Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Ubi Jalar

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Ubi Jalar – Ubi jalar adalah salah satu tanaman yang dimanfaatkan bagian umbi akarnya. Manfaatnya yang banyak menyebabkan ubi jalar memiliki potensi besar untuk di budidayakan.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Ubi Jalar

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Ubi Jalar

Ubi jalar di Indonesia juga sering disebut sebagai ubi rambat, sedangkan di beberapa negara lain biasa disebut sebagai Yom ( inggris), batatas ( Prancis) dan beberapa sebutan lain di negara yang berbeda.

Ubi jalar adalah salah satu tanaman umbi-umbian yang menyimpan tanamannya di dalam tanah seperti kentang, singkong, dan umbi-umbian lainnya.

Tanaman ubi jalar Di indonesia sudah banyak dibudidayakan dan cukup populer seperti dengan singkong. Ubi jalar umumnya lebih  cocok dibudidayakan pada lahan lempung dengan sistem drainase yang baik, sebab air yang menggenang akan menyebabkan ubi jalar membusuk.

Klasifikasi Tanaman Ubi Jalar

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Viridplantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Divisi : Tracheophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Super Ordo : Asteranae
  • Ordo : Solanales
  • Famili : Convolvulaceae
  • Genus : Ipomoea L.
  • Spesies : Ipomoea  Batatas (L). lam.

Morfologi Tanaman Ubi Jalar

  1. BATANG

Batang pada ubi jalar memiliki bentuk bulat, tidak berkayu, berbuku-buku, dan dengan tipe pertumbuhan secara merambat.

Pada umumnya tanaman panjang batang pada ubi jalar berkisar antara 2 hingga 3 meter tergantung dengan jenis dari masing-masing tanaman ubi jalar misalnya batang yang besar, kecil, dan sedang.

Sebagian  Ubi jalar memiliki batang dengan warna hijau tua, dan sebagian yang berwarna keunguan.

  1. UMBI

Bentuk umbi pada tanaman ubi jalar adalah bulat yang tidak rata, dan terkadang ada pula yang berbentuk lonjong. Umumnya, umbi berat ideal pada tanaman ubi jalar memiliki yang berkisar antara 200 hingga 300 gr per umbi.

Warna pada umbi tanaman ubi jalar juga berbeda-beda, ada yang berwarna kuning, putih, bahkan ada pula umbi yang berwarna keunguan dengan kulit yang sangat tipis.

  1. DAUN

Tanaman ubi jalar memiliki bentuk daun yang bulat dan lonjong dengan tepi daun yang rata. Selain itu, daun pada tanaman ubi jalar juga memiliki lekukan yang sangat dalam. Daun pada ubi jalar berwarna hijau tua dan sebagian berwarna daun  agak kekuningan.

  1. BUNGA

Bunga pada ubi jalar berbentuk menyerupai trompet dengan bunga yang tersusun dari 5 (lima) helai daun mahkota, satu helai putik dan lima helai daun bunga. Bunga ubi jalar memiliki mahkota berwarna putih.

Pada pagi hari bunga ubi jalar akan mekar, tepatnya pada pukul 04.00 hingga pukul 11.00. Buah akan terbentuk ketika terjadi penyerbukan.

  1. BUAH PADA TANAMAN UBI JALAR

Buah pada ubi jalar memilki bentuk bulat berkotak tiga, dengan kulit yang keras dan memiliki biji. Buah hanya akan terbentuk apabila terjadi penyerbukan.

Manfaat Ubi Jalar

Sering kali di pasaran anda menemukan tanaman ini dengan beraneka warna, seperti warna putih, oranye, kuning pucat,  hingga ungu. Tentunya warna ini juga sebanding dengan banyaknya manfaat yang ada bagi kesehatan anda.

  1. Ubi jalar mampu membantu anda dalam meningkatkan kekebalan tubuh

Ubi jalar kaya akan betakaroten, ubi jalar mengandung banyak sekali nutrisi seperti vitamin C, besi,  B kompleks, dan fosfor.

  1. Tanaman ubi jalar dapat mengatasi peradangan

Ubi jalar sendiri tergolong ke dalam keluarga kentang-kentangan ubi jalar mempunyai efek anti peradangan. Ubi jalar sendiri memang didukung dengan betakaroten, adanya vitamin C, dan juga magnesium, ubi jalar tentunya juga sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan eksternal atau internal.

  1. Dapat mengatasi bronkhitis dan juga penyakit asma

Tanaman ubi jalar ini mempunyai vitamin C, besi, serta adanya nutrisi yang lainnya yang bisa membantu anda dalam mengatasi bronkhitis. Selain itu tanaman ubi jalar juga dipercaya bisa membantu anda dalam menghangatkan tubuh dimana mempunyai kemampuan sehingga dapat membantu mengatasi bronkhitis.

Tanaman ini memiliki aroma yang begitu khas yang dimiliki pada ubi jalar nyatanya dapat mengatasi hidung yang mampet serta anda dapat terbantukan dalam meredakan asma.

  1. Ubi jalar bisa meredakan sakit artritis

Adapun komposisi magnesium, betakaroten, seng, dan vitamin B kompleks tentu akan membuat ubi jalar bisa di jadikan pilihan dalam mengatasi artritis.

Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan mengompres pada bagian yang dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit akibat artritis dengan menggunakan air rebusan dari ubi jalar.

Baca Juga :

Dari uraian dalam artikel ini, dapat disimpulkan bahwa Ubi Jalar adalah tanaman yang memiliki potensi besar untuk dibudidayakan, bahkan di Indonesia sudah banyak petani yang membudidayakannya.

Ubi Jalar termasuk dalam Ordo Solanales, Famili COnvolvulacaea dengan nama latin Ipomoea Batatas.

Ubi jalar memiliki batang yang beruas – ruas dan tingginya mencapai 2-3 meter tergantung jenis ubi jalar yang ditanam. Ubi jalar juga memiliki bermacam – macam warna pada umbinya.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..