Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang

Pengertian dan Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang – Masyarakat pada negara-negara maju bertempat tinggal dengan akses mudah mendapatkan air bersih dan makanan bergizi.

Negara maju juga memiliki ekonomi yang sangat maju, kegiatan industri dan infrastrukturnya maju, dan tingkat kemiskinan yang relatif rendah.

Pengertian dan Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang
Pengertian dan Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang

Negara-negara maju dicirikan oleh standar hidup yang relatif tinggi dimana banyak orang memiliki cukup uang untuk membeli barang-barang yang mereka butuhkan.

Ekonomi mereka cenderung lebih stabil dan makmur daripada negara berkembang, yang jika dibandingkan memiliki lebih sedikit industri, pertumbuhan penduduk yang lebih tinggi, dan pengangguran yang lebih banyak. Banyak negara maju juga dikenal atas inovasi teknologinya.

Pengertian Negara Berkembang

Negara berkembang adalah negara yang tempat sebagian besar rakyatnya hidup dengan uang sedikit dan dengan layanan publik lebih buruk daripada di negara maju.

Sebagai contoh perbandingan dengan negara maju, Amerika Serikat misalnya, negara yang sangat maju dan pesat tingkat industrinya, seseorang mampu menghasilkan rata-rata lebih dari $70/hari (sekitar Rp1.065.190/hari).

Di negara berkembang, seseorang hanya mampu menghasilkan kurang dari $2/hari (sekitar Rp30.434/hari) dan beberapa negara bahkan seseorang bisa saja mendapatkan upah sebesar kurang dari $1,25/hari (sekitar Rp19.021/hari). Ini adalah perbedaan yang sangat kontras antara kedua tipe negara ini.

Pengertian yang lebih teknis dari negara berkembang bisa dilihat sebagai negara dimana Pendapatan Nasional Bruto (PNB) per kapita per tahunnya adalah $11.905 atau bahkan bisa saja kurang lagi (sekitar Rp181.158.385).

Sekali lagi untuk perbandingan, Indonesia pada tahun 2017 memiliki PNB sebesar $11.900 (sekitar Rp181.082.300), dibandingkan dengan negara pemuncak daftar yaitu Qatar sebesar $128.060 (sekitar Rp1,9 miliar). Data didapatkan dari World Bank 2017. Angka yang sangat jauh perbedaannya.

Ciri-Ciri Negara Maju

Sebuah negara bisa dikatakan maju bila memiliki 7 ciri-ciri sebagai berikut:

1). Pertumbuhan ekonomi

  • Ekonomi dianggap maju saat tingkat pertumbuhan ekonomi dan keamanan finansial tinggi.
  • Faktor paling diterima untuk menentukan kekuatan ekonomi suatu negara adalah PDB per kapita yang mewakili total pendapatan bruto suatu perekonomian dibagi dengan jumlah penduduk negara tersebut.

2). Industrialisasi dan perdagangan luar negeri

  • Tingkat industrialisasi negara akan lebih tinggi karena sudah mulai meninggalkan aktivitas pertanian untuk bertahan hidup.
  • Negara-negara yang dapat menghasilkan nilai tambah lebih besar atas sumber daya alam dan bahan bakunya akan mencapai tingkat industrialisasi yang lebih tinggi.
  • Suatu negara akan lebih maju bila memiliki neraca perdagangan yang seimbang atau menguntungkan.

3). Stabilitas politik

Adanya stabilitas politik, tidak adanya kekerasan dan konflik bersenjata, keefektifan pemerintah, rasa hormat dan kualitas hukum, serta transparansi dan kemungkinan dialog yang mudah antara warga dengan pemerintah.

4). Kesehatan dan pendidikan

  • Indeks harapan hidup saat kelahiran dinilai sebagai ciri negara maju. Nilai ini mencerminkan kemungkinan bahwa penduduk suatu negara memiliki usia hidup yang panjang dan sehat.
  • Mengenai pendidikan, jumlah rata-rata tahun sekolah untuk warga negaranya ditetapkan dengan baik, untuk mencerminkan kemampuan negara tersebut dalam menggabungkan pendidikan dan pengetahuan.

5). Kesetaraan sosial dan gender serta tingkat kemiskinan rendah

  • Persentase perempuan yang diberdayakan.
  • Tingkat kemiskinan dianalisis dan diberikan solusi untuk mengantarkannya keluar dari kemiskinan.

6). Korupsi jarang

  • Situasi politik juga merupakan kunci untuk menentukan perkembangan negara. Pemerintahan yang baik harus dianggap sebagai pilar kesejahteraan politik negara.
  • Meningkatnya korupsi telah merusak tata kelola masyarakat dan meningkatkan krisis berdemokrasi di beberapa negara saat ini.
  • Hal ini disebabkan meningkatnya rasa tidak percaya di antara warga negara dari negara berkasus korupsi tinggi. Semakin rendah tingkatan ini, semakin maju suatu negara.

7). Lingkungan bersih

  • Negara maju telah menjadi pemimpin di tingkat ekonomi dan industri, begitu juga dalam hal menjaga lingkungan.
  • Meski negara maju sebenarnya yang paling mencemari lingkungan dalam beberapa dekade terakhir akibat revolusi industri, kesepakatan dalam komunitas Internasional dan tekanan dari berbagai kelompok aktivis telah mengubah situasi.

Ciri-Ciri Negara Berkembang

Sebuah negara bisa dikatakan masih berkembang bila memiliki 7 ciri-ciri sebagai berikut:

1). Pendapatan per kapita rendah dan kemiskinan masih meluas

Kebanyakan orang di negara berkembang hidup dalam kesulitan tinggi. Mereka tidak mendapat makanan yang cukup, fasilitas kesehatan memadai, dan peluang pendidikan yang terbatas.

2). Kekurangan modal

Kekurangan modal ini berupa infrastruktur, pabrik, jalan, transportasi, rumah sakit, sekolah, dan lain-lain. Ini disebabkan pendapatan per kapita yang rendah dan kemiskinan yang meluas.

3). Ledakan populasi dan ketergantungan yang tinggi

  • Penyebabnya ialah tingkat kematian yang rendah dan tingkat kelahiran konstan atau bahkan meningkat.
  • Banyaknya populasi tak sesuai dengan lapangan pekerjaan. Karena kurangnya kesempatan kerja yang memadai, beban ketergantungan sangat tinggi.

4). Banyaknya pengangguran

  • Sektor pertanian tak cukup menampung peningkatan populasi.
  • Akibatnya penduduk desa berpindah ke daerah perkotaan demi bertahan hidup, tetapi laju pertumbuhan industri tak cukup untuk menampung banyaknya penduduk desa yang menyerbunya.
  • Sarjana-sarjana juga banyak yang sulit mendapatkan pekerjaan.

5). Pertanian lebih unggul

  • Sektor pertanian yang mayoritas tak akan mampu mengangkat perekonomian negara di zaman sekarang.
  • Negara-negara maju sudah menomorduakan sektor pertanian dan lebih mengutamakan industri yang lebih mempercepat perkembangan ekonomi.

6). Investasi tidak produktif

  • Uang dihabiskan untuk perdagangan gelap dan kegiatan kurang bermanfaat.
  • Sebagian besarnya lagi digunakan untuk membeli aset yang tidak produktif untuk negara seperti emas dan perhiasan.
  • Investasi semacam ini tak dapat mendorong perekonomian negara.

7). Tingkat produktivitas rendah

  • Produktivitas lahan rendah karena teknologi dan alam.
  • Produktivitas tenaga kerja juga rendah karena berbagai alasan.
  • Sebagian pekerja miskin dan tak mendapat makanan yang cukup serta kurangnya fasilitas kesehatan sehingga mengurangi tingkat kerja kerasnya.
  • Kurangnya kemampuan teknis para pekerja.
  • Kurangnya lahan dan modal untuk mengembangkan ekonomi.

You May Also Like

About the Author: ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *