Pengertian, Manfaat dan Cara Membuat Mind Maping

Pengertian Mind Maping : Manfaat dan Cara Membuat Mind Maping – Keberhasilan peserta didik ditentukan oleh model ajar yang diterapkan oleh pengajarnya.

Jika model atau metode ajar memang benar benar memancing siswa untuk berpikir, tentu otak siswa menjadi terasah sehingga dia tidak akan kesulitan ketika menjawab soal soal.

Jumlah Metode ajar atau model ajar sangat banyak. Semuanya saling mengklaim sebagai model dan metode ajar terbaik.

Namun, metode yang sudah terbukti dan layak dianggap sebagai metode paling cocok untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah metode mind mapping.

Walaupun begitu, metode mind mapping belum diketahui secara luas oleh para guru. Sehingga popularitas model ajar ini tidak begitu ngetop bahkan viral-itasnya kalah dari metode ajar konvensional seperti inquiry dan yang lain.

Nah, kami akan mencoba mengenalkan model ajar mind mapping baik dari segi pengertian, manfaat hingga cara membuatnya supaya anda memiliki lebih banyak pilihan model pembelajaran.

PENGERTIAN MIND MAPPING

Tema pembelajaran pasti memiliki sub sub tema yang harus dipelajari lebih dalam. Jika sub tema ini dilewatkan begitu saja, tentu tema pembelajaran yang harus diajarkan menjadi kurang lengkap.

Nah, seorang guru harus mampu menemukan sub tema dari sebuah tema inti lalu diajarkan semuanya kepada siswa. Caranya adalah guru harus berhasil mempetakan pikiran dari tema inti yang harus diajarkan pada waktu itu.

Setelah sub tema sudah ditemukan, hasil temuan dicatat ke dalam kertas atau media dengan bentuk kolom dan garis.  Kolom pertama adalah tema inti sedangkan kolom selanjutnya adalah sub tema. Keduanya dipisah oleh garis panah.

Fungsi dari pembelajaran berbasis otak diatas adalah merangsang otak siswa untuk bekerja secara natural didalam mencerna pembelajaran. Karena sesungguhnya otak siswa memiliki konsep berpikir sendiri sehingga media mind mapping yang di tulis gurunya akan mudah diambil oleh otak.

Nah dari penjabaran panjang lebar diatas, sudah jelas kalau pengertian mind mapping adalah model ajar yang berbasis otak dengan cara mempetakan tema pembelajaran inti menjadi beberapa sub tema pembelajaran yang dituangkan ke dalam sebuah media ajar dengan tujuan untuk merangsang otak anak membacanya secara natural sehingga proses transfer ilmu yang masuk ke otak menjadi lebih mudah.

MANFAAT MIND MAPPING

Tidak ada metode ajar yang tidak memiliki manfaat. Tetapi menurut kami, model ajar mind mapping memiliki manfaat paling besar dibandingkan manfaat model ajar lainnya. Ini dia manfaat manfaat tersebut yang kami bagi menjadi dua yaitu manfaat bagi siswa dan manfaat bagi guru :

Manfaat bagi Siswa

  1. Materi lebih mudah dipahami dan diingat
  2. Siswa lebih berminat untuk belajar
  3. Tidak membebani siswa dengan membaca dan menulis kalimat kalimat panjang
  4. Merangsang siswa untuk berpikir sistematis
  5. Pemahaman siswa terhadap tema inti menyeluruh dan lengkap.
  6. Merangsang siswa menuangkan kreativitas berpikir
  7. Siswa menjadi paham kalau setiap materi yang diajarkan berkaitan dengan materi yang lain.

Manfaat bagi Guru

  1. Mengajar menjadi aktivitas menyenangkan
  2. Mengajar menjadi lebih santai tetapi tetap fokus
  3. Pengkondisian kelas menjadi mudah karena semua siswa antusias berpikir
  4. Guru tidak gagap ketika membuka ruang diskusi dan tanya jawab
  5. Guru tidak akan kesulitan menemukan bahan ajar.

Dan banyak lagi manfaat manfaat metode ajar mind mapping yang lainnya. Semoga dengan adanya penjabaran ini, anda para guru berkenan untuk mencobanya di depan kelas.

CARA MEMBUAT MIND MAPPING

Sebagai metode ajar yang masih baru atau asing, anda memang harus telaten dalam membuatnya. Dan menurut saya, seorang guru yang gemar membaca tidak akan kesulitan ketika membuat mind mapping.

Karena dengan membaca mereka sudah terbiasa menggunakan otak untuk berpikir dan bernalar. Sehingga ketika otak dipaksa untuk mengurai materi, bahasa di dalam otak akan mengajukan secara otomatis materi apa sajakah yang perlu dipetakan sebagai mind mapp. Maka dari itu, slogan “ Guru yang baik adalah pembaca yang baik adalah benar” .

Baca Juga :

Nah, jika anda termasuk guru diatas, mari saya berikan contoh cara membuat mind mapping yang mudah.

  1. Tentukan tema ajar terlebih dahulu
  2. Letakkan tema ajar di posisi paling atas atau di samping terserah anda yang penting ada pada posisi awal atau posisi pertama
  3. Beri bentuk bangun dan warna berbeda agar tema terlihat lebih indah
  4. Buat sub tema
  5. Posisikan sub tema tersebut di posisi setelah tema inti
  6. Arahkan garis panah dari tema inti ke arah sub tema
  7. Lakukan berulang ulang jika masih ada sub tema yang perlu diajarkan

Nah biar lebih jelas, dibawah ini kami berikan ilustrasinya.

Itulah gambaran mind mapping sederhana yang bisa anda buat. Semoga ini ada manfaatnya untuk kemajuan pendidikan persekolahan di Indonesia.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *