Pengertian Islam dalam Al-Quran

Pengertian Islam dalam Al-Quran – Islam adalah agama samawi dengan umat terbesar dibandingkan agama nasrani dan yahudi. Bahkan, sepertiga manusia di jagat ini, agama yang dianutnya adalah agama islam. Fantastisnya adalah negara kita tercinta yaitu Indonesia merupakan negara yang penduduknya termasuk umat islam terbesar di seluruh dunia.

Pengertian Islam dalam Al-Quran

Pengertian Islam dalam Al-Quran

Walaupun begitu, masih banyak umat islam tidak mengetahui tentang arti islam itu sendiri.

Sehingga lahirlah berbagai gerakan gerakan fundamentalis, konservatif bahkan menjurus radikalisme yang mengatasnamakan agama. Akibatnya sentimen keagamaan mulai terjadi, bahkan di Eropa dan Amerika berhembus isu isu sara tentang pobia islam, islam teroris dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pengertian dan Manfaat Zakat Fitrah

Nah, pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan secara rinci pengertian islam menurut AlQuran demi tujuan untuk mengajak umat kembali kepada kemurnian agama ALLAH ini dengan membuang berbagai kepentingan dan keegoisan relegius sehingga islam benar benar berdiri tegak sebagai rahmatal lil alamin.

  1. Islam Sebagai Aslama

Islam sebagai aslama berarti islam adalah agama yang berisi kepasrahan diri, kepatuhan dan ketaatan yang total.

Banyak sekali ayat Al Quran yang menjelaskan tentang arti islam diatas. Salah satunya adalah surat Al-Baqaroh ayat 112 dan surat An Nisa ayat 125 dan masih banyak lagi ayat ayat yang lainnya. Makna dari arti islam sebagai kepatuhan dan penyerahan diri, artinya umat yang sudah bersahadat dan bersedia menjalankan syariat islam, maka dia harus memasrahkan dirinya murni kepada ALLAH. Dia juga harus bersedia dengan kuat untuk melakukan segala yang diperintahkan ALLAH sekaligus menjauhi segara larangan laranganNYA.

  1. Islam Sebagai Silmun

Pengertian islam menurut Al Quran yang kedua adalah islam sebagai silmun atau keselamatan dan agama damai.

Pengertian ini memiliki makna bahwa semua umat islam wajib menyadari dan meyakini bahwa hanya agama islamlah yang bakal membuat umat selamat di dunia dan di akhirat.

Sehingga, mempertahankan akidah islam adalah mutlak dan sebisa mungkin untuk menjauhi perkara yang membuat dirinya keluar dari islam atau murtad.

Selain itu, umat islam yang sadar kalau islam adalah agama keselamatan dan kedamaian, dia harus mengupayakan diri untuk tetap menjaga keselamatan manusia sekalipun berbeda keyakinan.

Harus selalu menjaga dunia tetap aman dan damai dan sebisa mungkin menghindari konflik konflik agama. Tentunya jika kita ingin islam yang kita anut ini membawa kita kepada keselamatan.

  1. Islam sebagai Sulamun

Sulamun memiliki arti kendaraan, tangga atau alat yang digunakan untuk mengantar seseorang ke tempat tertentu.

Nah islam sebagai sulamun memiliki arti seluruh kontent agama islam yang disebut dengan syariat bertujuan untuk memberikan tata cara, aturan aturan perintah dan larangan larangan yang kalau umat mematuhinya maka dia akan sampai pada suatu tempat yang indah yaitu surga.

Bahkan jika umat menjadikan sulamun dalam agamanya sarana untuk mengikhlaskan diri tanpa iming iming dan murni hanya untuk mendekatkan diri kepada ALLAH maka dia akan sampai pada tujuan yang tertinggi yaitu kelak bisa melihat ALLAH di Akhirat.

  1. Islam sebagai Salam

Arti islam sebagai salam terdapat pada Al Quran Surat Al-A’raf ayat 46. Salam sendiri memiliki makna selamat, sentosa, aman dan sejahtera.

Nah, jika begitu, berarti islam sebagai salam adalah islam yang seluruh kontennya atau ajaran dan syariatnya adalah mengajak umat supaya selamat dunia dan akhirat, sejahtera kehidupannya dan aman dari gangguan. Nah, keselamatan dan kesentosaan ini juga diharapkan berefek positif kepada orang orang yang ada disekelillingnya.

Makanya umat islam diwajibkan mengucapkan salam kepada umat islam lainnya agar terjalin rasa saling menjaga, saling membantu dan saling menghargai. Begitu juga dengan umat yang tidak sekeyakinan.

Islam sebagai agama salam ini juga harus diterapkan dalam bentuk saling menjaga kerukunan, toleransi, saling menghormati dan tidak mengganggu. Jika ini terjadi niscaya islam sebagai agama penyelamat akan menyelamatkan kita semua baik di dunia ataupun di akhirat.

  1. Islam Rahmatal lil alamin

Pengertian islam menurut Al Quran yang terakhir adalah islam rahmatal lil alamin. Islam rahmatal lil alamin berarti islam pembawa rahmat untuk sekalian alam.

Islam adalah agama yang membawa rahmat bukan hanya kepada umat islam saja, bukan hanya kepada non muslim saja tetapi juga kepada seluruh mahluk ALLAH yang ada di dunia ini.

Rahmat disini bisa berupa kesejahteraan, keselamatan, keamanan, toleransi, kedamaian dan yang lainnya.

Nah jika dilihat dari sini, islam rahmatall lil alamin ternyata merupakan gabungan dari seluruh pengertian islam yang telah saya jabarkan pada 4 poin diatas. Itulah pengertian islam yang benar sesuai nash nash Al Quran.

Semoga apa yang telah kami jabarkan ini bisa menjadi renungan kita semua untuk senantiasa selalu melakukan aktivitas aktivitas islami seperti tebar salam, saling rukun, penuh toleransi dan menghentikan aktivitas negatif dengan mengatasnamakan agama.

Baca Juga : Rukun dan Syarat Pernikahan dalam Islam

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *