Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Tujuan Kompensasi

Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Tujuan Kompensasi – Perusahaan memberikan kompensasi uang kepada pegawai yang bersedia lembur sampai malam. Nah, mencermati pernyataan diatas, tentu kita kebingungan soal kompensasi dan apa perbedaan uang kompensasi dengan gaji.

Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Tujuan Kompensasi

Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Tujuan Kompensasi

Akibat kebingungan ini banyak orang beranggapan kalau uang yang menjadi kompensasi pekerjaan senyatanya diambilkan dari gaji pokok pekerja. Yang artinya di bulan selanjutnya gaji pokok pasti berkurang. Benarkah kompensasi bermakna demikian?

Baca Juga :

Nah, untuk lebih jelasnya, pada bahasan berikut ini akan kami jelaskan detail tentang pengertian kompensasi, manfaat dan fungsi fungsi kompensasi bagi pekerja dan karyawan serta bagi pemilik perusahaan atau lembaga.

PENGERTIAN KOMPENSASI

Kompensasi memiliki arti pemberian yang berupa fisik maupun non fisik dari seseorang kepada orang lain di luar kesepakatan. Kompensasi juga berarti sesuatu yang diterima yang berupa profit atau penghasilan, yang selanjutnya profit ini dihitung lalu diberikan kembali kepada orang lain.

Biasanya kompensasi ini diberikan dalam bentuk uang atau berupa penawaran penawaran tertentu di dalam sebuah kesepakatan demi kenyamanan bersama. Contohnya kompensasi meliburkan karyawan tiga hari khusus untuk karyawan yang bersedia ikut kerja lembur.

Di dalam perusahaan, Kompensasi harus diberikan agar tenaga kerjanya giat bekerja. Jadi pihak perusahaan tidak boleh pelit. Selama karyawan bekerja dengan baik berikan sebagian profit perusahaan diluar besaran gaji pokok mereka yang diterima setiap bulan.

Nah dari deskripsi diatas pengertian kompensasi adalah pemberian uang ataupun keringanan yang dilakukan oleh pihak perusahaan kepada tenaga kerjanya atas partisipasinya terhadap perusahaan di luar gaji pokok mereka dengan tujuan untuk meningkatkan kwalitas dan etos kerja.

MANFAAT KOMPENSASI

Kompensasi tidak boleh dipandang sebagai turn up atau penurunan prestisiusitas seorang pemimpin. Justru kompensasi yang diberikan adalah sebuah bukti kebijaksanaan pimpinan kepada bawahannya yang nantinya efek dari kebijaksanaan ini akan kembali lagi kepada anda.

Nah, biar anda tidak ragu untuk memberikan kompensasi kepada bawahan anda, ini dia list manfaat kompensasi yang bisa anda jadikan sebagai renungan.

  1. Keuntungan Perusahan semakin besar karena kwalitas para pekerjanya semakin tinggi
  2. Terjadi Perubahan Prilaku bawahan akibat munculnya sikap bijaksana dari pimpinan
  3. Interaksi antara unsur perusahaan yang berbasis hubungan kerja bergeser menjadi hubungan sosial yang berbasis hormat dan kenyamanan.
  4. Pimpinan mampu mengikat simpati dan ketaatan bawahan tanpa harus memarahi atau mengeluarkan kebijakan otoritarianisme.
  5. Pimpinan terlihat memiliki kepekaan, keadilan dan etika di mata bawahan

Anda ingin dianggap demikian oleh bawahan anda? berikanlah kompensasi dengan tetap memperhatikan tanggung jawab, kepantasan, stabilitas perusahaan dan keadilan.

FUNGSI KOMPENSASI

Nah setelah anda tahu manfaat kompensasi, tentu tidak elok jika pemahaman anda tidak dilengkapi dengan penjelasan tentang fungsi fungsi kompensasi.

  1. fungsi imbalan

Kompensasi diberikan sebagai bukti kalau pimpinan respek dengan hasil kerja dan upaya para bawahannya. Memang sudah ada gaji pokok. Tetapi kompensasi adalah imbalan hasil inisiatif pribadi yang tentunya efek yang terjadi lebih luar biasa.

  1. Fungsi Penyemangat

Jika pimpinan memberikan kompensasi kepada bawahannya, tentu bawahannya akan semakin giat bekerja dan hasil pekerjanya akan lebih berkwalitas.

  1. Fungsi Kontrol

Dengan diberikannya kompensasi, pihak pimpinan bisa melihat siapa sajakah bawahan yang memang memiliki kinerja paling menonjol dibandingkan pekerja yang lainnya. Nantinya, hasil kontrol inilah yang bisa dijadikan instrument untuk promosi kenaikan jabatan, naik gaji dan lain sebagainya.

  1. Fungsi Informasi

Fungsi informasi disini memiliki arti bahwa dengan adanya kompensasi para pekerja menjadi tahu kalau dirinya harus tambah giat bekerja sekaligus mutu dari hasil pekerjaannya harus ditingkatkan.

Selain itu, informasi disini bisa berupa pemberitahuan halus dari pimpinan kepada bawahan kalau dirinya masih memiliki itikad baik untuk menyejahterakan bawahan, memiliki kedermawanan, menghargai kinerja bawahan dan lain lain.

Nah jika kita melihat fungsi diatas, tentu kompensasi yang anda berikan akan menjadi penentu perkembangan perusahaan yang anda pimpin. Dan perkembangan ini akan diterima bukan hanya anda tatapi juga bawahan anda. Inilah yang disebut simbiosisme mutualisme antara bawahan dengan atasannya.

TUJUAN KOMPENSASI

Secara garis besar tujuan dari diberikannya kompensasi adalah untuk menyejahterakan pekerja dan menimbulkan rasa nyaman mereka dalam bekerja. Nah, jika dua hal ini sudah terakomodir dengan baik, tentu para pekerja akan fokus pada pekerjaannya dengan cara meningkatkan etos dan etisnya.

Baca Juga :

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini kami list tujuan kompensasi yaitu :

  1. Meningkatkan etos kerja karyawan
  2. Meningkatkan mutu dan kualitas produk perusahaan
  3. Membuat karyawan betah di kantor
  4. Mencegah karyawan berpengaruh pindah ke perusahaan lain
  5. Menjamin kesejahteraan karyawan
  6. Mematuhi regulasi peraturan perusahaan

Itulah pengertian kompensasi lengkap dengan manfaat, fungsi dan tujuannya. Semoga artikel ini bisa menjadi landasan anda ketika memberikan kompensasi dalam bentuk apapun kepada orang lain.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..