Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Budidaya Tanaman Tebu Secara Organik

Cara Budidaya Tanaman Tebu Secara Organik – Tebu yang dikenal dengan nama latin Saccharum officinarum adalah tanaman yang termasuk ke dalam jenis rumput-rumputan.

Cara Budidaya Tanaman Tebu Secara Organik

Cara Budidaya Tanaman Tebu Secara Organik

Bagian batang tebu dapat dimanfaatkan untuk diambil airnya sebagai bahan baku gula dan vetsin serta dijadikan minuman sari tebu yang sedang marak dewasa ini.

Tebu mengandung banyak vitamin dan mineral seperti Karbohidrat, protein, fosfor, kalsium, zat besi, kalium dan zinc. Dengan manfaat dan kandungannya yang begitu besar, tebu menjadi komoditas budidaya yang popular di Indonesia.

Baca Juga :

Umumnya tebu dapat dibudidayakan di daerah tropis dengan jenis tanah yang antara lain yaitu tanah alluvial, grumosol, regusol dan latosol dengan ketinggian 0 hingga 600 meter di atas permukaan laut dengan pH tanah yang yaitu berkisar antara 5,6 hingga 7 dan dengan curah hujan 100 hingga 1300 mm per tahun.

Dalam artikel ini, akan diuraikan secara singkat bagaimana cara budidaya tanaman tebu secara organic.

  1. Persiapan Lahan

Pastikan untuk membajak terlebih dahulu lahan yang akan digunakan untuk menanam tebu dengan menggunakan traktor atau cangkul untuk menggemburkan tanah dan memudahkan proses perakaran pada tanaman tebu.

Setelah tanah menjadi gembur, buat bedengan –  bedengan dengan tinggi 40 cm dan lebar 50 cm, dengan jarak antar bedengan + 45 cm.

  1. Pemilihan Benih

Untuk hasil panen tebu yang maksimal, diperlukan pula benih dari tanaman tebu yang berkualitas, benih yang unggul ditandai ciri fisik seperti bibit yang terlihat baik, tidak kisut atau kering, mata tunasnya masih dominan, tidak rusak dan segar.

Serta primordial akar tanaman tebu belum tumbuh dan bebas dari berbagai penyakit pembuluh.

  1. Penanaman

Setelah benih disiapkan, selanjutnya masukkan benih ke dalam lubang yang telah disiapkan dengan pola seperti sejajar zig zag dengan mata tunas berada di samping agar pertumbuhan tebu serempak.

Setelah selesai tutup lubang tadi dengan tanah dan taburkan pupuk. Untuk Penanaman yang dilakukan pada musim kemarau atau pada tanah kering dianjurkan untuk langsung dilakukan penyiraman.

  1. Pemberian Pupuk

Pemupukan pada tanaman tebu dilakukan paling tidak 3 kali sebelum panen. Pada pemupukan pertama sebarkan pupuk ke seluruh lahan kebun tebu dan langsung lakukan penyiraman, pemupukan Berikutnya dilakukan saat tanaman tebu berumur 2,5 bulan dengan cara ditebar di sisi tanaman dengan jarak dari batang tanaman sekitar 10 cm, kemudian lakukan penyiraman hingga air memenuhi lubang. Dan pemupukan tanaman terakhir dilakukan saat tanaman tebu berumur 5 bulan.

  1. Perawatan

Pada umur 30 hari dan 2,5 bulan, harus dilakukan penyiangan pada tanaman serta membersihkan tanaman tebu dari gulma. tujuan Penimbunan batang dan ipuk atau iruk kalen dilakukan agar  agar rendaman dari tanaman tebu dapat optimal. Kemudian saat tebu berumur 5 bulan, 7 bulan serta 9 bulan tanaman tebu harus diklentek.

Jika curah hujan sedang sedikit, pengairan dapat dilakukan 2,5 bulan sekali, pengairan pada tanaman tebu juga dilakukan pada awal masa tanam dan dengan melihat kondisi lahan pada tanaman tebu.

  1. Penyulaman

5 hingga 7 hari setelah penanaman sebaiknya dilakukan penyulaman. Penyulaman pertama dilakukan saat tanaman tebu berumur 3 minggu dengan daun 3 hingga 4 helai.

Penyulaman pertama dari pucukan tebu atau ros dilakukan saat tanaman tebu berumur sekitar 1 bulan.

Dan penyulaman kedua harus dilakukan sebelum pembubuhan yang dilakukan bersamaan dengan penyiraman kedua yaitu saat tanaman tebu berumur 1,5 bulan.

  1. Pemanenan

Tanaman tebu yang sudah berusia sekitar 12 bulan sudah dapat di panen. Dan disarankan untuk melakukan pemanenan pada bulan Mei hingga bulan September, karena pada saat itu rendeman tebu berada di puncaknya.

Adapun beberapa manfaat tebu bagi kesehatan anda

  1. Tebu dapat merawat kulit anda

Air tebu telah diketahui mengandung senyawa asam glikolat yang memberi efek antioksidan bagi kulit anda.

Dengan anda mengonsumsi nya secara teratur maka dapat membersihkan radang dan juga infeksi pada kulit sehingga dapat memperbaiki penampilan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

  1. Dapat mempengaruhi kepadatan tulang anda

Manfaat lainnya dari mengonsumsi air tebu adalah bisa dimanfaatkan sebagai zat yang meningkatkan kadar kalsium, kalium, magnesium, zat besi serta mangan dalam tubuh anda. Anda perlu tahu jika sumber mineral itu adalah komponen penting yang digunakan dalam memperkuat tulang-tulang anda.

Tentunya air tebu ini bisa menghambat osteoporosis. Ketika anda mengonsumsi air tebu secara teratur maka anda bisa membuat tulang anda tetap kuat seiring bertambahnya usia anda.

  1. Tebu dapat menurunkan kadar kolesterol anda

Ada sebuah penelitian yang mengatakan jika orang yang mengonsumsi air tebu murni secara teratur bisa membantu kadar kolesterol baik itu kolesterol LDL dan trigliserida.

Baca Juga :

Tentu dapat melindungi kesehatan jantung anda dan mencegah terjadi penyakit jantung dan pembuluh darah anda.

Demikian beberapa cara dalam budidaya tebu secara organic. Karena ini adalah budidaya organic, maka sangat harus dihindari penggunaan pestisida dan pupuk kimia.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018