Pengertian Berat Benda dan Massa Benda

Pengertian Berat Benda dan Massa Benda – Pengertian dari massa adalah suatu besaran yang ditujukan untuk mengukur kelembaman yang dimiliki oleh sebuah benda atau untuk digunakan untuk mengukur jumlah partikel yang dimiliki oleh suatu zat.

Pengertian Berat Benda dan Massa Benda

Pengertian Berat Benda dan Massa Benda

Kelembaman atau inersia, merupakan sebuah kecenderungan yang ada pada sebuah benda fisik untuk menolak perubahan yang ada pada keadaan geraknya.

Dengan demikian, sebuah massa suatu benda akan selalu bersifat tetap, tidak akan terjadi perubahan sedikitpun walau benda tersebut mengalami perpindahan tempat. Dengan kata lain benda massa benda tersebut tidak akan mengalami perubahan dimanapun keberadaannya.

Pengertian Berat Benda

Pengertian dari berat adalah sebuah satuan besaran digunakan untuk mengukur percepatan gravitasi di sebuah tempat yang mempengaruhi massa suatu benda. (Baca : Pengertian Besaran).

Dengan begitu, berat benda dapat berubah-ubah sesuai dengan percepatan gravitasi yang ada pada suatu lingkungan tersebut.

Salah satu contohnya adalah berat suatu benda yang ada di bumi, akan berbeda hasil beratnya (berat yang dimiliki oleh suatu benda) jika benda tersebut dibawa ke bulan.

Hal tersebut dikarenakan percepatan gravitasi yang ada di bumi dan di bulan memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Perbedaan Antara Berat Benda dan Massa Benda

Setelah mengetahui penjelasan mengenai pengertian berat benda dan massa benda, pasti akan terlihat perbedaan yang sangat jelas yang dimiliki oleh keduanya.

Akan tetapi, sebenarnya terdapat beberapa perbedaan lagi antara berat benda dan massa benda yang perlu kita ketahui.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan yang lebih spesifik antara berat benda dan massa benda :

  1. Perbedaan Definisi atau pengertian Berat Benda dan Massa Benda

Perbedaan pertama adalah seperti yang sudah dijelaskan di atas, berat benda dan massa benda memiliki perbedaan yang sangat jelas.

Dari penjelasan pada bagian pertama bisa diambil kesimpulan, bahwa massa benda adalah satuan yang ditunjukan untuk mengukur kelembaman yang dimiliki oleh sebuah benda.

Sedangkan berat benda adalah besaran yang digunakan untuk mengukur percepatan gravitasi atau ukuran yang mempengaruhi gaya yang bekerja pada sebuah benda.

  1. Perbedaan Jenis Besaran pada Massa benda dan Berat Benda

Perbedaan yang kedua adalah perbedaan antara massa benda dan berat benda berdasarkan jenis besaran pada satuan pengukurannya.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa massa benda adalah salah satu besaran primer diantara besaran-besaran primer lainnya seperti waktu, suhu, panjang dan lain sebagainya.

Sedangkan berat merupakan besaran turunan dari dua atau lebih besaran primer atau pokok.

Adapun, jika dari pengaruh benda pada satu titik adalah massa digolongkan menjadi besaran scalar, sedangkan berat merupakan besaran vector yang ukurannya dipengaruhi oleh suatu arah.

  1. Perbedaan Massa Benda dan Berat Benda pada Pengaruh Gaya Gravitasi

Perbedaan antara massa benda dan berat benda yang ketiga adalah perbedaan antara massa dan berat benda pada pengaruh gaya gravitasi yang berdapampak pada ukuran yang dimiliki oleh masing-masing benda.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, besar ukuran massa benda tidak dapat dipengaruhi sama sekali oleh gaya gravitasi.

Akan tetapi, besar ukuran berat sangat dipengaruhi oleh gaya gravitasi dimana benda tersebut berada.

  1. Perbedaan Massa Benda dan Berat Benda pada Alat Ukur yang Digunakan

Perbedaan yang keempat mengacu pada nomer sebelumnya yaitu, bahwa massa benda tidak dapat dipengaruhi oleh gaya gravitasi sedangkan berat benda adalah kebalikannya. Oleh karena itu, untuk mengukur keduanya, berat atau massa, diperlukan alat yang berbeda pula.

Untuk mengukur satuan massa biasanya digunakan sebuah alat yang dinamakan neraca Ohaus atau Neraca Tiga kaki.

Sedangkan untuk mengukur satuan berat tidak dapat menggunakan kedua alat yang sama seperti yang digunakan untuk mengukur besar satuan massa. Adapun alat yang dperlukan untuk mengukur besaran ukuran benda adalah neraca pegas.

Baca Juga :

Rumus dan Cara Mengukur Berat Benda dan Massa Benda

Berikut ini adalah rumus yang dapat digunakan untuk mengukur satuan berat atau satuan massa suatu benda.

[ w = m x g ]

Keterangan :

  • w = Berat benda ( N/Newton )
  • m = Massa Benda ( kg/Kilogram )
  • g = Percepatan Gravitasi ( m/s2 atau bisa juga menggunakan N/Kg )

Catatan :

  1. jika menggunakan satuan m (meter) sebagai ukuran, maka percepatan gravitasi yang didapat dari permukaan bumi adalah 9,8 m/s2
  2. jika menggunakan satuan Kaki sebagai ukuran, maka percepatan gravitasi yang didapat dari permukaan bumi adalah 32,2 kaki/m2
  3. kedua ukuran diatas adalah ukuran standar internasional, artinya sudah disepakati oleh para ahli atau pakar. Dan ukuran yang menggunakan satuan Kaki adalah satuan yang telah disusun ulang untuk menggunakan satuan meter.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *