Pengertian dan Definisi Revolusi

Diposting pada

Pengertian dan Definisi Revolusi – Adapun secara umum pengertian dari revolusi adalah sebuah perubahan  dari sosial atau budaya secara cepat dan mempunyai yang paling utama dari dasar kehidupan masyarakat.  Yang dapat di rencanakan dan juga dapat di jalankan tanpa adanya kekarasan atau melalui kekerasan.

Pengertian dan Definisi Revolusi
Pengertian dan Definisi Revolusi

Pengertian Revolusi

Revolusi merupakan perubahan – perubahan dari sosial ataupun budaya yang memang telah berlangsung dengan cepat dan telah melibatkan poin utama dasar maupun kehidupan bermasyarakat.

Baca Juga :

Tentunya dalam revolusi, perubahan tersebut dapat direncanakan maupun tidak direncanakan terlebih dahulu dan bisa dijalankan tanpa adanya camput kekerasan atau melalui sebuah kekerasan.

Tentunya ukuran dari perubahan dengan kecepatan relatif sebenarnya adalah karena revolusi tersebut juga dapat memakan waktu yang sangat lama.

Revolusi tentunya akan memerlukan sebuah upaya untuk memecahkan dan juga melakukan pembangunan dari sistem yanglama ke sistem baru sepenuhnya. Memang kini revolusi selalu dikaitkan dengan adanya romantika, dialektika, logika, menjebol dan membangun.

Adapun dialetika revolusi selalu mangatakan bahwa revolusi adalah upaya – upaya dalam mengubah kepentingan – kepentingan rakyat yang memang  didukung oleh berbagai faktor, bukan hanya oleh pemimpin itu sendiri tapi  juga dari semua unsur – unsur materi dan juga perjuangan mereka. selain itu juga logika revolusi adalah bagaimana revolusi tersebut dapat dilakukan berdasarkan perhitungan – perhitungan yang telah ditetapkan, dimana diketahui jika revolusi memang tidak bisa dipercepat ataupun diperlambat, ia juga nantinya akan datang pada waktu yang tepat.

Selain itu sebuah kader revolusi tentunya harus dibangun dengan kesadaran kelas dan juga kondisi yang nyata di sekelilingnya. Perlu anda ketahui jika romansa revolusi merupakan nilai – nilai revolusi, bersamaan dengan sebuah kenangan dan kebesaran, dimanapun ia akan dibangun.

Tentunya ini akan melibatkan dalam memahami roman sejarah dan juga bagaimana dipasangkan dengan berbagai prestasi terbesar dari sebuah revolusi tersebut yaitu kepentingan rakyat.

Dalam hal ini akan memilki banyak kenangan dan juga ada museum yang akan menggambarkan sebuah keberanian dan juga ketenaran revolusi di berbagai negara yang memang telah menjalankan revolusi – revolusi seperti halnya negara Rusia, Cina, Vietnam, Indonesia, dan banyak lagi negara yang lainnta.

Tentunya dengan merobohkan dan juga sekaligus membangun merupakan satu bagian integral dari bukti fisik sebuah revolusi.

Sekalipun bentuk orde lama yang kemungkinan menyesatkan dan menyengsarakan rakyat, bisa dikonversikan sebagai pesan besar bagi masyarakat, contohnya di negara Bolivia, ketika Hugo Chavez menjadi seorang presiden, kemudian ia langsung merombak berbagai struktur agraria, adapun tanahnya adalah untuk orang – orang yang memang benar – benar lebih untuk memilih mendapatkan dan juga  menyingkirkan dominasi – dominasi tanah master dalam berbagai dan banyak wilayah negara.

Tentunya dalam pengertian umum, tentunya sebuah revolusi mencakup jenis – jenis perubahan yang akan memenuhi persyaratan – persyaratan ini.

Contoh lainnya adalah dimana Revolusi Industri yang akan mengubah wajah dunia menjadi lebih modern. Tentunya dalam definisi yang lebih sempit, revolusi tersebut umumnya akan dipahami sebagai bentuk dari perubahan politik.

Tentunya ada sebuah karakter dengan sifat kekerasan yang juga dapat dipahami sebagai revolusi sebagai akibat dari situasi – situasi ketika perubahan nilai – nilai dan juga  norma – norma yang sudah menyebabkan kekosongan kemudian tiba – tiba nilai dan juga norma yang telah diadopsi oleh masyarakat itu sendiri.

Pemimpin

Tentu dalam sebuah revormasi sendiri pada umumnya akan membutuhkan kehadiran seorang pemimpin yang sangat karismatik, dimana keterlibatan partai pelopor atau avant-garde, dan juga unsur ideologi.

Adapun pengertian revolusi menurut para ahli sendiri adalah sebagai berikut:

Menurut Wiliam Ogburn  revolusi adalah sebuah ruang lingkup perubahan – perubahan sosial yang meliputi unsur – unsur dari budaya baik material dan juga non-material atau immaterial dimana berguna sekali untuk menekankan berbagai pengaruh besar dari setiap unsur – unsur seperti budaya material dari sebuah elemen immaterial.

Menurut Kingsley Davis mengartiakan bahwa adanya sebua perubahan – perubahan sosial sebagai suatu  perubahan yang meamng terjadi dalam struktur dan juga fungsi dalam masyarakat. Contohnya adalah diawali adanya persalinan dalam pengorganisasian pada  masyarakat kapitalis.

Gillin-Gillin– telah menafsirkan bahwa hal tersebut mengartikan jika perubahan sosial adalah sebagai cara hidup yang memang telah diterima, baik hal tersebut dikarenakan oleh perubahan dalam geografi, materi budaya, komposisi penduduk – penduduknya, ideologi dan karena memang difusi dan penemuan-penemuan baru yang terjadi di dalam masyarakat.

Baca Juga : Pengertian Perubahan Sosial

Koentjaraningrat– Revolusi adalah usaha – usaha untuk bisa hidup menyesuaikan dengan zaman dan konstelasi yang ada di dunia sekarang.

Selo Soemardjan tentunya ada setiap perubahan dalam rangka lembaga – lembaga sosial yang ada di masyarakat, yang dapat mepengaruhi adanya sistem sosial, termasuk kedalam sikap, nilai – nilai, dan adanya pola perilaku di antara kelompok – kelompok elf di masyarakat.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *