua ada filokalin, hormon ini memiliki fungsi sebagai perangsang batang, sehingga dapat merangsang daun.

Hormon filokalin ini juga memiliki peranan yang sangat penting pada pertumbuhan tanaman, karena pada daun ini terjadi fotosintesis. Hal ini memiliki fungsi untuk menghasilkan makanan pada semua bagian tumbuhan tersebut.

  • Rizokalin

Untuk jenis hormon kalin yang ketiga ada rizokalin, tentu saja hormon yang satu ini berbeda dengan hormon kalin yang ada diatas. Jenis hormon kalin yang satu ini memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuhan, untuk merangsang terbentuknya akar.

Bentuk akar yang dimaksud disini yakni akar primer maupun akar sekunder. Karena memang akar pada tumbuhan memiliki peran yang sangat penting sekali.

Karena akar ini sebagai komponen yang memiliki fungsi mencari air dan berbagai unsur zat hara dari dalam tanah. Ini dilakukan untuk disalurkan kesemua bagian tumbuhan tersebut.

  • Antokalin

Jenis yang keempat ini memiliki fungsi yang paling penting dari beberapa hormon tersebut. Hormon ini memiliki fungsi untuk merangsang pertumbuhan, karena antikolin ini merupakan asam yang bisa merangsang bunga hingga pembuahan.

Itulah tentang Pengertian jenis dan fungsi hormon kalin pada tumbuhan yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel Pengertian jenis dan fungsi hormon kalin pada tumbuhan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018